Monday, April 17, 2017

√ Pengertian, Format Dan Tujuan Menciptakan Surat Izin


Apa pengertian dari
surat izin itu?





Surat izin merupakan surat yang dibentuk oleh seseorang yang
terikat dengan suatu komunitas, lembaga, instansi atau perusahaan dimana dalam
surat tersebut berisi permohonan izin.





Komunitas contohnya OSIS, BEM, ROHIS dsb. Lembaga atau
instansi contohnya kepolisian, TNI, Kantor dinas dan sebagainya sedangkan
perusahaan dapat perusahaan berbentuk PT atau CV dsb.





Permohonan izin itu ada banyak macamnya contohnya izin tidak masuk, izin untuk melaksanakan tindakan tertentu di luar prosedur, izin memakai akomodasi dan sebagainya.





Artikel lainnya juga: Contoh surat resign guru, hotel, bank dan karyawan





Surat izin merupakan surat yang dibentuk oleh seseorang yang √ Pengertian, Format dan Tujuan Membuat Surat Izin




Susunan atau Format
Penulisan Surat Izin





Berikut format penulisan surat izin secara umum





  1. Kepala surat
  2. Tempat dan Tanggal
  3. Pihak yang dituju untuk dimintai izin
  4. Pembukaan
  5. Isi
  6. Penutup
  7. Tempat dan tanggal
  8. Tanda tangan (Ttd) dan nama si pembuat surat




Hal-hal yang
diperhatikan sebelum menulis surat izin tidak masuk





Ada lima hal yang harus dipersiapkan sebelum menciptakan surat izin
yaitu:





  • Kepada siapa surat dituju




Orang yang dituju dalam surat harus
merupakan orang yang berwenang dalam menunjukkan izin. Dalam dunia pendidikan
bisa wali siswa atau dosen. Dalam perusahaan biasanya yaitu HRD perusahaan dan
Kepala warung dan sebagainya.





  • Siapa si pembuat surat?




Yang menciptakan surat dapat orang yang bersangkutan
langsung yang membuatnya atau wakilnya. Yang bersangkutan eksklusif misalnya
orang yang sakit sedangkan wakilnya dapat orang lain yang masih berhubungan
dengan orang yang sakit contohnya orang tua, saudara dsb.





  • Alasan minta izin




Alasan minta izin hendaknya yang masuk akal
dan jujur.  Misalnya sakit, acara
keluarga, terkena tragedi alam dsb. Jangan hingga menciptakan surat yang tidak logis
karena akan sulit di-ACC jikalau begitu.





Masak iya minta izin gak masuk kerja karena
kambingnya mati hehehe atau gak masuk kerja alasannya ialah mau memperbaiki genteng, kan
alasannya gak banget deh.





  • Pada hari, tanggal dan jam berapa si pemohon tidak masuk




Poin ini harus terperinci alasannya ialah justru disini
intinya. Kamu harus memilih durasi dan waktunya.





Ada dua macam yaitu waktu surat itu dibentuk dan waktu pas kapan kau akan minta izin. Jangan hingga kau izinya tanggal 20 Agustus 2020, bikin suratnya tanggal 25 Agustus 2020. Ini berarti sudah lewat!. Atau kita buat izinnya 20 Januari 2020, ini justru terlalu dini. Atau kita izinnya tanggal 19 Agustus 2020, ini justru terlalu mepet waktunya.





Baca juga: Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar





Lalu kapan waktu yang sempurna ketika kita
membuat izin? waktu yang sempurna untuk menciptakan surat izin yaitu sesuai dengan jabatan
atau seberapa pentingnya kau dalam komunitasmu itu.





Jika tidak terlalu tugas kau tidak terlalu
penting dapat 1 ahad hingga 2 hari sebelum waktu izin. Namun bila peranmu
sangat penting dalam perusahaan, usahakan sekitar 2 ahad sebelumnya.





  • Lampiran




Tambahan lampiran contohnya surat keterangan dokter (bila tidak masuk alasannya ialah sakit), surat keterangan tilang dari polisi (bila tidak masuk alasannya ialah ditilang), usul ijab kabul (bila tidak masuk alasannya ialah ada program pernikahan), surat/berita lelayu (bila tidak masuk alasannya ialah menghadiri program pemakaman). Surat lampiran juga dapat berupa nota atau kwitansi.





Baca juga: Cara penulisan gelar yang benar





Poin kelima kadang diharapkan kadang tidak. Namun alangkah
baiknya bila surat tersebut dilampirkan.





Manfaat atau Fungsi dan Tujuan Pembuatan Surat Izin





Ada beberapa manfaat atau fungsi dibuatnya surat izin
diantaranya:





  1. Secara sopan santun tentu ini merupakan upaya menjunjung
    nilai kesopanan dan lebih etis
  2. Menjaga nilai profesionalitas alasannya ialah dalam sebuah
    komunitas, instansi atau perusahaan niscaya ada jenjang kepengurusan
  3. Merupakan upaya mentaati peraturan diantaranya
    peraturan administrasi
  4. Supaya tidak ada salah faham antara si pembuat
    surat izin dengan pihak yang berwenang memberi izin
  5. Supaya tidak terjadi fitnah
  6. Supaya tindakan yang dilakukan oleh si pembuat
    surat izin menjadi tindakan legal dimata aturan dan peraturan di komunitas
  7. Supaya tidak melanggar peraturan yang teah
    ditetapkan




Demikian artikel berjudul pengertian, format dan tujuan menciptakan surat izin ini. Selanjutnya kita  akan membahas wacana rujukan surat tidak masuk sekolah, kuliah dan kerja.        



Sumber https://www.siswapedia.com