Istilah Presentasi itu sendiri sangat tidak gila tentunya bagi kita para pelajar. Namun terkadang kita juga galau jikalau di tanya terkait dengan apa pengertian dari presentasi itu sendiri ? Jangan khawatir, kami disini akan siap membantu kalian untuk memahami pengertian presentasi beserta manfaat dan tujuannya. Untuk lebih jelasnya, baca lanjutanya sekrang juga.
Pengertian presentasi secara umum adalah suatu kegiatan komunikasi, dimana komunikator (pengirim pesan) berbicara dan menjelaskan ihwal suatu hal di depan komunikan (penerima pesan), baik itu individu ataupun kelompok. Sifat dari presentasi itu sendiri yakni umum, artinya kegiatan tersebut sanggup dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Namun terdapat perbedaan pendapat para hebat dalam men-definisi-kan apa itu presentasi. Oleh alasannya itu kami juga menyertakan beberapa pendapat para hebat yang terkait dengan definisi presentasi.
Baca Juga :
KOMUNIKASI MASSA (Pengertian, Contoh, Karakteristik, Fungsi)
KOMUNIKASI BISNIS (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Proses)
KOMUNIKASI (Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya)
Pengertian Interaksi Sosial Lengkap dengan Contoh, Syarat
Interaksi Komunikasi Dalam Wawancara Penelitian Kualitatif
Masih terdapat banyak lagi pendapat para hebat terkait dengan definisi presentasi itu sendiri yang belum kami sematkan dalam artikel ini. hal tersebut dikarenakan kekurangan kami dalam mencari sumber atau literasinya.
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Presentasi Beserta Manfaat dan Tujuannya [Lengkap] yang kami rangkum dari banyak sekali macam literasi yang kami kemas dengan gaya bahasa pribadi. Semoga bermanfaat bagi pembuatan kiprah makalah anda dan terima kasih telah berkunjung.
Sumber http://www.galinesia.comPengertian presentasi secara umum adalah suatu kegiatan komunikasi, dimana komunikator (pengirim pesan) berbicara dan menjelaskan ihwal suatu hal di depan komunikan (penerima pesan), baik itu individu ataupun kelompok. Sifat dari presentasi itu sendiri yakni umum, artinya kegiatan tersebut sanggup dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Namun terdapat perbedaan pendapat para hebat dalam men-definisi-kan apa itu presentasi. Oleh alasannya itu kami juga menyertakan beberapa pendapat para hebat yang terkait dengan definisi presentasi.
Baca Juga :
KOMUNIKASI MASSA (Pengertian, Contoh, Karakteristik, Fungsi)
KOMUNIKASI BISNIS (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Proses)
KOMUNIKASI (Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya)
Pengertian Interaksi Sosial Lengkap dengan Contoh, Syarat
Interaksi Komunikasi Dalam Wawancara Penelitian Kualitatif
Pengertian Presentasi Menurut Para Ahli
#1. Djoko Sujono
Dosen universitas brawijaya berjulukan Djoko Sujono beropini bahwa pengertian presentasi yakni kegiatan pengrimiman pengetahuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Pendapat dia lebih menitik tekankan bahwa presentasi yakni kegiatan pengiriman pengetahuan. Berbeda dengan pendapat mahasiswa di bawah ini.#2. Dadang Wibowo
Mahasiswa asal lulusan fakultas komunikasi universitas yudharta menjelaskan bahwa presentasi yakni kegiatan informatif, educatif, persuasif, yang sanggup dipakai di banyak sekali macam kalanga, bidang, tempat, dan kapan saja. Pendapat mahasiswa tersebut agak lebih luas dari pendapat diatas. Dia menjelaskan bahwa presentasi tidak hanya bersifat educati, namun juga informatif, persuasif, dan lain sebagainya.Masih terdapat banyak lagi pendapat para hebat terkait dengan definisi presentasi itu sendiri yang belum kami sematkan dalam artikel ini. hal tersebut dikarenakan kekurangan kami dalam mencari sumber atau literasinya.
Unsur - Unsur Presentasi
Unsur-unsur pokok yang ada pada presentasi diantaranya seperti:- Moderator, yakni personal untuk mengatur jalannya kegiatan presentasi.
- Pembicara, yakni personal yang bertugas melaksanakan presentasi atau memberikan informasi kepada audience.
- Audience, yakni peserta atau pendengar dari presentasi yang di sampaikan.
- Tools atau peralatan, yakni alat-alat atau media yang dipakai dalam penyampaian presentasi.
Fungsi dan Tujuan Presentasi
Adanya sebuah komunikasi tentunya niscaya ada suatu tujuan tersendiri. Seperti contoh, dikala seseorang membutuhkan proteksi orang lain, tentunya seseorang tersebut akan berkomunikasi untuk meminta bantuan. Begitu juga dengan presentasi, Terdapat 6 tujuan utama presentasi. Tujuan - tujuan tersebut diuraikan menyerupai di bawah ini:#1. To Inform (Untuk menawarkan informasi)
Memberikan informasi tentunya merupakan hal atau tujuan yang utama dalam presentasi. Dengan berkomunikasi, seseorang akan sanggup bertukar informasi satu sama lain. Presentasi itu sendiri diperlukan, karna informasi tersebut di anggap penting untuk diketahui oleh individu atau kelompok lain. Informasi tersebut sanggup berupa ide, topik tertentu, dan lain sebagainya.#2. To Persuade (Untuk membujuk dan menyakinkan)
Presentasi yang bersifat membujuk ini umumnya dipakai oleh para marketing umumnya sales. Peresentasi dengan tujuan untuk membujuk pada umumnya memakai teknik presentasi dan gaya bahasa yang persuasif yang akan sanggup menarik perhatian dan menarik kepercayaan orang lain. Selain membujuk, tujuan presentasi juga untuk menyakinkan. Contohnya presentasi ilmiah. Pengertian presentasi ilmiah yakni kegiatan penyampaian informasi terkait dengan hasil temuai ilmiah oleh peneliti untuk meyakinkan para komunikan bahwa hasil temuannya yakni benar.#3. To Entertain (Untuk menghibur)
Selain tujuan presentasi yang informatif dan persuasif, presentasi juga bertujuan untuk menghibur. Mengapa demikian? Misalnya contoh, presentasi yang dilakukan oleh penyiar radio, Tv, dan lainnya dalam program hiburan bertujuan untuk menghibur penonton, Jika penonton merasa terhibur akan mengajak penonton yang lain, jikalau penonton semakin banyak, maka akan mengundang para pemasang iklan di tv, radio, dan lainya, yang juga sangat menguntungkan.#4. To Motivate (Untuk Memotivasi)
Kegitan memotivasi individu atau kelompok sanggup dikatakan termasuk sebagai kegiatan presentasi. Dalam sebuah program motivasi menyerupai seminar kesuksesan dan lainnya itu bertujuan untuk menawarkan informasi, pengetahuan, dan pengalaman yang akan sanggup memotivasi para komunikan (penerima informasi).#5. To Promote (Untuk mempromosikan)
Dengan presentasi, kita sanggup memperkenalkan produk yang kita mempunyai kepada para konsumen. Contonya presentasi bisnis. Pengertian presentasi bisnis yakni kegiatan penyampaian informasi ihwal seputar produk yang di miliki kepada para konsumen. Presentasi yang efektif akan sanggup dengan gampang memperkenalkan produk yang dimiliki kepada konsumen.Manfaat presentasi
Berdasarkan tujuan dari presentasi itu sendiri menyerupai yang telah dijelaskan diatas, dapat kita simpulkan bahwa kegiatan presentasi itu bernilai faktual dan sanggup menawarkan banyak manfaat. Manfaat - Manfaat dari presentasi menyerupai di bawah ini :#1. Bahan Paparan yang Terstruktur
Dengan presentasi, kegiatan komunikasi akan lebih efektif. hal tersebut dikarenakan materi yang akan dipresentasikan sudah disusun dengan terang yang dianggap akan sanggup dengan gampang untuk dipahami oleh para komunikan.#2. Media Pembantu dalam Pemaparan
Sebelumnya, pemaparan dianggap sebagai suatu hal yang membosankan, menyerupai presentasi lisan. Pengertian presentasi mulut yakni kegiatan penyampaian informasi hanya dengan memakai lisan, tidak memakai gerakan tubuh, visualisasi, dan lain sebagainya. Namun dengan adanya presentasi yang terstruktur, kegiatan pemaparan lebih menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan terdapat komponen - komponen perhiasan presentasi menyerupai proyektor, microfon, dan lain sebagainya.#3. Memunculkan Kesan Pemaparan yang Lebih Eksklusif
Dalam presentasi yang efektif, tidak sedikit perangkat atau komponen yang dipakai untuk mendukung kegiatan tersebut. Tidak sedikit biaya yang dikeluarka untuk menyiapkan komponen tersebut contohnya sewa gedung, proyektor, pembuatan materi yang menarik, dan lain sebagainya. Komponen presentasi yang lengkap akan menawarkan kesan kegiatan pemaparan lebih eksklusif.#4. Pemahaman yang lebih
Dengan adanya materi pendukung menyerupai gambar, vidio, dan audio dalam kegiatan presentasi, selain menawarkan kesan yang lebih eksklusif, namun juga akan sanggup menawarkan pemahaman yang lebih kepada para komunikan (penerima pesan). hal tersebut dikarenakan komuikan mendapatkan pesan tidak hanya dengan satu panca indra, namun lebih yang akan sanggup dengan gampang untuk memahami hal - hal yang di paparkan.Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Presentasi Beserta Manfaat dan Tujuannya [Lengkap] yang kami rangkum dari banyak sekali macam literasi yang kami kemas dengan gaya bahasa pribadi. Semoga bermanfaat bagi pembuatan kiprah makalah anda dan terima kasih telah berkunjung.