Monday, May 22, 2017

√ Manfaat Biologi Di Bidang Sosial

Apa sajakah manfaat biologi di bidang sosial ? kok kayaknya gak ada. Apa berguru ilmu biologi itu penting?. Apa sih manfaat ilmu biologi ini ?. Nah inilah beberapa pertanyaan yang biasanya muncul ketika kita gres mengenal ilmu biologi itu.


Berikut ini beberapa manfaat biologi di bidang sosial


1. Pengecekan DNA


Pernah dengar tes DNA?. DNA itu abreviasi dari Deoxyribo Nucleic Acid yang merupakan asam nukleat sebagai kawasan penyimpanan atau yang menyimpan warta genetika seseorang. Yang nantinya sanggup menggambarkan warta ihwal warna kulit, jenis rambut serta sifat-sifat khusus seseorang.


Nah, di kehidupan sosial aneka macam masalah-masalah sosial menyerupai perselingkuhan yang mengakibatkan bayi yang lahir diduga bukan merupakan anak dari suami yang sah. Untuk mengetes kebenarannya, bisa dilakukan tes DNA ini.


Contoh lainnya penggunaan tes DNA ini yakni untuk menguak korban kriminal atau kecelakan dimana korbannya sudah sulit untuk diidentifikasi dikarenakan jenazahnya rusak. Nah, sehingga diharapkan tes DNA.


2. Membantu melestarikan lingkungan


Sebuah kelompok sosial niscaya memerlukan kawasan atau lingkungan hidup. Betul gak? nah, manfaat biologi di bidang sosial ini sanggup menunjukkan pemahanan ihwal pentingnya menjaga lingkungan. Baca juga: Biologi sebagai ilmu pengetahuan


Misalnya: menunjukkan klarifikasi kepada masyarakat bahwa sampah-sampah anorganik menyerupai plastik atau limbah sanggup mencemari sungai dan merusak habitat atau kawasan hidup organisme yang ada di dalamnya.


Apa sajakah manfaat biologi di bidang sosial  √ Manfaat Biologi di Bidang Sosial


3. Membuka lowongan usaha


Perlu kita ketahui bahwa dilema sosial yang sangat besar dikala ini yakni terkait lowongan pekerjaan sebab jumlah pekerja jauh lebih besar daripada jumlah ketersediaan pekerjaan.


Padahal dengan mengandalkan ilmu biologi yang sederhana kita sebenarnya bisa membuat lowongan pekerjaan. Masalahnya mau mencoba atau enggak? gengsi atau gak?.


Berikut beberapa diantaranya:



  • Membuka lowongan perjuangan di bidang budidaya tumbuhan hias. Misalnya budidaya bunga hias bbunga bugenvil. Kamu niscaya di sekolah Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas pernah diajarkan cara melaksanakan budidaya tumbuhan dengan cara stek?. Nah, dengan ilmu ini kau bisa menyilangkan tumbuhan bunga bugenvil yang berbeda warnanya dalam satu tanaman. Kemudian kau tempatkan bunga tersebut dalam satu pot kemudian kita bisa menjualnya.

  • Membuka lowongan perjuangan dengan melaksanakan budidaya tumbuhan singkong sayur. Nah, caranya kau cukup menanam singkong sayur dengan cara memotong batangnya kemudian ditancapkan dengan cara mata tunas menghadap ke atas. Nanti hasil daunnya bisa dijual dipenjual sayur di desamu.

  • Membuka lowongan perjuangan di bidang makanan. Misalnya yakni dengan membuat fermentasi masakan untuk membuat nata de coco, yoghurt, roti dsb.


4. Manfaat ilmu biologi di bidang sosial selanjutnya yakni sanggup dipakai untuk menata taman-taman di lingkungan sekitar. Coba bayangkan gimana jika setiap kota di Indonesia punya taman kota. Sejuk dan indah bukan? dan tentunya kegiatan sosial menyerupai refreshing, olah raga atau kumpul keluarga bisa dilakukan di sini.


Dengan mengetahui sifat tumbuhan (akar, tingkat serapan karbondioksida, habitat tumbuhan dll) kita bisa menentukan dan menanam tumbuhan yang tepat. Dengan meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan oleh tanaman, contohnya akarnya merusak bangunan, batangnya rapuh, daunnya mengganggu jalan dll.


5. Pasangan yang kesulitan memproleh anak sanggup melaksanakan aktivitas bayi tabung.


Ilmu biologi merupakan ilmu dasar yang banyak dimanfaatkan dalam ilmu cabang lainnya. Tentu, hal ini mengakibatkan ilmu biologi akan ada di cabang keilmuwan lainnya menyerupai kedokteran, kriminologi, fisika, pertanian dsb. (Baca: Sikap dan sifat ilmiah seorang peneliti)


Nah, bagaimana? apakah ada pertanyaan terkait manfaat ilmu biologi di bidang ilmu sosial ini?.



Sumber https://www.siswapedia.com