Thursday, February 16, 2017

√ Soal Latihan Postest/Ukg Guru Sd Kelas Atas Modul A Bab 1


SOAL LATIHAN POSTEST MODUL A GURU SD KELAS ATAS BAGIAN 1

1.    Pak Basuki, guru SD kelas IV, meminta siswanya untuk mengucapkan kata-kata yang mengandung kluster contohnya /pasrah/, /klinik/, /pleonasme/.
Faktor bahasa yang diperoleh penerima didik Pak Basuki adalah....
a.      Biologis (dipengaruhi otak, alat dengar, dan alat ucap )
b.      Motivasi
c.       Intelegensi (daya atau kemampuan anak dalam berpikir atau bernalar )
d.      pembelajaran
2.    masa Sekolah dasar (anak usia 6,0 smpai dengan 12,0 tahun) meliputi masa kelas rendah (usia 6/7 tahun hingga dengan 9/10 tahun) dari masa kelas tinggi (usian 9/10 hingga dengan 12/13).
Ciri-ciri yang nampak pada masa kelas tinggi adalah....
a.      Memiliki minat terhadap kehidupan mudah sehari-hari yang aktual ( Hal 20 )
b.      Terdapat kecenderungan memuji diri sendiri (menyebut nama sendiri)
c.       Sikap mematuhi kepada peraturan permainan tradisional
d.      Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain
3.    Karena kalah mental terlebih dahulu, petinju itu eksklusif mental ke luar ring sehabis terkena pukulan dari lawan. Kata yang tercetak miring pada kalimat tersebut mempunyai hubungan makna....
a.       Polisemi (banyak makna )
b.      Homopon ( dibaca sama, penulisan dan arti berbeda) hal 85
c.       Homograf ( penulisan sama, dibaca dan makna berbeda ) hal 85
d.      Homonim ( homofon dan homograf )
4.    Guru sanggup berbagi kecerdasan emosi dan keterampilan sosial penerima didik dengan cara... (.hal 78)
a.       Mengajarkan jenis-jenis hubungan sosial dan mendorong peningkatan prestasi yang tinggi
b.      Melakukan perbedaan dan memperlakukan orang lain dengan berbeda
c.       Mengatasi persoalan dengan sobat yang bandel dan mendorong kompetensi
d.      Memfasilitasi tumbuhnya kerja sama, contohnya cooferative learning dari pembelajaran berbasis inkuiri
5.    Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan berolahraga, tubuh selalu sehat dan prima sepanjang haru. Tuuh yang sehat akan membuat kita terhindar dari penyakit sehingg akita menjalani acara tanpa halangan apapun. Tubuh yang sehat dan tebebas dari penyakit memudahkan muwejudkan mimpi-mimpi kita
(sumber:http://www.kelasindonesia.com/)
Ide pokok paragraf di atas adalah....
a.       Tubuh yang sehat akan memudahkan kita mewujudkan mimp-impi kita
b.      Bila berolahraga tubuh kita akan selalu sehat dan prima sepanjang hari
c.       Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita
d.      Tubuh yag sehat akam membuat kita terhindar dari penyakit
6.    Kegiatan pembelajaran yang sempurna untuk memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan bagi penerima didik adalah....
a.       Membuat soal berbeda-beda untuk setiap kemampuan penerima didik
b.      Menggunakan sistem bintang untuk mencapai tujuan pembelajaran bagi penerima didik sesuai dengan kecepatan belajarnya
c.       Peserta didik yang cepat berguru membantu yang lambat
d.      Belajar berkelompok dengan laporan hasil berguru satu laporan setiap kelompok
7.    Kalimat yang sempurna untuk mengisi paragraf rumpang berikut ini adalah....
Walaupun demikian kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan pada masyarakat kita sangat kurang. Kebiasaan-kebiasaan seba asal masih terlalu menempel dalam kehidupan.
(sumber:http://www.smansax1-edu.com/)
a.       Bayangkan jikalau kita sekolah di tempat yang super jorok kebersihan ruang dan sekitar
b.      Lingkungan yang higienis merupakan awal hidup sehat
c.       Selain untuk mendapatkan derajat yang lebih baik, lingkungan sehat juga bisa melahirkan kreatifitas lebih
d.      Bukan hanya tempat sekitar rumah tetapi meliputi lingkungan tempat bekerja
8.    Amanat yang terdapat dalam petikan gurindam di bawah ini adalah....
Kurang pikir kurang siasat
Kelak dirimu niscaya tersesat

Jika kena penyakit kikir
Sanak saudara akan menyingkir

Pikir dulu sebelum berkata
Supaya terelak silang sengketa

(sumber:http://www.maribelajar.we.id/)
a.       Nasihat supaya berpikir dulu sebelum bicara
b.      Nasihat supaya selalu berbuat baik
c.       Nasihat supaya selalu berpikir
d.      Nasihat supaya jangan hidup kikir
9.    Cermati paragraf berikut!
(1)   Siang yang panas ini, matahari mengkremasi bumi
(2)   Ibu Anis mengajar bahasa Indonesia di sekolah
(3)   Sekolah tempat Ibu Anis mengajar ada di kampungku
(4)   Ibu Anis sangat sayang kepada murid-muridnya
Berdasarkan paragraf di atas  kalimat yang berpola SPOK yaitu....
a.       (3)
b.      (4)
c.       (1)
d.      (2)
10.              Cermati paragraf berikut!
(1)   Banyak obyek wisata yang terdapat di Indonesia
(2)   Tempat obyek wisata di Indonesia banyak yang menarik
(3)   Para pelajar yang mengunjungi obyek wisata ketika libur sekolah
(4)   Mreka bergembira ketika berwisata bersama teman-teman dan gurunya
Berdasarkan paragraf di atas  kalimat yang berpola SPOK yaitu....
a.       (4)
b.      (2)
c.       (1)
d.      (3) .......>  tolong di kaji lagi
11.                   Dalam mempelajari aspek moral, Hurlock menyebutkan ada 4 hal utama, kecuali...( hal.88/89 )
a.      Berinteraksi dengan teman-teman sebayanya
b.      Belajar mengalami perasaan bersalah dan rasa malu
c.       Mengembangkan hati nurani atau bunyi hati
d.      Mempelajari apa yang dibutuhkan kelompok sosial dari anggotanya 
12.    Bacalah teks berikut.
Devi mulai menulis ketika duduk di kelas 6 SD. Pelajar SDN 01 Paseban ini gemar menulis dongeng bertema persahabatan dan fantasi ketika berlibur. “Inspirasi menulis bisa tiba dari mana saja, terutama dari film, buku, pengalaman pribadi dan imajinasi.” Ujar gadis ini
Dilihat dari pokok permasalahannya petikan paragraf di atas termasuk ke dalam ragam bahasa....
a.       Pendidikan
b.      Resmi
c.       Jurnalistik
d.      Penelitian         
13.              Kalimat yang sempurna untuk mengisi paragraf rumpang berikut adalah...
Untuk menambah wawasan bagi yang bekerja di sektor pendidikan, membaca beberapa pola artkel pendidikan menjadi pilihannya. Apalagi kemajuan teknologi ketika ini telah membawa kemudahan untuk kita mencari informasi termasuk juga persoalan di dunia pendidikan....
(sumber:http://smansax1-edu.com/)
a.       Menikmati ulasan artikel pendidikan yang berkaitan dengan persoalan pendidikan di Indonesia
b.      Karena kebanyakan dari mereka merasa pendidikan ketika ini sangat berbeda dengan pendidikan di zaman mereka
c.       Banyak topik  yang dibahas di beberapa pola artikel pendidikan
d.      Tidak hanya para pendidik, orang renta murid pun kini juga membutuhkan pengetahuan tersebut
14.              Perbedaan karateristik dalam kemampuan awal antara penerima didik yang satu dengan penerima didik yang lainya dalam satu kelas harus menjadi dasar dalam menentukan....
a.       Teknik pembelajaran
b.      Perencanaan pembelajaran
c.       Media pembelajaran
d.      Metode pembelajaran
15.              Berikut ini merupakan ciri-ciri penerima didik yang mengalami kesulitan belajar, kecuali....
a.       Tidak sanggup mengerjakan atau mencapai prestasi yang semestinya (berdasarkan intelegensinya)
b.      Tidak mewujudkan tugas-tugas perkembangan, termasuk adaptasi sosial sesuai dengan organisme pada fase perkembangan tertentu
c.       Tidak sanggup berangkat ke sekolah sebab tidak ada transportasi untuk pergi ke sekolah dari rumahnya
d.      Dalam batas waktu tertentu tidak mencapai ukuran tingkat keberhasilan atau penguasaan minimal yang telah ditetapkan
16.              Anak berusis 6-10 tahun mempunyai sifat-sifat anak, kecuali mempunyai sikap....( Hal. 19 )
a.       Mematuhi peraturan
b.      Suka melawan
c.       Suka membanding-bandingkan
d.      Kecenderungan memuji diri sendiri
17.    Perhatikan teks berikut!
Teks 1:
Sungguh agama telah berkabar
Menjadi guru haruslah sabar
Kasih dan syang dibuka lebar
Dilatih keras membuka nalar
(sumber:http://marchsada.blogspot.co.id/)

Teks2:
Doa
Karya: Chairil Anwar
Kepada pemeluk teguh

Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut nama-Mu
Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh

Caya-Mu panas suci
Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi

Tuhanku

Aku hilang bentuk
Remuk
....
(sumber:http://mjbrigaseli.blogspot.co.id/)
Berdasarkan petikan teks di atas pernyataan yang benar adalah.... ( hal.131 )
a.      Teks pertama syair, teks kedua hymne (berisi kebanggaan untuk Tuhan) .  Syair bersajak : a-a-a-a
b.      Teks pertama syair, teks kedua ode(sanjungan untuk orang, benda, atau kejadian yang memuliakan )
a.       Teks pertama pantun, teks kedua hymne
b.      Teks pertama pantun, teks kedua ode
18.    Lingkungan hidup yaitu segala sesuatu yang ada si sekitar insan dan bekerjasama timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati.benda hidup sepert manusia, binatang, dan flora perlu makanan dan berkembang biak. Benda mati anatar lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jka terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu sanggup membuat masyarakat yang sehat, aman, tentram, lahir dan batin.
Kata berawalan (prefiks) yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah....
a.       Berhubungan
b.      Lingkungan
c.       Berkembang
d.      Menciptakan    
19.    Saat umur 2 tahun Anis mengucapkan /nauju/ untuk setuju. Namun beliau menolak ketika bunda mengucapkan/nauju/ untuk setuju.
Faktor yang mensugesti perolehan bahasa Anis adalah....
a.      Intelegensi
b.      Lingkungan
c.       Biologis
d.      Motivasi          
20.    perhatikan petikan Novel berikut
Amelia
“ hanya lihat, kak. Boleh kan?” Amelia memasang wajah polos itu. Membujuk dengan mata bulat hitam sambil memperbaiki letak rambutnya yang panjang sepinggang
“ janji hanya lihat, kak. Sebentar saja kok.” Amelia mulai merajuk
Watak tokoh Amelia pada kutipan novel di atas adalah
a.    ramah
b.   manja
c.    Mandiri
d.    Tegas
21.    Roda bajanya terus menjejak batangan rek. Lokomotif tersengal melangkahi bukit.
( sumber: novel serial belum dewasa mamak/”Pukat”, tere Liye;2013:9)
Kalimat di atas mengandung majas
a.    Metonomia (kiasan pengganti nama yang dekat dengan objjek yang diganti ) hal. 142
b.    hiperbola
c.    personifikasi (mempersamakan benda dengan manusia) hal. 141
d.    pleonasme
22.    Rumah anggi beralamat dijalan  percetakan Negara I. Teman temannya bahagia bermain di rumah Anggi.
Morfem/ ber - / pada kata bergaris bawah dikalimat di atas memiliki….
a.    bentuk yang berbeda dan arti yang sama
b.   bentuk yang sama dan arti yang berbeda
c.    bentuk dan arti sama
d.    bentuk dan arti berbeda
23.    Berikut yaitu diluar diri siswa yang menjadi penyebab kesulitan belajar. Kecuali
a.    pembelajaran
b.   penyesuaian
c.    kualifikasi guru
d.    materi
24.    Ibu Hasan merupakan seorang guru gres dan menerima kiprah mengajar kelas 3, beberapakali kegiatan tatap muka ibu hasan selalu menyuruh anak – anak mengerjakan kiprah secara kelompok di kelas maupun diluar kelas. Hal itu dilakukan ibu hasan untuk…
a.    mengetahui kemampuan, bekerja sama , rasa toleransi dan kepercayaan diri tiap anak
b.    mengetahui rasa toleransi dan kepercayaan diri tiap anak
c.    mengetahui kemampuan kerjasama dan kepercayaan diri tiap anak
d.   mengetahui kemampuan bekerjasama, rasa toleransi dan kepercayaan diri tiap anak

25.    Perhatikan petikan teks dibawah ini!
Kerajaan yang mana berita  tentang Galuh Candra Kirana yang mana putri dari Baginda raja Nata yang amat taklim dan hormat kepada orang tuanya akan bertunanngan dengan Raden Inu. Kini telah terdengar beritanya oleh Galuh Ajeng. Mendengar isu ini Galuh Ajenng sangat teriris hatinya dan menangislah ia melihat keadaan ini. Melihat hal ini paduka Liku yang tak lain yaitu ayah dari Galuh Ajeng sangat menyayangkan hal tersebut.
Berdasarkan jenisnya karya sastra  petikan diatas berjenis…. ( hal. 136 )
a. dongeng legenda (menceritakan asal mula suatu tempat, benda peninggalan sejarah)
b. dongeng hikayat (kehidupan para dewa, pangeran, atau putri kerajaan, dan raja-raja)
c. dongeng hikayat
d. dongeng mitos (cerita yang dipercaya turun tumurun)

26.    bacalah teks dibawah ini!
Hewan yaitu mamalia yang menyandang predikat binatang terbesar dibumi. Ya, binatang ini yaitu ikan paus. Berat tubuh paus jauh lebih berat dibandingkan dengan seekor Dinosaurus yang hidup diera Mesozoik yang beratnya hanya sekitar 60 ton. Ikan ini sekali makan per hari  membutuhkan ikan krill (ikan kecil) sebanyak 90 ton.
(sumber:suara merdeka, 4 desember 2009)
Ide pokok paragraph diatasa adalah…
a.    hewan ini yaitu lebih besar dibandingkan dinosaurus
b.    paus yaitu binatang mamalia yang sangat besar
c.    paus yaitu mamalia terbesar dibumi
d.    hewan ini yaitu mamalia terbesar dibumi

27.    Ibu Lina menerima kiprah dari kepala sekolah untuk ikut memajukan sekolah sehingga 1-2 tahun ke depan sekolah mempunyai anak berprestasi akademik tingkat kabupaten maka yang harus dilakukan ibu Lina adalah….
a.    identifikasi masalah,-identifikasi kasus-identifikasi factor penyebab-alternatif penyelesaian-pemilihan tindakan
b.    identifikasi factor penyebab-identifikasi kasus-identifikasi masalah, alternative penyelesaian-pemilihan tindakan
c.    identifikasi kasus-identifikasi  masalah-identifikasi faktor penyebab-alternative penyelesaian-pemilihan tindakan ( halaman 110 -113 )
d.   identifikasi kasus-identifikasi  masalah-identifikasi faktor penyebab-alternative penyelesaian, pemilihan tindakan


28.    bacalah teks berikut
Kacang hijau yaitu sejenis tumbuhan budidaya dan palawija yang dikenal luas di tempat tropika. Tumbuhan yang termasuk polong – polongan ini mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari – hari sebagai sumber materi pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau mempunyai kandungan protein yang tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan posfor
Dilihat dari pokok permasalahannya petikan paragraph diatas termasuk kedalam ragam bahasa
a.      ilmiah
b.      jurnalistik
c.       akrab
d.      resmi
29.    bacalah teks berikut.
Puluhan pengungsi letusan gunung merapi, dibarak pengungsian desa umbul harjo, kecamatan cangkringan kabupaten sleman tempat istimewa Yogyakarta, mulai terjangkit penyakit termasuk hipertensi. “setelah lebih satu ahad warga berada dibarak pengungsian, mereka mulai mengeluhkan sejumlah serangan penyakit dan pada umumnya dan beusia diatas  40 tahun mulai terjangkit hipertensi, “ kata petugas kesehatan dari puskesman cangkringan . retno Diah
Dilihat dari pokok permasalahannya, petikan paragraph diatas termasuk kedalam  ragam bahasa ….
a. resmi
b. akrab
c. ilmiah
d. jurnalistik

30.  masa kemudian biarlah berlalu
masa depan teruslah kamu pacu
apabila anak tak diajari ilmu agama
pastilah anak menjadi tercela
lestarikan alam kita
sebelum alam menjadi murka
belajarlah demi masa depan
untuk mencapai semua harapan
berdasarkan jenisnya petikan karya sastra diatas berjenis...
a.         gurindam ( a-a, b-b, c-c) hal. 133 bawan
b.         syair
c.         ode
d.         pantun

31.  bacalah teks dibawah ini!
Hewan yaitu mamalia yang menyandang predikat binatang terbesar dibumi. Ya, binatang ini yaitu ikan paus. Berat tubuh paus jauh lebih berat dibandingkan dengan seekor Dinosaurus yang hidup diera Mesozoik yang beratnya sekitar 60 ton. Ikan ini sekali makan perhari  membutuhkan ikan krill atau ikan kecil sebanyak 10 ton.
Ide pokoko paragraph diatasa adalah…
a. binatang ini yaitu mamalia terbesar dibumi
b. binatang ini yaitu lebih besar dibandingkan dinosaurus
c. paus yaitu binatang mamalia yang sangat besar
d. paus yaitu mamalia terbesar dibumi

32.  Suara nenek kiba memang kencang,apalagi kalau sedang marah,terdengar tajam hingga menusuk jantung.kalimat yg memakai majas menyerupai kalimat diatas adalah...
1.      Pekerja-pekerja kasar yang banjir peluh,tubuh mereka menghitam terbakar matahari
2.      Tapi hujan tak kunjung turun hingga siang merangkak naik
3.      Situasi kelas bermetamorfosis lebih hangat meski gerimis diluar menderas
4.      “jangan hina bapakku”. Suaraku mendesis, bagai ular marah

33.    Saat umur 3 tahun, Malihah mengucapkan/emut/ untuk semut.namun beliau menolak ketika orang remaja mengucapkan /emut/ untuk semut. Faktor yang mensugesti pemerolehan bahasa Malihah adalah..
a.         Intelegensi
b.         Motivasi
c.         Biologis
d.         Lingkungan

34.    Prinsip perkembangan wacana variasi dalam tempo dan irama perkembangan antar-individudan  kelompok tertentu (menurut latar belakang, jenis geografis dan kultural) yang sesuai dengan imflikasi pendidikan adalah...
a.        Program dan seni administrasi berguru mengajar,sampai batas tertentu,diorganisasikan semoga memungkinkan berguru secara individual disamping secara kelompok(misal dengan sistem pengajaran modula atau SPM) ( hal. 22 )
b.        Program dan seni administrasi pembelajaran seyoginya dikembangkan dam diorganisasikan semoga merangsang,mempercepat, dan menghindari ekses memperlambat laju perkembangan anak didik
c.         Memperhatikapengembangan(penyusunan,pemilihan,penggunaan)materi,strategi,metodologi,sumber,evaluasi berguru mengajar
d.        Lingkungan hidup dan taman Kanak-kanak(TK) amat penting untuk memperkaya pengalaman dan mempercepat laju perkembangannya.

35.    Guru sanggup berbagi kecerdasan emosi dan keterampilan sosial penerima didik dengan cara...
a.         Melakukan pembedaan dan memperlakukanorang lain dengan berbeda
b.        Memfasilitasi tumbuhnya kerjasama,misalnya cooperativ learning dan pembelajaran berbasis inkuiri
c.         Mengatasi persoalan dengan sobat yang bandel dan mendorong kompetensi
d.        Mengajarkan jenis-jenis hubungan sosial dan mendorong peningkatan prestasi yang tinggi

36.    Menurut Garner (Syaodih,2011:95)tingkat intelegensi atau IQ bukan satu-satunya kecerdasan yang sanggup meramalkan kesuksesan, tetapi ada kecerdasan dalam spektrum yang lebih luas yaitu...
a.         Kecerasan beragam (multiple intelligence)
b.        Bakat sekolah ( scholastik aptitude)
c.         Bidang pekerjaan (vocatonal aptitude)
d.        Potensi bawaan (potential ability)

37.    Dua remaja sedang bermain catur.keduanya duduk...diteras rumah.
Kata berimbuhan untuk melengkapi kalimat diatas adalah...
a.        Berhadapan
b.        Menghadap
c.         Dihadapkan
d.        Menghadapkan

38.    Perhatikan karya berikut!
Bapak tani menanam tebu
Pembeli tiba bertanya harga
Wahai anak hormti ibu
Karena ibu jalan kesurga

Berdasarkan jenisnya,karya sastra petikan diatas berjenis...
a.         Syair ( a-a-a-a )
b.        ode  ( sanjungan pada benda,orang, kejadian /pahlawan atau tokoh yang berpengaruh)
c.         gurindam
d.        pantun ( sajak : a-b-a-b  dan a-a-a-a) 2 sampiran 2 isi hal 131

39.         ibu Yuli mengajar dikelas IV SD Dwi Waran. Dikelas tersebut ada penerima didik yang bermasalah (lambat dalam mengikuti pembelajaran) namun, bu Yuli tetap berusaha memfasilitasi semua siswanya untuk mencapai prestasi berguru secara optimal. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan ibu Yuli,kecuali...
a.         memberikan aneka macam tugaas,latihan, dan PR sesegera mungkinsaat pemahaman masih segar
b.        menepatkan siswa tersebut duduk di dingklik deretan depan atau dekat gru sehingga guru gampang memantau dan memberi bantuan
c.         mengingatkan untuk mencoba/berlatih dan memotivasi untuk tidak takut salah sebab itu pecahan dari belajar
d.        meminta temannya yang lebih akil untuk membantu dengan cara yang santun

40.    kalimat yeng sempurna untuk mengisi pargraf rumpang berikut adalah...
(1)..(2)sekali saja mereka menggigit,maka anda akan terkena penyakit demam berdarah yang sangat berbahaya (3). Apa itu demam berdarah?(4). Demam berdarah yaitu penyakit menurunnya trombosit atu sel darah merah dalam tubuh akhir virus dengueyang dibawa oleh nyamuk aedes aegpty.
a.         kita harus dapat  menjaga kebersihan rumah semoga seluruh keluarga sehat dan terlindungi dari aneka macam macam penyakit
b.        hewan pengganggu yang ketika ini  memang berukuran kecil,tetapi jangan diremehkan dampak gigitannya
c.         demam berdarah sanggup menjadikan menurunnya trombosit dalam tubuh dan menjadikan penderita semakin parah
d.        sakit demamb berdarah sangat berbahaya, banyak penderita demam berdarah bila tidak segera ditanganiakan meninggal dunia

41.    perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada aneka macam faktor utama,antara lain kesehatan gizi ,kebugaran jasmani,pergaulan, dan training orang tua. Akibat terganggunya perkembangan intelektual tersebut anak kurang dapat...
a.         berfikir, gangguan kecemasan, rasa takut, dan faktor-faktor eksternalyang sering kali tidak dikenal sebelumnya oleh anak yang sedang tumbuh
b.        berfikir, adanya perbedaan jenis kelamin, usia, pergaulan, lingkungan, dan training orang renta maupun guru disekolah dan lingkungan masyarakat sekitar
c.         berfikir oprasiona,tidak mempunyai keampuan mental, dan kurang aktif bergaul maupun berkomunikasi dengan teman-temannya
d.        berfikir, frustasi, dan absensi orang tua, kurang perhatian orang tua,keadaan ekonomi orang tua,keamanan dan kekacauan yang sering timbul

42.    secara keseluruhan, kota ini sangat menarik untuk dijadikan tempat berlibur keluarga.
Kata berimbuhan keseluruhan pada kalimat di atas mempunyai kata dasar...
a.         seluruhan
b.        seluruh
c.         keseluruh
d.        luruh
43.     Analisa puisi dibawah ini adalah

Senja disore hari
Karya : Mei Rukmana

Oh indahnya melihat senja disore hari
Memancarkan sinar merah berderai
Menandakan pergantian alam
Dari siang dan malam

Oh indahnya senja disore hari
Kilaunya menerangi siang sebelum malam
Menandakan kekuasan Tuhan penguasa alam
Oh, indahnya senja disore hari

Tema yang terdapat dalam puisi di atas adalah....
a. Senang
b. riang
c. kekecewaan
d. Takjub
44.    Bu Rahmi seorang guru SD kelas 2.Dia sudah bekerja di SD tersebut selama 10 tahun. Anak-anak selalu bahagia dekat dengan ibu Rahmi . Bu Rahmi disenagi belum dewasa dan koleganya karena...
a.    Penampilannya,mudah bergaul,santun,sesekali marah,sopan,rajin,cerdas,dan pintar
b.    Penampilannya, santun gaul,sering marah,sopan, rajin,cerdas,dan guru teladan
c.    Kebiasaannya, berpenampilan,mudah bergaul,santun,tidak pernah marah,sopan,rajin,cerdas,dan berprestasi
d.    Kebiasaanya, berpenampilan, gampang bergaul,santun,sering marah,sopan,rajincerdas,cukup pintar

45.    Tek 1
untuk masa depan mu
Karya : gina hayana

Dengar wahai anak kanda
Rajinlah berguru sepanjang masa
Ilmu tiada pernah habis di eja
Sebai bekal sepanjang usia

Dengan ilmu engkau terjaga
Dari suramnya waktu dan masa
Cemerlang akan senantiasa
menyinari dirimu dimasa dewasa

teks 2
generasi kini
karya asmara hadi

generasi sekarang
diatas puncak gunung fantasi
berdiri saya dan dari sana
mandang ke bawah, ketempat berjuang

generasi kini dipanjang masa
menciptakan kemegahan baru
 pantun keindahan Indonesia
yang jadi kenang – kenagan
pada jaman dalam dini

berdasarkan petikan teks diatas, pernyataan yang benar adalah.
a. teks pertama syair, teks ke dua ode
b. teks pertama syair, teks ke 2 balada
c. teks pertama pantun, teks ke 2 ode
d. teks pertama pantun, teks ke 2 balada

46.    Perhatikanlah teks berikut!
Teks 1
Tanda bejalan sepi pedati
Bunyi geretak pada rodanya
Tanda orang yang baik hati
Murah senyum ramah orangnya

Teks 2
Puisi untuk guru
Karya :Muhammad Yanuar

Engkau bagaikan cahaya
Yang menerangi jiwa
Dari segala gelap dunia
Engkau yaitu setetes embun
Yang menyejukan hati
Hati yang ditikam kebodohan
Sungguh mulia kiprah mu guru
Tugas yang sangat besar
Guru engkau yaitu pahlawan

Berdasarkan petikan teks diatas pernyataan  yang benar adalah...
a.        Tek 1 pantun,teks 2 ode
b.        Teks 1 syair,teks 2 ode
c.         terks pertama syair, teks ke dua ode
d.        teks pertama syair, teks ke 2 balada

47.    perhatikan petikan Novel berikut
mamak: Sana, bergegas ambil wudhu,salat subuh. Lepas itu bantu bapak kalian menyiapkan karung-karung Sabit padi ,peralatan. nanti tetangga akan tiba mengambilnya.
Watak tokoh mamak pada kutipan teks novel diatas adalah...
a.         mandiri
b.        tegas
c.         demawan
d.         rajin
48.    Jati yaitu siswa kelas 2 SD Bumi Putra., ia malas berguru sebab faktor kesulitan berguru yang bukan bersifat potensial.Faktor tersebut adalah...
a.         Motivasi
b.         Intelegensi
c.         Keterampilan
d.         Potensi
49.    Kalimat yang mempunyai pola bersubjek nomina ( kt benda ) dan berpredikat  numeralia ( bilangan ) adalah...
a.         Pekerjaannya sangat berat
b.        Panjang meja itu satu meter ( hal 60 )
c.         Surat kabar ini menawarkan saya informasi
d.        Saya mengajar

50.    Temanku berambut panjang. Hobinya setiap hari berolahraga renang.Mprfem /ber-/ pada kalimat diatas memiliki...
a.        Bentuk dan arti berbeda
b.        Bentuk yang sama dan arti yang berbeda
c.         Bentuk dan arti sama
d.        Bentuk yang berbeda dan arti sama

51.    Perhatikan faragrap dibawah ini!
1.Sekarang zaman sudah maju
2.tehnologi semakin canggih
3.banyak sistem elektro yang canggih
4.cara penggunaan alat elektro dijelaskan secara detil semoga sanggup dipakai dengan mudah
Kata baku terdapat pada kalimat nomor...
a.        1
b.        2
c.         3
d.        4
52.    Suara nek Kiba memang kencang,apalagi ketika ia marah, terdengar tajam hingga menusuk jantung.kalimat yang memakai majas menyerupai kalimat diatas adalah...
a.        Pekerja-pekerja agresif yang banjir peluh,tubuh mereka menghitam terbakar matahari
b.        Tapi hujan tak kunjung turun hingga siang merangkak naik
c.         Situasi keals berubahmenjadi lebih hangatmeski gerimis diluar menderas
d.        “jangan hina bapakku”. Suaraku mendesis, bagai ular marah

53.    bu Meyke sedang merancang acara dalam pembelajaran beberapa penerima didiknya yang gampang marah, cengeng, kurang tekun ketika mengerjakan kiprah dan mau menang sendiri.
Dari hasil pengumpulan data sementara diketahui anak – anak ini berasal dari keluarga yang terlalu memanjakan anak dan selalu mengikuti semua kemauan anak.
Alternative solusi bu Meyke pada ketika melakukaan pembelajaran yaitu
a.    menempatkan penerima didik dekat guru dan sobat yang emosianya lebih matang, member perhatian lebih, menjelaskan bersikap jikalau ada hal yang tidak disukai, member conto cara mengingatkan sobat secara santun
b.    menempatkan penerima didik dekat guru dan sobat yang lebih matang emosinya, member perhatian yang sama dengan sobat lainnya, menjelaskan cara bagaimana sebaiknya berbicara
c.    menempatkan penerima didik  dengan  teman yang sanggup menjadi tutor, member perhatian yang lebih dari penerima didik lainnya, member dukungan semoga mereka lebih gampang menguasai emosinya
d.    menempatkan penerima dekat guru dan sobat – sobat sebaya, memberi dukungan semoga mereka lebih gampang menguasai emosinya dan memberi pola mengingatkan dan mendapatkan peringatan sobat secara santun.
54.    Kalimat yang memiliki  pola bersubjek nomina dan berpredikat adjektiva adalah...
a.         Panjang rumah itu dua puluh meter
b.        Suku bunga bank sangat tinggi
c.         Buku pelajaran ini menawarkan saya kepintaran
d.        Kami berpikir
55.    Bantuan yang dapt diberikan kepada penerima didik dalam mengoptimalkan prestasi  belajarnya yaitu sebagai berikut,kecuali...
a.         Meningkatkan kepercayaan diri
b.        Memotivasi semangat belajar
c.         Memberi suplemen pelajaran
d.        Menumbuhkan minat belajarnya

56.    Pak yusuf yaitu guru kelas V SD Nusantara. Belaiu selalu berupaya memfasilitasi siswa-siswanya berbagi prestasi terbaik sesuai dengan potensinya.Berikut ini beberapa hal yang dilakukan Pak Yusup, Kecuali...
a.         Menciptakan iklim yang aman bagi pertumbuhan peribadi penerima didik semoga setiap individu sanggup berbagi potensinya secara optimal
b.        Memahami dan mempunyai catatan penerima didik yang perkembangannya lambat, noraml,atau cepat
c.         Membebaskan penerima didik menguasai aneka macam keterampilandan kemampuan sesuaidengan kiprah dan tahap perkembangannya
d.        Merancang setrategi pembelajaran yang sesuai dengan kaeragaman karakteristik penerima didik di kelasnya

57.    Ibu Azizah guru SD kelas V,meminta siswanya untuk mengucapkan kata-kata yang mengandung kluster misalnya/khianat/,/grafik/,/frustasi/
Faktor pemeroleh bahasa yang diperoleh penerima didik Ibu Azizah adalah...
a.         Pembelajaran
b.        Motivasi
c.         Biologi
d.        Intelegensi

58.    Karakteristik atau ciri individual yaitu keseluruhan sikap dan kemampuan individu sebagai ahsil pemabwaan dan lingkungan.Pembawaan yang bersifat alamiah (nature) adalah...
a.        Karakteristik individu yang dibawa semenjak lahir(diwariskan dari keturunan)
b.        Faktor-faktor lingkunagn yang mensugesti individu semenjak mengalami masa pendidikan
c.         Faktor-faktor lingkunagn yang mensugesti individu semenjak masa pembuahan hingga selamjutnay
d.        Karakteristik individu yang dibawa semenjak lahir dan lingkungan pembelajaran yang dialami masing-,asing individu
59.    Teks 1
Beras kisar pulang kampung kehulu
Tanak pulut santan durian
Tak ada orang menyesal dahulu
Banyak orang menyesal kemudian
Teks 2
Doa
Karya Taufik Ismail
Tuhan kami

Telah nista kami dalam dosa bersama
Bertahun membangun kultus ini
Dalam pikiran yang ganda
Dan menutupi hati nurani
Ampunilah kami
Ampunilah
Amin
Berdasrkan petikan teks diatas pernyataan yang benar adalah...
a.        Teks 1 pantun,teks 2 hymne
b.        Teks 1 pantun,teks 2 ode
c.         Teks 1 syair,teks 2 ode
d.        Teks 1 syair,teks 2 hymne
60.    Bunga mawar yaitu bunga yang indah.Bunga ini bahkan menjadi lambang cinta sebab keindahannya.Tak jarang banyak yang menghadiahi bunga mawar untuk pasangannya.setangkai bunga mawar terlihat sangat romantis bahkan jikalau dalam bentuk karangan bunga mawar,keindahannya taakan tertandingi oleh apapun.
Ide pokok paragraf diatas adalah...
a.         bunga mawar terlihat sangat romantis
b.        bunga mawar menjadi hadiah untuk pasangannya
c.         bunga mawar mwnjadi lambang cinta
d.        bunga mawar yaitu bunga yang indah












Sumber http://bpiabad21.blogspot.com