Thursday, September 21, 2017

4 Ciri-Ciri Fauna Peralihan Dan Contohnya

Indonesia ialah sebuah negara kepulauan terbesar yang ada di Indonesia. dengan jumlah pulau yang kurang lebih ada 17.000 pulau memang menciptakan indonesia lebih berwarna. Tak hanya jumlah pulau saja yang banyak dan beragam. Namun, hal ini juga besar lengan berkuasa pada persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia juga beragam. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai jumlah tanaman dan fauna yang cukup banyak di dunia. Termasuk adanya beberapa fauna dan tanaman yang memang endemik khas Indonesia. suatu binatang atau tanaman sanggup dikatakan endemik apabila hanya ada di suatu tempat khusus saja, dan hanya sanggup ditemukan di lokasi tersebut.


Persebaran fauna di Indonesia dan persebaran tanaman yang ada di Indonesia ini bahu-membahu sanggup dibedakan menjadi tiga golongan besar. Penggolongan ini sendiri menurut ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh satwa-satwa tersebut. Dalam pelajaran geografi kita mengenal sebuah garis semu yang dipakai untuk memisahkan persebaran fauna di Indonesia. Garis tersebut ialah garis Wallace, nama garis wallace sendiri merupakan garis yang diambil dari nama seorang Alfred Russel Wallace (1823-1913) , seorang penjelajah, geografer, andal antropologi dan biologi dari Britania Raya. Beliaulah yang sanggup dikatakan pertama kali melaksanakan riset mengenai persebaran fauna yang ada di Indonesia ini.


Berdasarkan data penelitian yang dilakukan oleh Wallace ini sendiri ada tiga golongan besar yaitu fauna asiatis, fauna peralihan dan fauna australis. Pada dasarnya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi persebaran tanaman dan fauna di Indonesia. Hal ini sangat bekerjasama ketat dengan iklim dan struktur geografis yang membedakan ketiga daerah ini. Jika ditarik waktu lebih jauh kebelakang, maka kita akan menemukan penyebabnya pada zaman purba.


Setiap daerah tersebut mempunyai ciri khas yang berbeda-beda dan tidak sama satu lain. Jika kita melihat ciri-ciri fauna Indonesia serpihan timur akan sangat berbeda dengan ciri fauna serpihan tengah, begitu dengan dengan ciri fauna serpihan barat. Namun, justru perbedaan inilah yang menciptakan fauna di Indonesia lebih bermacam-macam dan berbeda dengan yang lain.


Kali ini kita akan memang membahas mengenai beberapa ciri-ciri fauna peralihan yang memang lebih unik dan berbeda dari yang lain. Fauna serpihan timur akan mempunyai ciri khas yang mirip atau ibarat benua australia. Sedangkan pada fauna serpihan barat akan mempunyai ciri khas yang mirip dan mendekati fauna tempat asia.


Fauna pada serpihan peralihan sendiri memang lebih menarik dan lebih unik kalau dibandingkan dengan fauna pada serpihan lain. Hal ini lah yang menjadikan aneka macam penelitian mengenai jenis-jenis fauna yang berada di serpihan peralihan. Ada beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh fauna peralihan, seperti:



  1. Satwa endemik


Fauna peralihan ialah fauna yang sanggup dikatakan tak ibarat dua serpihan lain dari persebaran fauna yang ada di Indonesia. hal ini menjadikan aneka macam fauna yang ada di serpihan peralihan merupakan satwa endemik. Bahkan tak sedikit flora dan fauna yang dilindungi di Indonesia berada di tempat peralihan atau pada serpihan tengah Indonesia. Meskipun begitu kita masih juga sanggup menemukan beberapa jenis fauna yang dipengaruhi oleh satwa dengan tipe australis dan asiatik. Salah satu satwa endemik yang masuk ke tempat serpihan tengah ini ialah Komodo.



  1. Tidak berbulu


Beberapa satwa yang khas dari tempat daerah peralihan sendiri biasanya tidak mempunyai bulu yang lebat. Beberapa jenis bahkan tidak berbulu sama sekali, mirip babi rusa yang hanya  mempunyai bulu jarang dengan jumlah sedikit.



  1. Burung khas


Pada jenis burung sendiri terdapat beberapa jenis yang sanggup dikatakan sangat khas dan berbeda dengan yang lain. Salah satu jenis burung yang hanya ada di daerah Sulawesi ialah Burung Maleo. Burung ini merupakan salah satu jenis burung yang sanggup dikatakan unik dan terancam punah. Salah satu keunikan dari burung yang satu ini ialah tubuhnya yang mempunyai ukuran kecil namun mempunyai telur yang cukup besar. Selain itu burung yang satu ini tidak terlalu tinggi tingkat reproduksinya. Hal ini lah yang menciptakan binatang ini semakin terancam.



  1. Hewan langka


Beberapa tahun belakangan ini aneka macam ditemukan binatang langka pada daerah ini. beberapa binatang tersebut ada yang telah dinyatakan punah, namun ternyata kembali ditemukan di daerah peralihan. Beberapa jenis fauna yang ditemukan tersebut kebanyakan berada di daerah perairan.


Jika membicarakan mengenai tingkat keunikan fauna yang ada di Indonesia, memang serpihan tengah ialah daerah yang sangat unik. Salah satu binatang yang cukup unik ialah babi rusa dan tapir. Kedua satwa tersebut ialah satwa orisinil yang hanya ada di Indonesia. Karena itu penjagaan terhadap tempat hidupnya menjadi sangat penting. Jika terjadi kerusakan ekosistem penunjangnya, maka akan terancam pula tingkat kehidupan dari satwa tersebut.


Itu tadi beberapa ciri-ciri fauna peralihan yang sanggup kalian ketahui. Fauna pada daerah tengah memang mempunyai keunikan yang membuatnya berbeda dari yang lain. Hal inilah yang harus dijadikan sebagai alasan utama untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan tempat fauna tersebut hidup. Semoga gosip tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com