Friday, June 2, 2017

Karakteristik Bahari Merah Dan Fakta-Faktanya

Laut atau samudera merupakan tubuh air terbesar di Bumi. Bentuk- bentuk permukaan Bumi terdiri atas perairan dan daratan. Bahkan, jumlah daratan dan perairan pun lebih banyak perairan dimana perairan ini mencapai 2/3 bab dari Bumi. Dan tubuh air yang terbesar yaitu bahari atau samudera. Perbedaan air dengan samudera intinya yaitu luasnya. Laut cenderung lebih sempit daripada samudera, meskipun keduanya mempunyai air yang asin.


Meskipun apabila kita perhatikan samudera dan bahari bergandengan dan menyatu, namun tetap saja ada batas- batas yang mengakhirinya. Beberapa samudera yang ada di Bumi antara lain yaitu Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Samudera Arktik, Samudera Atlantik. Sementara ada pula beberapa bahari yang sangat terkenal, ibarat Laut Cina selatan, Laut Merah, Laut Hitam dan Laut Mati. Setelah beberapa waktu yang kemudian kita membahas perihal Laut Cina Selatan, kali ini kita akan membahas mengenai Laut Merah. Laut yang populer akan sejarahnya yang melegenda.


Letak Laut Merah


 jumlah daratan dan perairan pun lebih banyak perairan dimana perairan ini mencapai  Karakteristik Laut Merah dan Fakta-faktanyaLaut merah merupakan bahari yang berada di wilayah jazirah Arab. Laut Merah merupakan lautan yang bentuknya tidak terlalu luas namun cukup panjang. Laut Merah atau Laut Teberau merupakan sebuah teluk yang berada di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan dua benua yaki Benua Asia dan Benua Afrika. Jalur bahari di sebelah selatan melalui Babul Mandib dan Telk Aden, sementara di sebelah Utara terdapat Semenanjung Sinai dan juga Teruzan Suez.


Lebar bahari ini terlebar yaitu 300 km dan panjangnya mencapai 1.900 km, dengan titik terdalam mencapai 2.500 m.  Laut Merah mempunyai nama yang unik yang dihubungkan dengan sejarahnya. Namun bergotong-royong nama tersebut hanyalah penamaan saja sementara warna bahari sendiri yang merah sanggup dijelaskan secara ilmiah. Berikut ini merupakan karakteristik yang dimiliki oleh Laut Merah.


Karakteristik Laut Merah


Laut Merah yaitu salah satu bahari yang populer di dunia. Tentunya Laut Merah mempunyai kriteria khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh bahari lain. Adapun kriteria yang dimiliki oleh Laut Merah antara lain sebagai berikut:



  • Bentuk lautnya cenderung memanjang dan kurang lebar


Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh Laut Merah yakni dilihat dari bentuknya. Laut Merah ini merupakan bahari yang bentuknya cenderung memanjang, dimana lebar bahari ini hanya sekitar 300 km, sedangkan panjangnya mencapai 1.900 km. sehingga apabila dilihat dari angkasa bahari ini akan terlihat menyempit.



  • Ditumbuhi oleh beberapa spesies karang


Laut Merah juga merupakan bahari yang dihuni oleh beberapa spesies karang. Terkadang biota bahari satu inilah yang menciptakan warna bahari ini menjadi merah sehingga pada jadinya bahari ini pun disebut sebagai Laut Merah.


Nah itulah beberapa karakteristik yang menonjol yang dimiliki oleh Laut Merah. Kemudian ada fakta- fakta yang menarik yang dimiliki oleh Laut Merah. Apa sajakah fakta- fakta tersebut? Yuk kita bahas bersama.


Fakta- fakta Mengenai Laut Merah


Beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh Laut Merah antara lain sebagai berikut:



  1. Merupakan kawasan ditenggelamkannya Fir’aun yang merupakan musuh dari Nabi Musa. Hal ini didukung dengan penelitian yang menemukan sisa- sisa bangkai kereta dan juga tulang- tulang manusia.

  2. Merupakan bahari yang paling asin di dunia, dimana kadar keasinannya mencapai 40%.

  3. Merupakan bahari yang paling panas di dunia.

  4. Merupakan bahari yang arusnya paling hening di dunia

  5. Merupakan jalur perdagangan yang penting di masa lalu.


Nah itulah beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh Laut Merah. Demikianlah gosip yang sanggup kami sampaikan mengenai Laut Merah. Semoga Bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com