SATUAN ACARA PENYULUHAN
A. Pengkajian
1. Faktor Predisposisi
a. Tn..E berumur 47 tahun, ketika ini ia sedang menderita rematik. Tn. .E sebelumnya sudah berobat kepuskesmas.Tn..E menderita rematik sudah 7 bulan yang lalu.
Tn.E ialah suami dari Alm Ny.A Tn.E menerima penghasilan dengan bekerja sebagai tani dengan penghasilan Rp.450.000 /bulan, pengeluaran yang dikeluarkan oleh keluarga Tn.E sebesar + Rp.330.000 /bulan. Penghasilan dan pengeluaran tersebut bisa bertambah dan berkurang sesuai kebutuhan.
b. Keadaan Fisik
Dari investigasi fisik pada Tn. .E didapatkan hasil sebagai berikut :
TD : 140/80 mmHg
N : 82x/menit
R : 22x/menit
S : 360C
c. Kesiapan Belajar
d. Motivasi belajar
Motivasi belajar Tn. .E mengenai penyakit rematik cukup tinggi, Tn.E dan keluarga ingin mempelajari penyakit rematik alasannya ia ingin tahu mengenai penyebab penyakit rematik.
e. Kemampuan membaca
Tn. E bisa membaca dan menulis alasannya sekolah SD..
2. Faktor Penyuluhan
Mahasiswa yang memperlihatkan pelayanan kepada keluarga yang menderita penyakit rematik telah mempunyai keterampilan memberi penyuluhan kesehatan dengan baik dikarenakan telah sering dilakukan training untuk hal tersebut. Alat Bantu penyuluhan berupa leaflet, benda dan barang.
3. Faktor Penguat
Tn.E berpendidikan SD. Klien mau mendapatkan pelayanan yang akan diberikan oleh petugas atau pemberi pelayanan kesehatan.
B. Diagnosa Keperawatan
Ketidaksanggupan keluarga mengenal duduk perkara Rematik berafiliasi dengan kurang pengetahuan keluarga ihwal Rematik.
1. Tujuan pembelajaran
a. Tujuan umum
Setelah diberikan penyuluhan ihwal penyakit Rematik, klien dan keluarga sanggup mengetahui ihwal penyakit Rematik .
b. Tujuan khusus
Setelah dilaksanakan pendidikan kesehatan, keluarga bisa mengetahui :
1) Pengertian Rematik.
2) Penyebab Rematik
3) Tanda dan tanda-tanda Rematik.
4) Faktor penggagas Rematik
5) Penatalaksanaan dan pengobatan
6) Diet kuliner penyakit Rematik.
2. Materi belajar
a. Pengertian Rematik
b. Penyebab Rematik
c. Tanda dan tanda-tanda Rematik.
d. Faktor pencetus
e. Cara penatalaksanaan dan pengobatan Rematik.
f. Diet kuliner Penyakit Rematik.
3. Metode belajar
- Metode diskusi dan tanya jawab
- Metode ini dipakai untuk penyampaian bahan diatas
4. Alat Bantu belajar
Leaflet bersisi ihwal pengertian, penyebab, tanda dan gejala, penatalaksanaan, pengobatan rematik dan diet untuk rematik.
5. Evaluasi belajar
Evaluasi berguru akan dilakukan selama proses berguru dan pada final proses pendidikan kesehatan, cara penilaian akan dilakukan dengan memakai pertanyaan lisan, antara lain :
a. Jelaskan pengertian Rematik?
b. Sebutkan penyebab Rematik?
c. Sebutkan fakor pencetus
d. Sebutkan 3 dari 6 tanda dan tanda-tanda Rematik?
e. Sebutkan 3 dari 7 cara penatalaksanaan dan pengobatan Rematik?
f. Sebutkan diet untuk Rematik?
MATERI PENYULUHAN
A. Pengertian Rematik
Penyakit peradangan kronis yang menjadikan nyeri pada sendi
B. Penyebab
Belum diketahui
C. Pencetus
1.Infeksi
2.Alergi
3.Stress
4. Kekuatan tubuh
D. Tanda dan Gejala
1. Kaku sendi pada pagi hari
2. Nyeri gerak/ nyeri ketika ditekan pada satu sendi atau lebih
3. Bengkak pada sendi
4. Gerakan berkurang
5. Lemah/kelemahan
6. kecapaian
E. Penatalaksanaan dan pengobatan
1. Sendi yang meradang diistirahatkan
2. Periode-periode istirahat setiap hari
3. Kompres panas dan hambar bergantian
4. Latihan gerak aktif dan pasif
5. Pengobatan dengan obat Steroid
7. pembedahan
F. Diet pada penderita Rematik
1. Beras, sebanyak 5 gelas nasi
2. Daging , sebanyak 2 potong kecil
3. Telur, sebanyak 1 butir
4. Tempe , sebanyak 2 potong kecil
5. Sayuran
6. buah
7. Minyak, 1 setengah sendok makan
8. Gula pasir, 2 setengah sendok makan