Sunday, May 21, 2017

√ Pengertian, Struktur, Ciri Dan Pola Teks Eksplanasi

Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Teks Eksplanasi – Mendengar kata eksplanasi, tentu saja kalian sering mendengar kata tersebut bukan? Apalagi teks eksplanasi merupakan salah satu teks paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.


Nah, melalui artikel ini akan kami paparkan apa dan bagaimana itu teks eksplanasi. Mari kita simak bersama-sama.


Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Teks Eksplanasi


A. Definisi atau Pengertian Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi yaitu teks yang menjelaskan atau menerengkan mengenai insiden suatu peristiwa. Apa dan bagaimana insiden itu bisa terjadi. Baik insiden yang berafiliasi dengan fenomena sosial maupun insiden yang berafiliasi dengan fenomena alam.


Baca juga: Paragraf persuasif


Teks eksplanasi merupakan adopsi dari bahasa Inggris. Yaitu dari kata explanation yang dalam bahasa Indonesia berarti “menjelaskan”. Dari istilah tersebut maka muncul definisi bahwa teks eksplanasi yaitu suatu teks yang berisikan proses pejelesan yang berafiliasi dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan.


 tentu saja kalian sering mendengar kata tersebut bukan √ Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Teks Eksplanasi


Jadi, jelaslah sudah bahwa teks eksplanasi memang dikaitkan dengan banyak sekali tanda-tanda yang terjadi dalam hidup insan dari segala aspek melalui klarifikasi teks.


B. Struktur Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi memiliki beberapa struktur. Adanya struktur pada teks eksplanasi ini yang membentuk teks eksplanasi dibentuk secara komprehensif. Berikut beberapa struktur kebahasaan pada teks eksplanasi.


Baca: Paragraf deduktif dan induktif



  • Pernyataan umum, merupakan suatu paragraf yang menyatakan klarifikasi mengenai fenomena atau insiden yang akan diterangkan pada teks tersebut. Pada tahap ini, penulis Kwa menyatakan pendapat umum, menawarkan sedikit citra mengenai suatu fenomena tersebut, atau dengan kata lain memperkenalkan jenis fenomena yang akan dibahas.

  • Penjelas, pada tahap ini tulisannya akan mendetailkan beberapa hal yaitu balasan dari sejumlah pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” insiden tersebut bisa terjadi. Biasanya pada kepingan ini penjelasannya lebih banyak atau lebih dari dua, tiga, empat paragraf.

  • Interpretasi, yang dimaksud dengan interpretasi yaitu sebuah pendapat yang bersifat opsional dari penulis teks mengenai insiden yang sedang dibahasnya itu. Hal tersebut bukan sebuah keharusan, akan tetapi sangat mendukung teks eksplanasi tersebut secara umum jikalau dibaca oleh orang lain.


C. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi


Ada beberapa ciri-ciri teks eksplanasi. Berikut beberapa ciri-ciri teks ekpslanasi.



  • Bersifat fokus pada hal yang umum.

  • Banyak memakai istilah ilmiah.

  • Memakai kata kerja material dan relasional, konjungsi waktu dan kausalitas.

  • Kalimatnya pasif.

  • Bertujuan untuk membenarkan bahwa sebuah insiden itu benar-benar adanya.


Untuk memahami bagaimana cara menciptakan teks eksplanasi. Perhatikanlah pola teks eksplanasi sebagai berikut.


Baca: Paragraf argumentasi


D. Contoh Teks Eksplanasi


Banjir


Banjir yaitu sebuah insiden alam dimana air meluap sampai ke daratan.


Peristiwa ini biasanya muncul di kota-kota besar menyerupai yang banyak terjadi di wilayah Jakarta, Semarang dan Padang.


Secara singkat banjir sanggup diartikan sebagai insiden meluapnya air dalam jumlah yang sangat besar dan bisa menerjang suatu daerah.


Biasanya banjir yang terjadi di kota-kota besar disebabkan lantaran meluapnya air sungai dimana kapasitas sungai sudah tidak bisa lagi menampung air dalam jumlah yang sangat besar.


Secara definisi, banjir sanggup kita artikan sebagai kondisi permukaan air yang sudah melebihi batasan normal (melebihi kapasitas atau daya tampung). Munculnya banjir di suatu wilayah bisa disebabkan oleh dua faktor pemicu, yakni:



  1. Dikarenakan adanya faktor alam. Faktor alam ini yaitu terjadinya curah hujan yang sangat tinggi pada suatu daerah, atau letak tempat yang lebih rendah dari permukaan laut.

  2. Dikarenakan adanya faktor manusia. Faktor insan yaitu wacana kesalahan-kesalahan insan dalam mengelola alam sehingga menawarkan imbas negatif terhadat lingkungan contohnya penebangan hutan, pengecoran tanah serta kebiasaan jelek membuang sampah sembarangan.


Kedua faktor pemicu banjir tersebut mengakibatkan air yang seharusnya mengalir secara lancar menjadi tersumbat serta meluap ke pemukiman penduduk.


Sebagai insan yang harusnya peduli mengenai bermacam-macam risiko banjir tersebut sudah semestinya dimulai gerakan untuk menggalakkan banyak sekali aktivitas pencegah banjir. Mulai dari penghijauan, perbaikan akses air, serta yang paling penting yaitu menghilangkan kebiasaan jelek membuang sampah sembarangan. Dengan begitu, dibutuhkan banjir tidak Kwa melanda pemukiman warga lagi.


Nah, kiprah kalian kini harus menciptakan teks eksplanasi. Buatlah teks eksplanasi dengan memperhatikan uraian menyerupai yang sudah dijelaskan di atas. Jika ada pertanyaan terkait Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Teks Eksplanasi di tulis di bawah ini.



Sumber https://www.siswapedia.com