Wednesday, June 21, 2017

√ Cara Reset Bios Dengan Mudah

www.gudangilmukomputer.com - Selamat sore menjelang malam sahabat GuiLKo semuanya. Gimana keadaannya?? Semoga sehat selalu ya, Amin. Oke kali ini kita akan membahas mengenai cara reset bios komputer. BIOS berfungsi untuk menunjukkan kode yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem menyerupai CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada ketika komputer mulai booting.

Reset pada BIOS dilakukan untuk mengembalikan fungsi BIOS menjadi mode default atau menjadi menyerupai awal lagi. Hal menyerupai ini ditujukan untuk menghilangkan password yang disetting melalui BIOS atau dengan tujuan untuk membersihkan pengaturan BIOS lainnya.
Berikut sedikit klarifikasi mengenai fungsi reset dari BIOS, hal ini sebaiknya sanggup dipahami terlebih dahulu sebelum melaksanakan Reset BIOS. Berikut penjelasannya :
  • Jika terjadi kesalahan dalam pengaturan BIOS maka akan lebih baik BIOS tersebut direset untuk mengembalikan BIOS menjadi settingan awal.
  • Salah satu duduk perkara biasanya pada ketika melaksanakan pergantian prosessor yang sanggup menjadikan motherboard tidak sanggup terbaca. Penyebabnya ialah settingan pada BIOS yang usang masih membaca bus clock dan radio prosessor. Hal menyerupai ini tidak usah dikhawatirkan, alasannya pada motherboard terbaru akan terdapat fitur auto detection.
  • Apabila password pada BIOS terkunci, baik alasannya ada sahabat yang iseng dan juga alasannya lupa passwornya cara yang termudah yang harus dilakukan ialah melaksanakan clear passwor. Hal ini dilakukan biar sanggup menghilangkan password yang telah dibuat.
Seorang tekhnisi komputer harus mengetahui cara reset BIOS. Karena reset BIOS ini merupakan ilmu dasar dalam dunia tekhniis komputer. Pasti diantara teman-teman sudah banyak yang mengetahui cara reset BIOS komputer. Tetapi kan tidak ada salahnya untuk menyebarkan pengetahuan dan info kepada seseorang. Bagi teman-teman yang belum mengetahuinya, berikut caranya :
  • Cabut semua kabel tegangan listrik yang ada pada komputer. Hal ini ditujukan biar nantinya tidak terjadi konsleting. Selanjutnya cabut/lepaskan juga kabel power supply dari motherboard komputer.
  • Tunggu beberapa ketika sampai pedoman listrik benar-benar hilang dari prangkat motherboard. Untuk mempercepatnya sanggup dilakukan dengan cara menekan tombol power komputer agak lama. Hal ini ditujukan untuk menghabiskan seluruh tegangan sisa yang tersimpan di beberapa komponen komputer menyerupai condensator electrolit pada motherboard.
  • Selanjutnya silahkan cari jumper atau tombol yang ada goresan pena CLR CMOS. Biasanya berada didekat baterai CMOS komputer. Jumper Clear CMOS biasanya ada 2 jenis, yaitu memakai 3 pin dan memakai 2 pin. Jika memakai tombol, maka tekanlah tombol clearnya. Untuk tipe jumper 3 pin, silahkan pindahkan posisi jumper kesisi lainnya. Dan untuk tipe jumper 2 pin, selanjutnya tinggal menjumper kedua pin tersebut. Jika tidak mempunyai jumper, sanggup dilakukan dengan menshortkan kedua pin tersebut dengan memakai obeng standar. Bisa juga dengan memakai ujung ballpoint. Intinya ialah biar kedua pin tersebut terjadi short. Dan tunggu beberapa saat.
  • Langkah selanjutnya ialah kembalikanlah posisi jumper keposisi semulanya. Cabut jumper untuk yang tipe 2 pin atau kembalikan jumper ke daerah sebelumnya untuk yang memakai 3 pin.
  • Kemudian pasangkan kembali semua kabel power supply yang terhubung dengan motherboard. Selanjutnya colokkan kabel power ke stop kontak. Silakan tekan tombol power untuk menyalakan komputer, apabila reset BIOS berhasil maka setting BIOS akan kembali ke mode default dan apabila masih belum berhasil silakan ulangi cara diatas.
Apabila langkah di atas belum berhasil. Bisa juga dengan mencoba cara di bawah ini :
  • Ulangi kembali langkah 1-2 dan selanjutnya cabutlah baterai BIOS. Kemudian selanjutnya ulangi kembali langkah ke 3-5.
  • Apabila belum sukses juga silakan ulangi langkah 1-2, dan cabutlah semua kabel power supply pada motherboard, lepaslah baterai BIOS & Memory (RAM) Komputer. Setelah itu silakan ulangi langkah ke 3-5.
  • Langkah terakhir kalau semua cara tersebut belum berhasil juga ialah kembali lakukanlah langkah ke 1-2, dan silakan lepaskan semua komponen yang ada pada motherboard yaitu Processor, RAM dan juga Card lainnya menyerupai VGA Card, Sound Card dan lainnya. Lalu bersihkan motherboard dari kotoran kemudian ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gres ulangi langkah 3-5.
Itulah klarifikasi mengenai cara reset bios. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup membantu teman-teman. Dan jangan lupa dishare ya artikelnya. Terimakasih.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com