Wednesday, October 11, 2017

√ Cara Mempercepat Pagespeed

Cara Mempercepat PageSpeed » Pada bulan juli 2018 yang kemudian google secara resmi mengumumkan kecepatan pagespeed akan menjadi faktor dalam memilih peringkat suatu website dalam pencarian mobile. tentu pengumuman google tersebut memasak kita sebagai developer website mempercepat loading blog kita biar rangking website kita tidak hilang dari SERP (kususnya untuk versi mobile).


Saya sendiri selaku pemilik situs lapaklama.com sudah memfokuskan untuk mempercepat loading blog ini sampai semaksimal mungkin. begitu juga dengan subdomain tekno.lapaklama.com yang juga saya optimalkan PageSpeed nya.


Melihat ketika ini mulai banyak pengguna perangkat mobile yang mencari isu melalui ponsel mereka. jikalau dilihat dari statistik google analytics pengunjung situs lapaklama 50% ialah pengguna perangkat mobile. padahal ini situs yang membahas seputar blogging yang seharusnya pengunjungnya ialah pengguna perangkat destop.


Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis


Melihat trafik tersebut saya sudah sanggup membayangkan bagaimana dengan situs yang membahas seputar teknologi, Pasti akan lebih banyak pengunjung yang melihat situs tersebut memakai perangkat mobile. mengingat perkembangan teknolgi ketika ini lebih gencar kearah perangkat mobile.


Oke kembali ke topik pembicaraan Cara Mempercepat PageSpeed.


PageSpeed


Melalui situs resminya google menyatakan ada 3 parameter yang mereka gunakan untuk mengukur kecepatan sebuah blog / situs. Yaitu:



  1. Chrome User Experience Report

  2. Lighthouse

  3. Pagespeed Insight


Parameter Apa Itu?


1. Chrome User Experience Report


Chrome User Experience Report ialah data yang didapatkan oleh google dari pengalaman para pengguna browser chrome.


2. Lighthouse


Lighthouse ialah tools otomatis dari Chrome Developer Tools untuk mengaudit kualitas kinerja, aksesibilitas, dll dari sebuah halaman web.


3. Pagespeed Insight


Tools yang menujukan kinerja suatu halaman pada Laporan UX Chrome, dan akan menawarkan saran terkait untuk mengoptimalkan suatu dilema yang terdapat dilaman tersebut.


Penyebab PageSpeed Lambat dan Solusinya



  1. Tidak adanya kompresi

  2. CSS dan Javascript yang tidak di minify

  3. CSS dan Javascript yang terletak di paruh atas

  4. Gambar berukuran besar

  5.  Respons server yang lambat

  6. Tidak adanya Cache Browser


Untuk memperbaiki hal-hal diatas dibutuhkan suatu keahlian kusus dalam bidang server dan coding. namun buat teman-teman yang tidak mempunyai keahlian tersebut saya mempunyai beberapa solusinya.


Solusi Mempercepat PageSpeed


1. Pilihlah server yang baik, Minimal paling tidak memakai server VPS atau Dedicated Server.


2. Aktifkan Kompresi, untuk server yang memakai enggine apache kalian sanggup menggunakan mod_deflate, kemudian untuk server enggine Nginx sanggup menggunakan ngx_http_gzip_module.


3. Minify semua CSS dan JS, Ini harus dilakukan manual dan diperlukan skill coding, untuk tools-nya bisa menggunakan minifier.org.


4. Pindahkan semua CSS dan JS ke footer. Untuk pengguna wordpress kalian sanggup memakai plugin untuk memindahkan CSS dan JS ke footer, namun sayangnya biasanya jikalau memakai plugin tidak semuanya terpindah. solusi terbaik ialah dengan memindah secara manual.


5. Aktifkan browser cache, Kamu sanggup menggunakan header Cache-Control dan ETag.


6. Kompresi gambar, Ada aneka macam tools yang sanggup kau gunakan untuk melakukan Kompresi gambar sebelum kau menambahkan pada suatu artikel. salah satu yang saya gunakan ialah tools dari compressjpeg.com.


Baca Juga: Cara Membuat Halaman Kontak WordPress


Penutup


Nah itulah panduan singkat Cara Mempercepat PageSpeed, jikalau kau sudah memilih menciptakan blog memakai wordpress maka kau sudah harus berdikari dan sanggup melakukannya sesuatu secara sendiri, alasannya ialah memperbaiki score pageSpeed wordpress lebih susah dari pada blogger.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com