Tuesday, May 9, 2017

√ Review 4 Kta Bank Online 2019 | Commbank, Permata, Dbs, Scb


Tidak ketinggalan fintech, bank berinisiatif memberikan cara pengajuan KTA secara online. Saya review 4 bank KTA Online 2019, yaitu Permata Mobile X, Commbank Tyme Digital, SCB, DBS Digibank. Anda sanggup melihat mana KTA bunga paling murah, proses paling simpel dan fitur – fitur bermanfaat lainnya.









Hadirnya Fintech mau tidak mau menciptakan bank terusik. Bisnis pinjaman tanpa agunan yang selama ini didominasi bank menjadi penuh tantangan dengan masuknya fintech.





Fintech memberikan keunggulan dan manfaat buat konsumen sempurna di hal – hal yang selama ini menjadi komplain utama calon peminjam atas bank, yaitu kecepatan keputusan dan persyaratan kredit.





Beberapa bank dengan cepat mencium tantangan kehadiran fintech. Mereka melihat efek kehadiran fintech, tidak hanya ketika ini, tetapi yang lebih penting efek dalam jangka panjang.





Saya perhatikan bank yang dengan sigap mengantisipasi fintech yaitu bank skala menengah. Sementara bank besar dan bank kecil tidak banyak bergerak.





Bank absurd di Indonesia juga terlihat sigap dalam membangun KTA online. Mungkin mereka mengadopsi dari negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan pinjaman online.





Mari kita lihat bank yang sudah memberikan pengajuan KTA secara online, tanpa calon konsumen perlu tiba ke kantor cabang dan khawatir dikejar-kejar marketing KTA.





#1 KTA Permata Mobile X





 bank berinisiatif memberikan cara pengajuan KTA secara online √ Review 4 KTA Bank Online 2019 | Commbank, Permata, DBS, SCB
KTA Permata Online 2019




Bank Permata mempunyai aplikasi mobile banking, yaitu Permata Mobile X. Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur pengajuan Permata KTA Online





Permata KTA Online memberikan pengalaman pengajuan pinjaman tanpa agunan yang berbeda alasannya nasabah cukup melaksanakan melalui aplikasi, tidak tiba ke kantor cabang atau menemui marketing KTA, cukup menyediakan e-KTP dan NPWP, serta mengisi aplikasi e-form yang singkat secara online dan keputusan diberikan dalam 24 jam.





Terobosan lain yaitu Permata KTA Online sanggup diajukan tanpa kartu kredit. Cukup siapkan e-KTP dan NPWP.





Persyaratan Pengajuan KTA Permata Online:





  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Domisili JABODETABEK, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Bali
  • Minimum penghasilan Rp 3.500.000
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun




Bunga di Permata KTA Online paling tinggi 1.99% flat per bulan untuk pemohon tanpa kartu kredit dan 1.69% flat per bulan untuk pemohon dengan kartu kredit.





 bank berinisiatif memberikan cara pengajuan KTA secara online √ Review 4 KTA Bank Online 2019 | Commbank, Permata, DBS, SCB
Simulasi Bunga KTA Permata




Angsuran per bulan sanggup dibaca di Simulasi Angsuran dan Bunga KTA Permata Online





Selain bunga yang lebih mahal, permohon tanpa kartu kredit hanya boleh mengajukan paling tinggi Rp 10 juta dengan dua pilihan tenor 6 dan 12 bulan.





Sementara, pemohon dengan kartu kredit boleh mengajukan hingga Rp 300 juta dengan pilihan tenor 12, 24, atau 36 bulan serta menikmati bunga terendah 0.88% untuk pinjaman diatas Rp 200 juta.





Tarif dan Biaya:





Biaya ProvisiPemohon dengan Kartu Kredit 2
atau min Rp 150 Ribu
Biaya ProvisiPemohon Tanpa Kartu Kredit 3%
atau min Rp 150 Ribu
Biaya Keterlambatan5% dari cicilan atau minimum Rp 150 Ribu
Biaya Pelunasan Dipercepat 7% dari sisa pokok terutang dan
Bunga Berjalan




Saya sudah mencoba mengajukan dan menuliskan pengalaman di “Pengajuan Permata KTA Online”.





Kesan saya, proses pengajuan KTA Permata Online cukup elok alasannya proses mudah, hanya butuh e-KTP dan NPWP, kemudian keputusan diberikan dalam 24 jam semenjak pengajuan.





#2 KTA Commbank Tyme Digital





 bank berinisiatif memberikan cara pengajuan KTA secara online √ Review 4 KTA Bank Online 2019 | Commbank, Permata, DBS, SCB
KTA Commbank Online 2019




Commbank meluncurkan KTA TymeDigital yang merupakan akomodasi kredit tanpa agunan dari Bank Commonwealth yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan eksklusif menyerupai biaya pendidikan, biaya kesehatan, pernikahan, renovasi rumah, liburan, dan kebutuhan lainnya.





Fitur Kredit Tanpa Agunan Commbank adalah:





  • Pinjaman: Rp10 juta sd Rp30 juta
  • Tenor Kredit: 12 bulan atau 18 bulan




Bunga 1.99% flat per  bulan untuk semua masa pinjaman (tenor). Angsuran per bulan sanggup lihat di simulasi cicilan KTA  Commbank.





Baca: Simulasi Angsuran KTA Commbank 2019.





Salah satu keunggulan produk ini, Commbank menyebutkan bahwa tidak ada biaya admin, biaya provisi dan biaya tahunan.





Persyaratan Pengajuan KTA Commbank:





  • Wajib mempunyai e-KTP
  • Wajib mempunyai NPWP
  • Minimum penghasilan Rp 3,500,000
  • Hanya bagi pemohon berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta dan Denpasar.




Tarif dan Biaya:





Biaya ProvisiGratis
Biaya AdminsitrasiGratis
Biaya Keterlambatan5% cicilan atau Rp 150 Ribu
Biaya Pelunasan Dipercepat 7% sisa pokok dan bunga berjalan




Selain biaya admin yang bersaing, manfaat KTA Commbank yaitu pengajuan awal cukup lewat online, tanpa perlu tiba ke cabang, dengan pengisian e-form di website Commbank dengan fields yang simpel.





KTA Commbank online mendapatkan pengajuan KTA tanpa kartu kredit alasannya tidak ada kewajiban harus memberikan dokumen kartu kredit ketika pengajuan.





Tetapi, ternyata masih ada proses kunjungan ke cabang Commbank yang harus dilakukan oleh nasabah bila pengajuan online disetujui dengan proses berikut:





  • Dalam waktu 3 hari kerja, Nasabah mendapatkan SMS dengan nama pengirim COMMBANK terkait dengan proses pengajuan pinjaman di website.
  • Nasabah yang mendapatkan SMS approve/disetujui, akan mendapatkan link yang selanjutnya diarahkan ke website KTA TymeDigital Commbank untuk proses hasil akhir. Informasi proses pengajuan pinjaman selanjutnya sanggup mengikuti arahan yang ada di website https://kta.commbank.co.id.
  • Nasabah dibutuhkan segera mendatangi TymeDigital Kiosk membawa e-KTP untuk verifikasi tahap akhir. Jika proses verifikasi tersebut berhasil, maka dilanjutkan dengan proses pembukaan rekening Bank Commonwealth (untuk nasabah baru).




#3 KTA SCB





 bank berinisiatif memberikan cara pengajuan KTA secara online √ Review 4 KTA Bank Online 2019 | Commbank, Permata, DBS, SCB
KTA SCB Online 2019




Baru gres ini saya menemukan iklan promosi KTA SCB di Instagram. Saya coba mengajukan pinjaman lewat iklan Instagram tersebut yang kemudian diarahkan ke situs Standard Chartered Bank (SCB).





Fitur KTA SCB adalah:





  • Pinjaman: Rp 5 juta sd Rp 300 juta
  • Tenor Kredit: 12 bulan sd 60 bulan




Bunga adalah: 1.29% untuk karyawan dan 1.49% untuk pengusaha.





Baca: Simulasi Angsuran dan Bunga KTA SCB 2019.





Bunga berbeda – beda pula tergantung plafon pinjaman. Bunga promosi 0.69% hanya berlaku untuk pinjaman > 150 juta sd 300 juta.





Angsuran KTA sanggup lihat di Simulasi Bunga dan Angsuran KTA SCB





Pengajuan KTA SBC dilakukan secara online di situs bank asal Inggris ini. Jumlah Plafon yang besar dengan tenor yang panjang merupakan fitur menarik dari pinjaman ini.





Pengajuan lewat online mempermudah calon konsumen untuk mengajukan kredit  karena tampilan aplikasi e-form online kta scb simpel dan simpel digunakan.





Tarif dan Biaya:





Biaya Provisi 3,5% dari pinjaman disetujui
Biaya TahunanRp150.000/tahun
Biaya KeterlambatanRp. 225.000 atau 6% cicilan
Biaya Pelunasan Dipercepat 6% sisa pokok + Rp.200.000




Persyaratan pengajuan cukup selektif, yaitu





  • Harus mempunyai Kartu kredit dengan limit min Rp 20 juta dan keanggotaan kartu kredit lebih dari 1 tahun
  • Harus mempunyai pendapatan higienis min Rp13,5 juta/bulan
  • Harus tinggal dan bekerja di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.




Dengan persyaratan ini, calon nasabah tidak sanggup mengajukan KTA tanpa kartu kredit di SCB. Bahkan punya kartu kredit belum tentu sanggup mengajukan alasannya wajib kartu kredit dengan limit tertentu.





#4 KTA DBS Online DIGIBANK





 bank berinisiatif memberikan cara pengajuan KTA secara online √ Review 4 KTA Bank Online 2019 | Commbank, Permata, DBS, SCB
KTA DBS Online Digibank 2019




Digibank yaitu aplikasi mobile banking DBS. Dalam aplikasi ini, konsumen sanggup mengajukan permohonan KTA DBS Online, dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi di Playstore atau Apple Store.





Fitur KTA DBS Online Digibank adalah:





  • Pinjaman: Rp 3 juta sd Rp 10 juta
  • Tenor kredit: 6, 12, 18, 24, 30 dan 36 bulan.




Persyaratan KTA Digibank 2019 adalah:





  • Memiliki e-KTP
  • Usia 21 tahun sd 60 tahun ketika pelunasan
  • Berdomisili/bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya
  • Minimal penghasilan kotor per bulan Rp. 3.000.000
  • Karyawan (min 1 tahun), profesional (min. 2 tahun) atau wiraswasta (min. 2 tahun)




Bunga DBS KTA Digibank cukup tinggi, yaitu 1.59 – 2.49% flat per bulan.





Baca: Simulasi Angsuran dan Bunga KTA Online DBS Digibank.





Keunggulan DBS KTA Digibank yaitu diklaim sebagai KTA instan dengan persetujuan dalam waktu 60 detik serta calon konsumen tidak perlu persyaratan kartu kredit dan cukup memberikan e-KTP.





Dalam klarifikasi di website, DBS menyebutkan bahwa tidak akan ada verifikasi telepon dalam KTA digibank alasannya “Proses pengajuan digibank Personal Loan seluruhnya dilakukan melalui Secured Web DBS and aplikasi digibank by DBS, jadi kau nggak akan dihubungi melalui telepon, kecuali pada ketika verifikasi biometric (agen DBS).





Yang perlu diperhatikan yaitu biaya admin dan biaya lain DBS KTA instan ini yang cukup tinggi dibebankan ke nasabah.





Tarif dan Biaya KTA DBS Digibank:





Biaya ProvisiRp 200,000 sd Rp 399,000
Biaya Tahunan1.75% pinjaman tahun 1; Rp 65,000 tahun ke – 2 dst.
Biaya KeterlambatanRp 150.000 – Rp 250.000 atau
6% (mana lebih tinggi)
Biaya Pelunasan Dipercepat 8% dari sisa pokok pinjaman




Mana KTA Online Terbaik





Dari bank yang ditampilkan disini, semuanya memberikan pengajuan KTA secara online, baik melalui aplikasi atau website. Pengajuan KTA secara online yaitu sebuah kemajuan besar buat perbankan alasannya selama ini bank sangat hati – hati soal kredit.





Jika dilihat secara lebih mendalam soal proses, persyaratan, bunga dan biaya, saya mengamati bahwa masing – masing bank mempunyai cara masing – masing dalam memberikan KTA Online.





  1. Ada bank yang memberikan KTA tanpa  kartu kredit, contohnya KTA Permata Online, Commbank dan Digibank. Ini sebuah kemajuan alasannya selama ini ‘momok’ masyarakat dalam pengajuan di bank yaitu persyaratan kepemilikan kartu kredit. Jika Anda lihat di Google, salah satu paling sering dicari yaitu ‘ KTA Tanpa kartu Kredit’
  2. Meskipun pengajuan online, masih ada bank yang mewajibkan calon nasabah untuk tiba ke cabang melaksanakan verifikasi eKTP untuk memastikan validitas permohonan pinjaman tanpa agunan.
  3. Saya perhatikan beberapa bank yang mendapatkan KTA Online memberikan bunga yang diatas rata-rata dibandingkan pengajuan KTA konvensional. Ini mungkin terkait persepsi bank bahwa pengajuan via online mempunyai resiko yang tinggi. Tentu saja, seiring waktu, impian kita resiko pinjaman online sanggup dikelola lebih baik, sehingga bunga KTA untuk pengajuan online sanggup lebih rendah dari pengajuan offline.
  4. Di beberapa bank, KTA online dibebankan biaya admin yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari offline. Walaupun, menariknya ada pula bank yang berani memberikan KTA online dengan gratis biaya admin. Kemajuan teknologi seharusnya menurunkan biaya operasional sehingga selayaknya biaya admin KTA online lebih murah dari offline.




Saya menciptakan perbandingan antara bank yang memberikan KTA online. Apa plus dan minus masing masing bank.





KTAKeunggulanKelemahan
CommbankKTA Tanpa Kartu Kredit
Cukup isi e-Form
Gratis Biaya Admin
Harus ke cabang validasi e-KTP
Bunga Tinggi 1.99%
Tenor max 18 bulan
PermataKTA Tanpa Kartu Kredit
Pengajuan Aplikasi
Persetujuan 24 jam
Bunga Tinggi 1.99%
Wajib NPWP
Digibank
DBS Instan
KTA Tanpa Kartu Kredit
Pengajuan Aplikasi
Persetujuan 60 detik
Biaya Admin Besar
Bunga Tinggi 2.49%
Limit max 10 juta
SCBLimit Tinggi sd 300 juta
Tenor Panjang sd 5 tahun
Kartu Kredit Limit >= 20 juta
Penghasilan min 13.5 juta




Baca Juga: Panduan KUR BRI





Kesimpulan





Inisiatif sejumlah bank meluncurkan KTA online, yaitu pengajuan pinjaman tanpa agunan secara online, baik melalui aplikasi atau website, dengan keputusan cepat dan persyaratan simpel, yaitu langkah baik untuk menjawab tantangan Fintech.





KTA online dari bank ini merupakan pelengkap pilihan buat masyarakat. Jika selama ini banyak komplain soal proses pengajuan KTA yang usang di bank, akomodasi kredit online ini memberikan pengalaman yang berbeda.





Namun, masyarakat perlu mempelajari penawaran KTA online di 2019 ini dengan cermat alasannya menurut review saya bahwa masing-masing KTA memberikan penawaran yang berbeda – beda dalam hal persyaratan, bunga dan biaya admin.








Sumber https://duwitmu.com