Friday, June 2, 2017

√ Tips Untuk Mahasiswa Baru


Tips Untuk Mahasiswa Baru - Menjadi mahasiswa gres merupakan sebuah anugerah. Itu berdasarkan saya. Memang sebagai seorang yang gres niscaya kita harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan gres kita, apalagi yang kita gres selepas dari Sekolah Menengan Atas dan ke kota maka mau tidak mau kita harus mengkondisikan diri kita untuk sanggup bertahan, penyesuaian dengan lingkungan gres kita.

Bagi mahasiswa baru mungkin akan banyak rasa di dalamnya. Rasa gembira mungkin alasannya sudah berada pada jenjang perguruan tinggi tinggi, rasa cemas terhadap mata kuliah, dosen, atau abang senior nantinya di fakultas maupun di jurusan, dan banyak sekali macam rasa yang lainnya.

Menjaga atau mewujudkan prestasi di perguruan tinggi tinggi atau kampus merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan. Harus ada langkah awal untuk memulai menetapkan prestasi apa yang akan kita ukir nantinya di perguruan tinggi tinggi. Dengan begini, maka hidup kita di perguruan tinggi tinggi akan terarah dengan baik. Oke, berikut saya berikan tips mudah, tips ringan bagi mahasiswa gres yang ingin berprestasi di perguruan tinggi tinggi.

1. Perbanyak Kenalan
Ini berdasarkan saya langkah awal sekali. Ada kalimat bijak untuk membuktikan akan pentingnya poin pertama ini. "Seribu mitra untuk masih sedikit, tapi satu musuh itu sudah banyak sekali". Berkenalan lah dengan siapa pun itu, baik antar sesama mahasiswa baru, antar mahasiswa beda jurusan dan fakultas serta berkenalan pula dengan mahasiswa yang lebih tinggi tingkatnya dengan Anda (kakak tingkat : senior maksudnya). Selain itu, Anda harus juga mengenal lokasi atau lingkungan Anda, baik itu kawasan tinggal Anda (asrama, kost, pondokan) maupun areal kampus Anda.

2. Tentukan Target semenjak Sedini Mungkin
Menentukan sasaran merupakan sebuah yang agak sulit. Tetapi akan sulit lagi kalau Anda gres memilih terget kuliah Anda sehabis usang kuliah, kelamaan. Dengan memilih sasaran dan tujuan dari awal maka Anda gotong royong sudah sanggup menfokuskan segala potensi yang Anda miliki. Ini sangat penting semoga energi Anda tetap berada pada titik yang satu semoga sanggup menembus impian dan keinginan dengan cepat. Penentuan sasaran ini harus spesifik, biasanya digunakan kaidah SMART.

3. Mulai dari kini Rubah Cara mencar ilmu Anda
Mungkin hari ini gaya mencar ilmu di ketika duduk di perguruan tinggi tinggi akan sangat jauh berbeda. Metode belajarnya pun akan sangat berbeda dengan metode mencar ilmu di masa putih abu-abu. Di perguruan tinggi tinggi memang akan sangat banyak jalan masuk gosip yang akan kita dapatkan, makanya perlu mengetahui potensi diri berupa cara mencar ilmu yang paling efektif. Di perguruan tinggi tinggi kebanyakan memakai metode mencar ilmu SCL (Student Center Learning), artinya mahasiswalah yang harus aktif dalam mencari informasi, dosen hanya bertindak sebagai fasilitator. Pokoknya, kalau Anda tidak merubah cara mencar ilmu Anda maka sanggup dipastikan Anda akan tertinggal. Jadi, sebagai langkah awal mulailah untuk mengetahui gaya mencar ilmu Anda.

Mungkin, itu sedikit share yang sanggup saya sampaikan pada artikel kali ini. Postingan selanjutntya Insya Allah akan membahas hal-hal yang mendetil lagi. Pada karenanya semoga artikel ini sanggup bermanfaat....

Sumber http://kutukuliah.blogspot.com