Tuesday, April 25, 2017

√ Tips Kondusif Belanja Online Yang Wajib Kau Ketahui

Tips Aman Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui -  Dengan perkembangan teknologi ketika ini, tren belanja online pun semakin berkembang di masyarakat terutama masyarakat yang mempunyai kegiatan padat alias sibuk.  Dengan berkembangnya tren menyerupai ini, maka akan memperlihatkan banyak fasilitas bagi kita. Misalnya, kalau dulu kita harus pergi ke mall untuk membali baju, tetapi ketika ini kita sanggup membelinya dengan hanya "Sekali klik" melalui komputer atau smartphone. Perkembangan tren belanja online ini semakin pesat, ditambah lagi dengan banyaknya toko-toko online yang bermunculan. Saat ini para penjual offline pun telah memperluas pasar mereka ke dunia online.

Belanja online sanggup menjadi solusi bagi kau yang sibuk dan tidak ada waktu untuk belanja secara pribadi ke department store atau kawasan yang lainnya. Namun, jikalau kau tidak berhati-hati dan tidak cermat dalam menentukan toko online untuk berbelanja, maka belanja online justru akan merugikan kau sebagai konsumen. Sebelum berbelanja online, ada baiknya kau mengetahui terlebih dahulu beberapa tips dari kami bagaimana berbelanja online yang kondusif dan nyaman itu. Berikut klarifikasi lebih lengkapnya.

Tips Aman Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui √ Tips Aman Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Pilih situs belanja atau toko online yang terpercaya
Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum berbelanja online yaitu memastikan apakah situs jual beli online tersebut merupakan situs yang kondusif dan terpercaya.Pilihlah situs yang sudah terpercaya dan tentunya sudah mempunyai dapat dipercaya dalam dunia jual beli online, menyerupai Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya. Saat ini ada aneka macam situs jual beli online yang bermunculan. Yang terperinci ketika ini kita itu tidak perlu repot-repot lagi pergi ke toko-toko untuk berbelanja, cukup bermodalkan komputer, laptop atau smartphone kemudian mengakses situs jual beli online. Kamu juga sanggup mencari warta terkait situs jual beli online tersebut atau juga sanggup dengan menanyakan kepada sahabat atau keluarga yang sudah pernah melaksanakan transaksi melalui situs tersebut.

Sempatkan untuk membaca kebijakan-kebijakan dari situs jual beli online, mulai dari garansi barang hingga kebijakan ihwal pengembalian uang jikalau barang diterima dalam keadaan yang rusak. Pastikan juga bahwa tidak ada kebijakan yang merugikan kau sebagai pembeli, dan pastikan juga bahwa data-data pribadi kau akan terlindungi dan tidak disebarluaskan ke pihak manapun. Biasanya setiap situs jual beli online itu ada Customer Service-nya, maka apabila ada pertanyaan atau ada hal yang menjangkal sanggup ditanyakan terlebih dahulu kepada CS-nya.

2. Jangan tergiur dengan harga yang murah
Harga yang murah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi kita yang ingin membeli sebuah produk. Sangat masuk akal sekali jikalau sebuah toko online memperlihatkan harga yang lebih murah dibandingkan toko online yang lainnya. Jika terdapat sebuah barang atau produk yang dijual dengan harga yang tidak masuk akal, maka sebaiknya kau mengurungkan niat untuk membeli produk tersebut, alasannya yaitu sanggup jadi sipenjual tersebut ingin melaksanakan penipuan atau menjual produk abal-abal alias palsu. Untuk memastikan harga yang sebetulnya dari produk yang ingin kau beli, kau sanggup mencari tahu dengan cara membandingkan dengan harga disitus toko online yang lainnya, atau kau juga sanggup mengecek harga pasarannya. Dengan begitu, kau tidak akan gampang tertipu oleh toko online yang menjual produk tersebut dengan harga yang sangat miring.

3. Bacalah terlebih dahulu deskripsi produk
Pastikan kau membaca warta atau deskripsi produk terkait yang ingin dibeli, sebelum balasannya tetapkan untuk membeli produk tersebut. Dan juga kau sanggup membaca "Feedback" dari produk tersebut atau istilah kerennya itu membaca komentar-komentar orang terhadap produk tersebut. Membaca feedback ini sangat dianjurkan sekali, semoga nantinya kau tidak menyesal telah membeli produk tersebut. Jika ada warta yang kurang jelas, kau sanggup pribadi menghubungi penjual persangkutan untuk sanggup mengetahui detail ihwal produk yang ingin dibeli. Misalnya pada situs Tokopedia.com, kau sanggup menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan produk kepada penjual bersangkutan melaui fitur Diskusi Produk atau kau sanggup menghubungi penjualnya secara pribadi memakai fitur Kirim Pesan.

4. Menggunakan rekening pribadi atau perusahaan?
Saat kau melaksanakan transaksi jual beli online, hindarilah mentrasfer uang ke nomor rekening pribadi. Pilihlah situs jual beli online yang mempunyai rekening atas nama tubuh perjuangan menyerupai PT atau CV, yang tingkat keamanannya sudah terjamin. Rekening menyerupai ini disebut sebagai rekening bersama yang menjadi mediator antar sipenjual dan sipembeli. Sedikit klarifikasi mengenai cara kerjanya, uang yang telah ditransfer oleh pembeli akan tertahan pada pihak mediator hingga balasannya barang hingga ke alamat pembeli. Apabila barang sudah diterima oleh sipembeli dalam kondisi yang baik, barulah uang yang ditransfer pembeli tadi akan diterima oleh penjual. Rata-rata situs jual beli online ketika ini telah memakai sistem menyerupai tersebut untuk meminimalisir tingkat penipuan.

5. Kredibilitas penjual
Saat mengunjungi sebuah situs toko online, maka janganlah kau terburu-buru untuk melaksanakan transaksi di toko tersebut. Ada baiknya kau melihat dapat dipercaya dari penjual di toko online tersebut. Kredibilitas penjual sanggup dinilai dari testimoni atau review yang diberikan oleh pembeli-pembeli yang lain yang sebelumnya sudah pernah membeli barang di toko yang bersangkutan. Bacalah dan cermati review yang diberikan oleh para pembeli, kalau banyak yang positif maka lanjutkanlah untuk bertransaksi di toko tersebut. Apabila ada review yang kurang baik, maka sebaiknya kau mencari toko online yang lain, alasannya yaitu masih banyak toko-toko online yang lain dengan menjual produk yang sama. 

6. Periksa kembali pesanan
Pastikan bahwa produk atau barang yang kau beli telah sesuai dengan keinginan, kemudian barulah lakukan proses pembayaran. Pastikan juga data diri dari akun anda telah terisi dengan benar, terutama data nama, alamat dan nomor telepon. Hal ini ditujukan semoga barang yang telah dipesan, sanggup diantar kealamat tujuan yang benar.

7. Asuransikan
Apabila kau memesan barang disitus jual beli online, biasanya barang yang dipesan akan dikirimkan melalui jasa pengiriman tertentu. Oleh alasannya yaitu itu, apabila kau berbelanja dalam jumlah yang banyak atau berbelanja produk yang mahal, sebaiknya mintalah kepada penjual untuk mengasuransikan produk tersebut selama proses pengiriman. Biasanya untuk jasa pengiriman menyerupai JNE dan Tiki sudah menyediakan opsi asuransi pada setiap pengiriman barang. Lebih baik kau mengeluarkan biaya suplemen untuk membayar biaya asuransi, semoga barang yang telah dipesan sanggup diterima dalam kondisi yang baik.

Biasanya apabila kau membeli produk yang mahal, misalkan kamera SLR dan smartphone, maka packing barang tersebut akan dibentuk dengan baik dan tentunya telah diasuransikan. Pengalaman pribadi pada ketika memesan kamera SLR di situs Lazada, kamera tersebut dipacking dengan sangat baik dengan packing kotak kayu yang tentunya akan lebih aman.

8. Simpanlah bukti transfer
Bukti transfer pembayaran sebaiknya disimpan terlebih dahulu, hal ini ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan. Transaksi yang disimpan berupa bukti pembayaran dan histori percakapan dengan penjual, hingga balasannya barang yang kau pesan tersebut hingga dialamat kau dalam kondisi yang baik. Dan jikalau terjadi kesalahan pengiriman atau penjual menyatakan kau belum melaksanakan pembayaran, maka kau sanggup memperlihatkan bukti-bukti tersebut kepada si penjual.

Sebelum berbelanja online, sebaiknya kau membaca beberapa tips di atas yah. Ini semua ditujukan demi keamanan dan kenyamanan ketika berbelanja disitus jual beli online. Mungkin sekian artikel mengenai tips kondusif belanja online yang harus kau ketahui. Semoga dengan adanya tips-tips di atas, sanggup membantu teman-teman semuanya.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com