Sunday, January 14, 2018

Gerhana Matahari Sebagian: Pengertian Dan Proses

 yang kita huni dikala ini banyak menyimpan fenomena alam yang unik Gerhana Matahari Sebagian: Pengertian dan Proses


Planet bumi yang kita huni dikala ini banyak menyimpan fenomena alam yang unik, mirip proses terjadinya pelangi, proses terjadinya aurora, gerhana bulan dan gerhana matahari. Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang paling unik dan menyita perhatian lantaran terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama. Fenomena gerhana matari mempunyai beberapa macam yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari hibrid dan gerhana matahari sebagian. Tahukah kau apa itu gerhana matahari sebagian? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai gerhana matahari sebagian dari mulai pengertian, proses terjadi dan dampaknya. Berikut ini yaitu penjelasannya:


Pengertian Gerhana Matahari Sebagian


Gerhana matahari sebagian atau parsial yaitu gerhana matahari yang terjadi ketika sebagian sinar matahari tertutup oleh sebagian permukaan bulan dikala mencapai puncak gerhananya. Ketika terjadi gerhana matahari sebagian, ada cuilan matahari yang tertutup bulan dan ada cuilan yang tidak tertutupi. Ketika terjadi gerhana matahari sebagian, masih ada cuilan matahari yang terlihat terang. Gerhana matahari sebagian merupakan fase awal sebelum terjadi gerhana matahari total dan biasanya waktunya akan lebih usang daripada gerhana matahari total. Bentuk gerhana matahari sebagian ini mirip bentuk sabit yang besar.


Proses Terjadinya Gerhana Matahari Sebagian


Gerhana matahari sejatinya merupakan fenomena alam yang langka terjadi di dunia. Fenomena alam ini terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada di dalam satu garis lurus, sehingga mengakibatkan sinar matahari ke bumi menjadi terhalangi oleh bulan dan mengakibatkan adanya bayangan. Dalam proses terjadinya gerhana matahari sebagian terdapat dua cuilan bayangan bulan yaitu umbra yang merupakan cuilan gelap dan mempunyai bentuk kerucut yang memuncak menuju ke bumi, dan penumbra yang merupakan cuilan terang dan mempunyai bentuk menjaduh dari bulan serta semakin melebar. Kawasan yang terletak di wilayah umbra biasanya akan terjadi gerhana matahari total, sedangkan daerah yang terletak di wilayah penumbra biasanya akan mengalami gerhana matahari sebagian. Proses terjadinya gerhana matahari sebagian atau parsial bahwasanya sama dengan terjadinya gerhana matahari jenis lain, namun terdapat beberapa hal yang membedakan gerhana matahari sebagian dengan gerhana matahari lain.


Pada proses terjadinya gerhana matahari sebagian, posisi matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus namun posisi bulan akan sedikit melenceng, sehingga permukaan bulatan bulan dikala mencapai proses puncak gerhana matahari hanya sanggup menutupi sebagian sinar matahari. Pada proses gerhana matahari sebagian ini sinar matahari yang tidak tertutup secara 100 persen, sehingga masih terdapat cuilan sinar matahari yang tidak tertutupi bayangan bulan. Oleh lantaran itu, proses gerhana matahari mirip ini dinamakan gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian sanggup terjadi ketika posisi planet Bumi terletak pada wilayah bayangan penumbra Bulan. Proses terjadinya gerhana matahari sebagian umumnya berlangsung lebih usang daripada proses berlangsungnya gerhana matahari total. Hal ini disebabkan oleh bayangan dari penumbra yang lebih luas dari bayangan inti, sehingga gerhana matahari sebagian merupakan fase awal dari gerhana matahari total. Gerhana matahari sebagian menghipnotis daya tarik matahari dan bulan terhadap bumi, sehingga gerhana matahari sanggup menggangu lapisan atmosfer terutama lapisan ionosfer.


Ketika terjadi proses gerhana matahari sebagian sebaiknya jangan melihat secara langsung. Hal ini sanggup menjadi ancaman ketika kita melihat gerhana matahari dengan mata telanjang, lantaran sanggup mengakibatkan kerusakan pada retina mata yang disebut solar retinopathy. Gelombang dari sinar matahari tampak mirip merah, kuning, hijau, jingga, biru, ungu dan nila serta gelombang sinar matahari yang tampak mirip sinar ultraviolaet akan berbahaya jikalau dilihat secara langsung, lantaran  gelombang tersebut mempunyai energi kuat, frekuensi sangat tinggi dengan panjang gelombang mencapai 290 nm. Gejalan ketika terjadi kerusakan retina mata yaitu terdapat titik-titik hitam pada pandangan mata dan tidak gampang untuk disembuhkan. Ketika kita melihat gerhana matahari secara pribadi kita merasa biasa dan tidak menyadari mata dalam bahaya, lantaran retina mata tidak mempunyai sensor sakit. Lalu retina mata akan terbakar dan mengalami kerusakan bahkan kebutaan.


Dampak Gerhana Matahari Sebagian


Gerhana matahari sebagian bahwasanya mempunyai efek yang sama dengan jenis gerhana matahari lainnya, yaitu:



  • Dampak pada hewan


Hewan merupakan makhluk yang terkena efek pribadi ketika terjadi gerhana matahari sebagian, lantaran binatang yaitu makhluk hidup yang bergantung pada alam. Proses terjadinya gerhana matahari sebagian yang mengakibatkan bumi menjadi gelap sementara akan mengakibatkan binatang mengalami kebingungan dan menjadi gelisah serta bergerak tak beraturan.



  • Dampak Gravitasi Bumi


Gerhana matahari sebagian akan berdampak pada gravitasi bumi meskipun tidak dirasakan secara langsung, namun akan berdampak bagi bumi. Akibat dari gerhana matahari sebagian, posisi matahari, bulan dan bumi akan mengalami perubahan lantaran pergeseran. Perubahan posisi tersebut menjadikan posisi bumi mempunyai jarak yang lebih erat dengan matahari.



  • Dampak Magnet Bumi


Terjadinya gerhana matahari sebagian akan berdampak pada lapisan atmosfer yaitu ionosfer dan mengakibatkan terganggunya medan magnet di bumi. Magnet bumi akan bermasalah ketika terjadi proses gerhana matahari sebagian, namun akan kembali normal ketika gerhana matahari selesai.



  • Dampak Saluran Komunikasi


Terjadinya gerhana matahari sebagian juga berdampak pada kanal komunikasi lantaran terjadi dilema pada lapisan ionosfer, sehingga gelombang radio dan sinyal internet akan terganggu. Hal ini akan memberi efek secara pribadi bagi bidang transportasi khususnya penerbangan.


Nah, itulah klarifikasi mengenai gerhana matahari sebagian dari mulai pengertian, proses terjadinya dan dampaknya bagi kehidupan makhluk hidup. Semoga artikel ini bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com