Dengan anchor point clustering method, kita memakai satu merek sebagai patokan. Lalu, responden menilai kemiripan sejumlah merek yang paling menyerupai dengan merek referensi. Jawaban dapat berupa angka satu (untuk sekian banyak merek paling mirip) atau ranking. Matrik yang kita peroleh conditional lantaran kita tidak dapat membandingkan baris dengan baris. Jadi, matrik tidak simetrik.
Pertanyaan:
Pilih lima merek yang paling menyerupai dengan oli Top One:
Pen Zoil ____
Mesran Super ____
Mesran Prima ____
Mesran Prima XP ____
Evalube ____
Repsol ____
Fastron ____
Synthium ____
Quatron ____
Agip ____
Dari 10 responden, diperoleh hasil menyerupai pada Tabel 8.4. Hasilnya yakni Gambar 8.6.
Tabel 8.4
Langkah-langkah analisis dengan SPSS
Buka layar SPSS kemudian ketikkan data Tabel 8.4. Kalau sudah diketik pada jadwal lain (yang under Windows), Copy data pada jadwal itu, kemudian Paste pada layar SPSS. Tampak pada layar:
Pada hidangan utama, pilih Analyze, Scale, kemudian klik Multidimen-sionscaling (PROXSCALL). Pada kotak obrolan yang muncul, pada Data format, pilih Creates proximities from data. Kemudian, pada Number of source, pilih One matrix source. Lalu, klik define.
Pada kotak obrolan yang muncul setelah langkah ke-2, drag semua merek kemudian masukkan dalam area Variables.
Pada kotak obrolan di atas, klik Measure, kemudian pada kotak obrolan yang muncul sesudahnya, klik Binari. Lalu, klik Continue untuk kembali ke kotak obrolan utama.
Pada kotak obrolan utama, klik OK. Hasilnya Gambar 8.6.

Gambar 8.6
Sumber https://www.bilsonsimamora.com