Friday, April 14, 2017

√ Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Wanita, Laki-Laki Dan Anak

Cara Menghitung Berat Badan Ideal – Siapa yang tidak ingin mendapat tubuh yang ideal. Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan banyak orang, baik perempuan ataupun pria. Maka dari itu aneka macam upaya yang dilakukan, mulai dari diet, yoga sampai fitness dengan tujuan mewujudkan tubuh yang sesuai dengan harapan.


Akan tetapi ada satu catatan yang perlu diperhatikan. Bentuk tubuh yang ideal merupakan sebuah hal yang subjektif, artinya berdasarkan satu orang dengan orang lainnya belum tentu saja. Maka dari itu akan lebih baik jikalau Anda pertama-tama mengetahui berat tubuh yang ideal. Bagaimana cara mengetahui berat tubuh yang ideal?


Caranya yaitu dengan menghitung berapa berat tubuh ideal Anda. Cara menghitung ideal berat tubuh tidaklah rumit, bahkan cukup sederhana. Ada beberapa metode yang sanggup Anda manfaatkan dan diadaptasi dengan diri sendiri.


Misal cara menghitung berat tubuh ideal pria, wanita, anak dan lain sebagainya. Rumus menghitung berat tubuh ideal juga ada beberapa macam. Seperti dengan memanfaatkan kalkulator BMI (Body Mass Index) atau rumus Brosca. Untuk lebih jelas, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung berat tubuh yang ideal secara lengkap.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan BMI


 Siapa yang tidak ingin mendapat tubuh yang ideal √ Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Pria dan Anak


Cara pertama yang sanggup digunakan yaitu menghitung berat tubuh ideal dengan BMI. Untuk lebih dulu kita bahas pengertian BMI. Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat tubuh Anda. Perhitungan ini nantinya digunakan untuk mengukur apakah Anda tergolong kurus, ideal, gemuk atau obesitas.


Cara mengukur berat tubuh ideal dengan kalkulator BMI dapa dilakukan pada orang yang berusia 20 tahun. Hanya saja rumus ini kurang cocok untuk atlet atau olahragawan. Sebab umumnya berat tubuh atlet berasal dari massa otot. Bisa saja berdasarkan perhitungan BMI seorang atlet dinyatakan gemuk, padahal tidak demikian. Begitu juga dengan anak-anak, perempuan hamil ataupun orang tua.


Seseorang dikatakan normal bila angka BMI berada di angka 18,5 sampai 25. Jika di atas 25 berarti masuk kategori kelebihan berat tubuh ringan. Orang tersebut mempunyai risiko terkena penyakit diabetes level 2, kanker, penyakit jantung sampai osteoarthritis. Sedangkan di atas 40 masuk dalam kategori kelebihan berat tubuh berbahaya yang artinya Anda harus berhati-hati.


Sedangkan jikalau angka BMI berada di bawah 18 maka berpotensi terkena osteoporosis. Maka dari itu bagi Anda yang mempunyai angka BMI di atas 25 atau di bawah 18 disarankan menghubungi dokter untuk meminta saran. Di samping itu perhatikan pula rujukan hidup dan makan semoga sanggup mencapai berat tubuh yang ideal.


Baca Juga:   Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria

Cara Menghitung BMI


Berat Tubuh Ideal = Berat tubuh (kg) : [Tinggi Badan (m)]²


Contoh :


Seseorang mempunyai berat tubuh 75 kg. Sedangkan tinggi badannya mencapai 1,79 m. Maka nilai BMI yaitu 75 : (1,79) ² = 23,4.


Standar BMI


 Siapa yang tidak ingin mendapat tubuh yang ideal √ Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Pria dan Anak


Dari perhitungan di atas, kita belum sanggup mengetahui apakah berat tubuh kita sudah ideal atau belum. Kita membutuhkan tabel berat tubuh ideal BMI untuk mengetahui seberapa ideal berat tubuh kita. Untuk mengetahuinya silakan simak klarifikasi di bawah ini.


Standar BMI Pria


  1. BMI < 17 : Kurus (Under Weight). Artinya Anda perlu menambah asupan masakan atau kalori.

  2. BMI 17 – 23 : Normal (Normal Weight). Artinya berat tubuh Anda sudah ideal.

  3. BMI 23 – 27 : Kegemukan (Over Weight). Kelebihan berat tubuh dan disarankan untuk menurunkannya semoga terhindar dari aneka macam penyakit.

  4. BMI > 27 : Obesitas. Jika di atas 27, maka artinya Anda mengalami obesitas. Anda perlu menurunkan berat tubuh dan berkonsultasi dengan dokter.


Standar BMI Wanita


  1. BMI < 18 : Kurus. Sedikit berbeda dengan pria, Anda dengan nilai BMI di bawah 18 sudah masuk kategori kurus. Anda sanggup mengatasinya dengan menambah makan masakan bergizi dan melaksanakan olahraga.

  2. BMI 18 – 25 : Normal. Berat tubuh ideal perempuan berdasarkan nilai BMI berada di angka 18 – 25. Jika BMI Anda berada di kisaran angka ini maka Anda perlu mempertahankannya.

  3. BMI 25 – 27 : Kegemukan. Bila angka BMI Anda berada di kisaran angka 25 – 27 maka Anda masuk kategori gemuk. Tidak perlu panik, Anda sanggup mengatasinya dengan menghindari masakan berlemak dan melaksanakan olahraga secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu.

  4. BMI > 27 : Obesitas. Untuk kategori ini Anda perlu segera menghubungi dokter semoga mendapat penanganan atau saran untuk mengatasi obesitas.


Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brosca


Cara hitung berat tubuh ideal kedua yaitu dengan memanfaatkan rumus Brosca. Kalkulasi berat tubuh ideal dengan Brosca dibagi menjadi dua, yakni untuk laki-laki dan wanita.


Cara menghitung Berat Badan Ideal Pria dengan Brosca


Berat Badan Ideal (Kg) = [Tinggi Badan (cm) – 100] – {[Tinggi Badan (cm) – 100] x 10%}


Contoh :


Seorang laki-laki mempunyai tinggi tubuh 172 cm. Maka berat tubuh idealnya yaitu (172-100) – {(172-100) x 10%} = 72 – 7.2 = 64.8


Cara menghitung Berat Badan Ideal Wanita dengan Brosca


Berat Badan Ideal (Kg) = [Tinggi Badan (cm) – 100] – {[Tinggi Badan (cm) – 100] x 15%}


Contoh :


Seorang perempuan mempunyai tinggi tubuh 160 cm. Maka berat tubuh idealnya yaitu (160-100) – {(160-100) x 15%} = 60 – 9 = 51


Perlu dicatat, cara menghitung berat tubuh ideal di atas cocok untuk laki-laki dan perempuan berusia di atas 20 tahun. Jika ingin mengetahui cara menghitung berat tubuh ideal anak atau ibu hamil ada rumus tersendiri.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak


 Siapa yang tidak ingin mendapat tubuh yang ideal √ Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Pria dan Anak


Untuk mengukur berat tubuh ideal anak dibagi menjadi dua rumus. Pertama untuk anak dengan usia 0-12 bulan dan yang kedua untuk anak berumur 1-10 tahun.


Rumus Menghitung Berat Badan Ideal anak 0-12 Bulan


Berat Badan Ideal = [Umur (bulan) : 2] + 4


Contoh :


Jika anak Anda dikala ini berumur 6 bulan, maka berat tubuh idealnya yaitu (6:2) + 4 = 7 kg.


Rumus Menghitung Berat Badan Ideal anak 1-10 Tahun


Berat Badan Ideal = [2 x Umur (Tahun)] + 8


Contoh :


Usia anak Anda 5 tahun, maka berat tubuh idealnya (2 x 5) + 8 = 18 kg


Cara Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil


 Siapa yang tidak ingin mendapat tubuh yang ideal √ Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Pria dan Anak


Dalam kasus ibu hamil, cara menghitung ideal berat tubuh yang digunakan tentu saja berbeda. Ibu hamil juga perlu mengetahui berat tubuh idealnya untuk memastikan kesehatan calon buah hati dan dirinya sendiri. Berikut yaitu rumus menghitung berat tubuh ibu hamil.


BBIh = BBI + (UH x 0,35)


Keterangan :



  • BBIh = Berat Badan Ibu Hamil

  • BBI = Berat Badan Ideal

  • UH = Umur Kehamilan dalam mingu

  • 0,35 = Tambahan berat tubuh kg per minggu


Untuk berat tubuh ideal, Anda sanggup mencarinya dengan memanfaatkan rumus Brosca. Anda sanggup melihat rumus di atas.


Contoh :


Ibu hamil mempunyai tinggi tubuh 155 cm. Usia kehamilannya dikala ini 27 minggu. Berdasarkan rumus Brosca, BBI ibu hamil tersebut 46,75 kg. Maka berat tubuh idealnya yaitu sebagai berikut.


BBIH = 46,75 + (27 x 0,35) = 46,75 + 9,45 = 56,2 kg


Selengkapnya :


Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Wanita


Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Pria


Itulah info seputar cara menghitung berat tubuh ideal. Tidak terlalu rumit bukan? Selain menghitung secara manual Anda sanggup memanfaatkan kalkulator online yang sanggup menghitung berat tubuh ideal Anda hanya dengan memasukkan tinggi tubuh dan berat badan. Sekian info seputar cara mengukur berat tubuh ideal dari kami. Semoga bermanfaat untuk Anda.




Sumber https://carasiiumi.com/