SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL F
1. Saat pembelajaran guru menunjukkan pertanyaan yang dijawab beberapa siswa, salah satu siswa menjawab salah atau berbeda dengan siswa lainnya.
Cara guru dalam menunjukkan tanggapan yang efektif, tenggang rasa dan santun yaitu …..
a. Mengapa kau menjawab begitu ? Coba berikan alasanmu !
b. Menurut yang lain, mana tanggapan yang benar?
c. Coba kau pelajari lagi materinya, mengapa tanggapan kau bias berbeda?
d. Coba kita degar bersama, mengapa tanggapan sobat kamu, berbeda dengan yang lain
2. Menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, terjadi peristiwa Rengasdengklok yang mempertentangkan tentang………
a. Tempat Proklamasi
b. Tokoh proklamasi
c. Waktu proklamasi
d. Naskah proklamasi
3. Ibu Defitianur menjelaskan materi pelajaran kepada siswa kelas 6 SD. Ibu Defitianur menunjukkan kesempatan kepada para siswa untuk memnerikan tanggapan terhadap materi pelajaran yang diterima. Tanggapan yang diberikan para siswa terhadap materi pelajaran yangtelah diterima dalam proses komunikasi merupakan unsur….
a. Receiver
b. Response
c. Encoding
d. Decoding
4. Pertempuran yang disemangati oleh Bung Tomo untuk menolak aksi militer Belanda adalah…..
a. Medan Area
b. Bandung Lautan Api
c. Pertempuran 10 November 1945 Surabaya
d. Pertempuran Ambarawa
5. Siti Nurbaya dan hikayat Malin Kundang merupakan teladan keberagaman…..
a. Suku Bangsa
b. Upacara Adat
c. Bahasa
d. Kesusastraan
6. Globalisasi mempunyai beberapa saluran atau jalan yang disebut juga biro globalisasi, Pernyataan berikut yang tidak termasuk biro globalisasi….
a. Religi yang menjadi keyakinan sebagian besar masyarakat yang mendukungnya
b. Adanya kontak kebudayaan
c. Adat istiadat setempat
d. Berbagai peralatan teknologi
7. Berikut ini ialah bangsa yang pernah menjajah Indonesia, kecuali….
a. Jerman
b. Belanda
c. Spanyol
d. Portugal
8. Perubahan memberi imbas besar pada masyarakat. Misalnya perubahan rezim pemerintahan yang akan menghipnotis seluruh kebijakan masyarakat secara pribadi merupakan…
a. Perubahan social budaya cepat
b. Perubahan social budaya besar
c. Perubahan social budaya kecil
d. Perubahan social budaya lambat
9. Salah satu sikap yang sanggup menghambat terjadinya perubahan adalah….
a. Sistem masyarakat yang terbuka
b. Kontak dengan kebudayaan lain
c. Penduduk yang heterogen
d. Sikap Masyarakat yang tradisional
10. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan serpihan dari…….
a. Nilai
b. Ruang
c. Waktu
d. Norma
11. Kerajaan yang pernah mempunyai armada bahari yang paling berpengaruh dan menguasai kawasan paling luas ialah kerajaan…..
a. Majapahit
b. Mataram
c. Gowa – Tallo
d. Kutai
Ada soal lain ibarat ini yang merupakan kerajaan
maritim sekaligus merupakan sentra perdagangan di Asia Tenggara (Sriwijaya)
Baca juga wacana Kesultanan Aceh Darussalam
12. Pak Hamzah menyetujui undangan penerima didiknya dengan menganggukan kepalanya tanpa kata – kata. Berdasarkan masalah di atas, Pak Hamzah telah menerapkan fungsi komunikasi nonverbal…..
a. Substitusi
b. Repetisi
c. Aksentuisi
d. Kontradiksi
13. Faktor – factor positif yang menghipnotis jalnnya proses perubahan antara lain adalah….
a. Mempertahankan kelompok tertentu
b. Perkembngan ilmu pengetahuan yang terlambat dan sikap masyarakat yang tradisional
c. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan impian – impian untuk maju
d. Prasangka terhadap hal – hal gres / gila dan kendala ideologis
14. Tentara sekutu tiba ke Indonesia untuk melucuti jepang. Semula rakyat Indonesia menyambut dengan bahagia hati kedatangan Sekutu, sebab mereka mengumandangkan perdamaian. Akan tetapi, mereka diboncengi oleh….
a. AFNEI
b. KNIL
c. PPKI
d. NICA
15. Pak Yono guru kelas V, ketika mulai proses berguru mengajar Pak Yono menunjukkan pertanyaan tahap pra- instruksional kepada para siswanya. Pertanyaan prainstruksional yang sempurna dismapaikan Pak Yono kepada para siswanya adalah…..
a. Bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dikuasai dari pengajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya.
b. Bertnya materi mana yang paling sulit untuk pengajaran hari ini.
c. Bertanya hingga dimana soal yang sudah dikerjakan pada hari ini
d. Bertanya hingga dimana praktik yang telah dilakukan
16. Pernyataan manakah di bawah ini yang bukan merupakan imbas globalisasi yang didorong oleh perkembangan IPTEK?
a. Mempercepat arus inpormasi
b. Memudarnya nilai – nilai local
c. Terbukanya lapangan pekerjaan
d. Manusia menjadi indivisualisme
17. Proses pembelajaran yang memakai komunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan penerima didik sanggup kita tunjukan dengan strategi…..
a. Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai apersepsi
b. Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai undangan kepada penerima didik untuk merespon
c. Menanggapi respon penerima didik apabila sesuai dengan materi pelajaran
d. Memberikan teguran dan eksekusi kepada penerima didik yang melaksanakan kesalahan
18. Sumber daya di Indonesia yang berfungsi sebagai flora budidaya pangan, sandang, materi baku kayu materi dan obat – obatan ialah sumber daya alam…..
a. Nabati
b. Biologi
c. Hewani
d. Hayati
19. Berikut ini nama – nama Kerajaan di Indonesia
1) Demak
2) Tarumanegara
3) Samudra Pasai
4) Ternate
5) Sriwijaya
Berdasarkan data di atas, yang temasuk kerajaan Islam adalah….
a. 1,2 dan 4
b. 1,3 dan 4
c. 2,3 dan 4
d. 3,4 dan 5
20. Sikap masyarakat yang tradisional dan adanya kepentingan – kepentingan yang telah tertanam dengan berpengaruh ( vested interest ) merupakan salah satu……
a. Bentuk perubahan social budaya
b. Bentuk yang menghipnotis jalannya proses perubahan
c. Factor penyebab perubahan social budaya
d. Faktor yang menghipnotis jalanya proses perubahan
21. Berikut ini merupakan pernyataan yang mencerminkan nilai moral kebulatan tekad dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika, Kecuali……
a. Terwujudnya semangat kekeluargaan dan gotong royong
b. Terpeliharanya kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang majemuk
c. Terlaksanya prinsip musyawarah mufakat
d. Memajukan kesehjatraan masyarakat sesuai golongannya
22. Berikut ialah kegiatan pembelajaraan yang sanggup meningkatkan keterampilan dasar IPS, kecuali…..
a. Bekerjasama menciptakan peta
b. Mempraktikkan proses fotosintesis
c. Mengintergrasikan grafik kependudukan
d. Berdiskusi memecahkan problem social.
23. Bu Meida mengajar di kelas V dengan cara berkomunikasi secara pribadi kepada para siswanya. Sehingga terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa. Komunikasi yang dipakai bu Meida memakai komunikasi…..
a. Nonverbal
b. Satu arah
c. Personal
d. Verbal
24. Pak Darman menunjukkan materi pelajaran matematika di kelas VI. Saat memberikan materi tersebut ada kesalahan yang dilakukannya, iamendapatkan kriktik dari salah seorang siswanya. Pak Darman mau mendengar dan mendapatkan kritik tersebut. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Pak Darman sudah menerapkan taktik komunikasi dalam pembelajaran, yaitu…..
a. Humble
b. Clarity
c. Respect
d. Audible
25. Pak Abdulah menyetujui undangan penerima didiknya dengan mengiyakan kemudian diikuti dengan menganggukan kepala. Berdasarkan masalah di atas, Pak Abdullah telah menerapkan fungsi komunikasi nonverbal….
a. Aksentuasi
b. Subsitusi
c. Komplemen
d. Repetisi
26. Kemajuan IPTEK menciptakan insan mengalami ketergantungan terhadap teknologi. Berikut ialah contohnya, kecuali….
a. Akses internet setiap saat
b. Belanja online
c. Penggunaan alat komunikasi canggih
d. Makanan siap saji
27. Pernyataan yang sesuai untuk konsep modernisasi adalah…
a. Segala sesuatu yang diaanggap up to date
b. Modernisasi mempunyai arti yang sama dengan westernisasi
c. Segala sikap atau budaya yang sesuai dengan perkembangan jaman
d. Proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari tradisional ke modern
28. Saat ibu sukaesih menunjukkan pembelajaran di kelas V, banyak siswanya yang membutuhkan perhatian khusus dari ibu sukaesih sebab kurang bisa mengikuti materi pelajran yang diberikan. Cara ibu Sukaesih menunjukkan tanggapan yang efektif, tenggang rasa dan santun supaya penerima didik merasa senang, bernafsu dan berinisiatif adalah….
a. Ibu Sukaesih berusaha untuk menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan tanggapan untuk mencapai pemahaman yang sama
b. Ibu Suakesih meminta siswa tertentu untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan benar
c. Ibu Sukaesih meminta kepada siswanya unuk menunjukkan argument terhadap tanggapan yang dikemukakan
d. Ibu sukaesih terus memotivasi siswa untuk sanggup menjawab pertanyaan yang diberikan hingga mendapatkan tanggapan yang tepat.
29. Salah satumanfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah….
a. Mempelajari budaya gres dari bangsa gila dalam menghadapi era global
b. Meninggalkan budaya sendiri yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman
c. Memahami kebhinekaan sebagai satu kekayaan budaya bangsa
d. Lebih memperhatikan budaya suku bangsa sendiri
30. Factor – factor positif yang menghipnotis jalannya proses perubahan antara lain adalah….
a. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat dan sikap masyarakat tradisional
b. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan impian – impian untuk maju
c. Prasangka terhadap hal – hal baru/ gila dan hambata ideologis
d. Mempertahankan kepenyingan kelomok tertentu
31. Sikap terbuka akan menciptakan kita akan lebih dinamis dan lebih gampang mendapatkan perubahan dalam era globalisasi, untuk itu perlu mempunyai taktik dan era globalisasi dengan…
a. Ketergantungan’
b. Antisipatif dan selektif
c. Adaptif
d. Penerimaan secara terbuka
32. Berikut ini yang tidak termasuk peristiwa perlawanan terhadap penjajah adalah…
a. Pertempuran 10 november Surabaya
b. Peristiwa rengas dengklok
c. Medan area
d. Bandung lautan api
33. Pendudukan Jepang di Indonesia berakhir sebab jatunya bom ato di dua kotapenting diJepang dengan waktu sebagai berikut…
a. Nagasaki 6 agustus 1945 dan Hirosima 9 Agustus 1945
b. Hirosima 6 agustus 1945 dan Nagasaki 9 Agustus 1945
c. Hirosima 9 agustus 1945 dan Nagasaki 16 Agustus 1945
d. Nagasaki 9 agustus 1945 dan Hirosima 16 Agustus 1945
34. Bangsa yang menjajah Indonesia dalam durasi waktu yang tidak usang akantetapi menunjukkan dampak penderitaan yang sangat besar bagi rakyat adalah….
a. Belanda
b. Spanyol
c. Jepang
d. Portugis
35. Ilmu yang mempelajari insan dan kebudayaan yang dikembangkan adalah….
a. Psikologi
b. Sosiologi
c. Geografi
d. Ekonomi
36. Ibu Ratna menunjukkan pertanyaan kepada Heri, siswanya dikelas V. Heri belum bisa menjawab dengantepat. Ibu Ratna menyampaikan tanggapan Heri belum tepat, sambil menggeleng-gelengkan kepala . Berdasarkan masalah di atas, Ibu Ratna telah menerapkan fungsi nonverbal…..
a. Repetisi
b. Aksentuasi
c. Subsitusi
d. Komplemen
37. Dari isu televise, tamat – tamat ini sering terjadi sengketa antar suku / anta desadi suatu daerah. Hal itu terjadi karena….
a. Rasa saling memiliki
b. Rendahnya sifat kesukuan
c. Tidak saling mengenal
d. Rendahnya rasa persatuan dan kesatuan
38. Keragaman suku budaya dan agama sering menjadikan konflik social. Melalui pendidikan multicultural sebagai sarana alterative penyelesain konflik social maka harus mampu…
a. Memandang perbedaan sebagi sumber perpecahan
b. Memecahkan masalh social
c. Mengolah perbedaan menjadi suatu aset
d. Mengembangkan jati diri
39. Saat pembelajaran Pa Ubay menunjukkan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui apakah materi diterima dan dipahami. Salah satu siswa yang berjulukan Tuti menjawab salah.
Cara Pak Ubat menunjukkan tanggapan terhadap respons siswa tersebut dengan tenggang rasa dan santun ialah …
a. “Jawaban kau salah, coba Tuti tanyakan kepada temanmu!”
b. “Siapa di dalam kelas ini yang sanggup menjawab dengan benar!”
c. “Bapak mohon, Tuti memperhatikan ketika guru menjelaskan!”
d. “Mari kita bandingkan tanggapan atau pendapat dari sobat yang lain!”
40. Pak Rakhmat guru kelas VI, ketika awal pembelajaran iamemberikan pertanyaan kepada para siswanya. Nandar menunjukkan tanggapan yang salah terhadap pertanyaan yang diberikan oleh Pak Rakhmat.
Cara Pak Rakhmat merespons untuk menggali lebih dalam pemahaman siswa tersebut ialah ……..
a. Coba pahami lagi lebih terang pertanyaan pak guru
b. Jawaban kau salah, kau perlu lebih banyak berguru dengan tekun
c. Mengapa tanggapan kau ibarat itu? Coba berikan alasanmu!
d. Jawaban yang diberikan Nandar salah. Siapa yang sanggup menjawab dengan benar?
41. Penyebab kemunduran kerajaan Demak ialah terjadinya …
a. Pembagian harta di antara putera-putera kerajaan
b. Perebutan kekuasaan dan pembagian harta di antara kerabat kerajaan
c. Perebutan kekuasaan di antara kerabat kerajaan
d. Perebutan pembagian harta di antara pejabat kerajaan
42. Indonesia mempunyai kekayaan yang sangat beraneka ragam, baik suku, Bahasa maupun budaya. Dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” dibutuhkan masyarakat Indonesia tetap menjunjung persatuan. Kompetensi dan pengembangan nilai yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS kepada penerima didik ialah …
a. Kompetensi emosional
b. Kompetens social
c. Kompetensi multikultural
d. Kompetensi pendidikan karakter
43. Isu LGBT (lesbian, gay, bisecual, dan transgender) begitu marak akhir-akhir ini, sehingga menjadikan kontradiksi dimana-mana. Hal ini merupakan dampak negative dari interaksi IPTEK dengan …
a. Budaya dan agama
b. Tingkah laku
c. Pendidikan
d. Seni
44. Berikut ini yang bukan merupakan negosiasi dalam perjuangan akreditasi kedaulatan adalah ..
a. Konferensi Inter Indonesia
b. Perjanjian Roem-Royen
c. Konferensi Meja Bundar
d. Perjanjian Renville
45. Salah satu acara pembelajaran yang sanggup meningkatkan keterampilan IPS ialah …
a. Mengamati teladan kebudayaan daerah
b. Membaca buku wacana kebudayaan daerah
c. Melakukan wawancara dan menciptakan laporan wacana kebudayaan daerahnya
d. Mendengarkan dongeng wacana kebudayaan daerah
46. Perubahan social di era digital terasa begitu cepat. Globalisasi melanda hamper di seluruh aspek kehidupan yang tidak mengenal territorial suatu negara. Hal-hal di bawah ini merupakan factor penyebab terjadinya globalisasi, yaitu …
a. Keterbukaan system social, migrasi penduduk dan kekayaan sumber daya alam
b. Migrasi penduduk, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta lapangan pekerjaan
c. Keterbukaan system social, migrasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
d. Keterbukaan system social, konflik kepentingan di masyarakat dan tragedi alam
47. Salah satu imbas perkembangan IPTEK di bidang pertanian ialah …
a. Lokasi terpencil semakin gampang diakses
b. Penjualan barang melalui online
c. Harga barang susah dikendalikan
d. Terciptanya alat pemotong padi
48. Setiap orang tidak bias memenuhi kebutuhan sendiri tanpa derma orang lain, terutama bila dipisahkan oleh jarak/tempat yang berjauhan. Dukungan IPTEK yang dibutuhkan terutama di bidang …
a. Informasi
b. Industry
c. Transportasi
d. Farmasi
49. Pengaruh Hindu-Budha di Indonesia pada segi pemerintahan ialah ….
a. Adanya arca pada candi
b. Munculnya system pertanian subak
c. Pudarnya kepercayaan animism
d. Munculnya system kerajaan
50. Apakah yang menjadi alasan perlunya disampaikan di kelas bahwa insan ialah makhluk social?
a. Manusia sanggup mengandalkan dirinya sendiri tanpa orang lain
b. Manusia membutuhkan insan lain untuk memenuhi kebutuhannya
c. Manusia menyukai sesamanya
d. Manusia sanggup bertahan hidup sendiri