Cara menciptakan daftar isi otomatis – Ketika kau akan menciptakan buku, makalah, skripsi, daftar isi ialah satu diantara komponen penting yang perlu ada.Untuk itu bagi kau yang sedang disibukkan dengan kiprah sekolah ataupun kuliah tapi resah bagaimana cara buat daftar isi yang baik dan benar, berikut dalam artikel ini saya akan mengkupas tuntas tips dan trik dalam membuatnya.
Dalam pembuatannya, cara menciptakan daftar isi di Microsoft Word ada dua cara. Yaitu membuatnya secara otomatis dan secara manual. Tapi disini saya akan memakai cara otomatis alasannya ialah perkara kini ini orang-orang menciptakan daftar isi dengan cara manual (karena belum tahu menciptakan secara otomatis ) dan itu malah membuang-buang waktu.
Jika kau menginginkan cara yang dibentuk eksklusif dari microsoftnya, kau sanggup mengunjunginya disini, tapi dalam pembahasan berdasarkan saya kurang begitu mengerti, jadi saya mencoba untuk menciptakan cara dengan versi sendiri semoga lebih mudah.
Oke eksklusif saja kita simak penjelasannya berikut ini.
Daftar Isi
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan 2016
Secara garis besar, ada dua langkah dalam pembuatannya. Langkah yang pertama yaitu menentukan judul dan subjudul mana yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Dan langkah yang kedua yaitu perintahkan Word untuk buat daftar isi berdasarkan judul dan subjudul tersebut.
#1 Menentukan Judul dan Subjudul
Dalam menciptakan daftar isi, langkah pertama yang perlu kau lakukan terlebih dahulu yaitu menentukan judul dan subjudulnya. Caranya, blok teks yang akan dijadikan judul kemudian terapkan style Heading 1.
Cara paling simpel menciptakan judul dengan style Heading 1 yaitu sebagai berikut:
Pada Microsof Word 2007, 2010, 2013 dan 2016: blok teks kemudian klik Heading 1 pada grup style di tab Home.
Terapkan Heading 1 untuk judul utama pada setiap bab. Untuk subjudulnya gunakan Heading 2, Heading 3 dan seterusnya. Jika kau ingin mengganti warna, jenis atau ukuran dari banyak sekali Heading tersebut kau sanggup mengubahkan dengan cara mengklik sajian “Modify” di setiap heading tersebut.
#2 Membuat Daftar isi
Setelah kau tentukan judul dan subjudul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi, langkah selanjutnya yaitu kita akan menciptakan daftar isi tersebut.
Berikut beberapa cara menciptakan daftar isi di Microsoft 2007, 2010, 2013 dan 2016.
*note: disini saya memakai word 2007 ya, kalau kau mempraktekkannya di word 2003 tidak sanggup dengan cara ini.
Kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka tab References kemudian klik “Table Of Content”
- Setelah muncul, pilih opsi pertama dan kedua dalam sajian tersebut. Kedua opsi tersebut bakal menciptakan daftar isi secara otomatis berdasrkan pada judul dan subjudul yang sudah kau buat sebelumnya.
- Selain dua opsi tersebut, kau juga sanggup menentukan opsi “Manual Table of Content” di bawahnya untuk menciptakan daftar isi secara manual sesuai impian kamu.
Setelah kau melaksanakan langkah-langkah di atas, kini sebuah daftar isi sudah muncul di didokumen kamu. Daftar isi tersebut akan menampilkan judul dan subjudul yang telah kau tentukan sebelumnya.
#3 Mengkustomisasi Tampilan Daftar Isi
Tentunya tidak semua orang suka dengan pengaturan default nya Microsoft Word, bukan?. Nah kalau demikian, cara selanjutnya dalam menciptakan daftar isi yaitu kita akan merubah tampilan judul, subjudul, jenis font, ukuran, jarak dan headingnya.
Selain memodifikasi hal-hal di atas semisal judul dan subjudul, kau juga sanggup mengkustomisasi tampilan daftar isinya sendiri.
Caranya yaitu (untuk Word 2007):
Klik daftar isi kemudian buka tab References >> Table of Content >> Insert Table of Content.
Setelah itu akan muncul jendel pengaturannya ibarat pada gambar di bawah ini.
Kamu sanggup merubah dari beberapa elemen daftar isi tersebut. Yaitu merubah tingkatan judul. Karena secara default nya, word akan menampilkan tiga tingkatan judul beserta subjudul di daftar isi. Kamu juga sanggup menambah dan mengurangi sesuai dengan yang kau butuhkan.
Untuk mengkustomisasi tampilan daftar isi, klik tab format, kemudian pilih format yang kau inginkan, ibarat format daftar isi classic, simple, formal, dan lainnya.
#4 Update Daftar Isi
Bagaimana sob? Sampai disini sudah sanggup kan menciptakan daftar isi yang baik dan benar? Iya harus dong, toh juga simpel kan buatnya. Hehe. Ada lagi nih tips dalam menciptakan daftar yang baik benar, yaitu mengupdate daftar isi.
Daftar isi tidak akan mengupdate otomatis ketika kau menambahkan judul dan subjudul baru. Untuk itu, kau harus mengupdate-nya secara manual dengan cara meletakkan cursor di daftar isi kemudian tekan F9. Atau kau juga sanggup mengupdate-nya dengan membuka tab References >> Update Table. Dan pastikan selalu menentukan “Update entire table”.
****
Sekian dulu pembahasan mengenai cara menciptakan daftar isi otomatis di Microsoft Word. Next time artikel akan di update lagi untuk menciptakan daftar isi secara manual. Terimakasih telah berkunjung 😀
Sumber aciknadzirah.blogspot.com