Hubungan antar negara merupakan salah satu hubungan menyerupai halnya insan dengan manusia. negara menjalin hubungan persahabatan dan juga kerjasama. Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan antar negara ialah hubungan perdagangan. Hubungan perdagangan yang melibatkan negara- negara di dunia sering disebut dengan perdagangan internasional. Perdagangan internasional dilakukan oleh negara di dunia tanpa harus melalui syarat- syarat tertentu. pada kali ini kita akan membahas lebih mengenai perdagangan internasional, mencakup pengertian, manfaat dan juga hal- hal yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.
Pengertian Perdagangan Internasional
Kita niscaya telah mengetahui bersama mengenai perdagangan. Ya, perdagangan merupakan acara jual beli. Perdagangan internasional merupakan acara jual beli (antar negara disebut dengan ekspor- impor) yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain, baik hanya dilakukan oleh dua orang maupun lebih. Perdagangan internasional merupakan acara antar negara yang bergerak dalam bidang perekonomian dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan juga mencari keuntungan. Perdagangan internasional dilakukan oleh hampir setiap negara di dunia ini. Hal ini alasannya setiap negara mustahil memenuhi semua kebutuhan rakyatnya sendiri tanpa dukungan dari negara lain. Selain itu negara melaksanakan acara perdagangan internasional juga untuk mencari laba demi menambah devisa negara.
Manfaat Perdagangan Internasional
Perdangan merupakan hal yang faktual dimana semua orang di dunia membutuhkan yang namanya jual beli. Tidak hanya insan atau individu saja, namun forum bahkan forum setingkat negara pun juga membutuhkan yang namanya jual beli. Jual beli atau perdagangan yang dilakukan oleh suatu negara dengann negara lain itu dinamakan sebagai perdangan internasional. Begitu banyak dampak faktual yang diberikan jual beli. Berikut ini merupakan dampak faktual dari jual beli atau yang biasa kita sebut sebagai manfaat perdagangan internasional:
- Memenuhi kebutihan antara negara pelaku perdagangan internasional
- Memperoleh laba bagi negara yang menjual
- Memperluas area atau pasar perdagangan
- Transfer teknologi modern
- Menambah kemakmuran rakyat suatu negara
- Menambah lapangan pekerjaan
- Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Sumber devisa negara
- Efisiensi produk
- Mencegah terjadinya krisis
- Mempererat hubungan antar negara
- Mempererat hubungan politik antar negara
Itulah beberapa manfaat dari perdagangan internasional. Perdagangan Internasional mempunyai banyak manfaat dari banyak sekali sisi, baik dari segi ekonomi, segi sosial, segi politik dan yang lain sebagainya. Bermula dari perdagangan internasional, suatu negara sanggup memulai hubungan lain yakni hubungan persahabatan, banyak sekali kerjasama internasional menyerupai kerjasama pendidikan, kerjasama militer sampai hubungan sosial antara negara yang baik.
Maka dari itulah setiap negara perlu kiranya melaksanakan perdagangan internasional biar mencapai hubungan yang baik dengan negara lain. Beberapa hal menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Faktor- faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional akan kita bahas berikut ini.
Faktor-faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional sanggup terjadi alasannya adanya banyak sekali faktor yang mendorong. Beberapa faktor merupakan faktor yang berasal dari dalam negeri, menyerupai dorongan untuk memenuhi semua kebutuhan, dan ada pula faktor-faktor yang berasal dari luar negara tersebut. Faktor- faktor ini akan sangat mempengaruhi suatu negara dalam kaitannya dengan kemauan untuk melaksanakan perdagangan.
Meskipun banyak manfaat yang akan diperoleh, namun semua negara tidak lantas merasa sukarela dan pribadi melaksanakan acara perdagangan internasional (mengingat ada syarat khusus yang harus diurus demi ketertiban). Adapun beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional antara lain:
- Dorongan untuk memenuhi kebutuhan yang ada di dalam negeri
Salah satu faktor mengapa negara mau melaksanakan perdagangan internasional ialah alasannya ingin memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Tidak dipungkiri kebutuhan insan antara satu dengan lainnya tidak sama kebutuhannya, sedangkan di suatu negara rakyatnya banyak sehingga sanggup dibayangkan kebutuhan yang dimiliki sangatlah beragam. Dengan beragamnya kebutuhan yang dimiliki oleh setiap orang, maka suatu negara mustahil akan menyediakan semuanya.
Maka dari itulah negara perlu membeli barang- barang untuk memenuhi kebutuhan dari negara lain. Hal ini biasa kita sebut sebagai ekspor impor. Ketika negara mendatangkan barang dari luar negeri maka hal itu disebut dengan impor, namun dikala negara memasarkan produk dari dalam ke luar negeri maka hal itu disebut dengan ekspor. Hal ini akan sangat membantu apabila di dalam negeri kekurangan barang yang harus didatangkan dari luar negeri.
- Perbedaan kekayaan Sumber Daya Alam
Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara juga sanggup mengakibatkan terjadinya perdagangan internasional. Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara ini pada alhasil akan menjadi komoditi dari negara ini, termasuk kekayaan alam Indonesia yang mendunia. komoditi selain untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri juga sanggup dijual di luar negeri.
Sebagai pola negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memproduksi Kopi Robusta dalam jumlah yang banyak. Sebagian dari panenan yang diperoleh disisihkan untuk dijual di dalam negeri dan untuk acara di dalam negeri. Selanjutnya ada negara tetangga yang sedang membutuhkan jenis kopi yang sama. Dengan demikian, Indonesia sanggup menjual hasil kopi robusta kepada negara yang membutuhkan tersebut, sehingga terjadilah jual beli.
- Perbedaan Selera
Perbedaan selera juga sanggup menjadi faktor- faktor yang mendorong terjadinya perdagangan sosial. Selera ini merupakan urusan pribadi setiap orang sehingga kemungkinan besar satu orang dengan yang lain mempunyai selera yang berbeda. Sebagai pola seseorang yang menyukai busana atau fashion brand luar negeri daripada di dalam negeri. Jika orang yang mempunyai selera demikian banyak, maka fashion brand luar negeri menjadi kebutuhan. Dengan demikian negara perlu untuk mendatangkan merk- brand dari luar negeri tersebut. Maka hal ini otomatis akan mendorong terjadinya hubungan perdagangan internasional antar negara.
- Perbedaan Iklim
Perbedaan iklim di setiap negara akan berakibat bagi produksi sumber daya alam yang tidak sama. Selain itu datangnya demam isu juga tidak sama. Hal ini terang akan menjadikan perdagangan internasional. Sebagai pola ialah iklim Indonesia, mengakibatkan negara kita yang banyak akan produksi rempah- rempah banyak di ekspor ke Eropa alasannya Eropa mengalami demam isu cuek sehingga orang-orangnya sangat membutuhkan rempah- rempah untuk menghangatkan badan mereka. Nah, di Indonesia tidak akan demam isu dingin, jadi rempah- rempah di Indonesia akan sangat berkhasiat bagi orang- orang yang ada di Eropa. Dengan demikian orang Eropa akan membeli rempah- rempah ke Asia dan terjadilah perdagangan internasional di antara kedua negara.
- Keinginan untuk memperluas pasar dan menmbah keuntungan
Faktor pendorong negara mau melaksanakan perdagangan internasional, salah satu tidak akan lepas dari unsur ekonomi. Salah satu faktor mengapa negara mau melaksanakan perdangangan internasional ialah untuk memperluas pasar dan juga menambah laba bagi negara tersebut. Yang namanya jual beli pastilah ada laba maupun kerugiannya, dan laba ini merupakan salah satu dari faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Dengan melebihkan ekspor daripada impor maka negara sanggup mendapatkian pemasukkan atau laba yang lebih banyak. laba maupun kerugiannya, dan laba ini merupakan salah satu dari faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan Internasional.
- Keinginan untuk memperoleh laba dan meningkatkan pendapatan negara
Keinginan suatu negara untuk memperoleh laba yang lebih banyak demi meningkatkan pendapatan negara termasuk juga ke dalam faktor- faktor yang mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional. Dengan melaksanakan perdagangan ke banyak sekali pihak, maka laba yang diperoleh negara akan semakin bertambah. Hal ini berakibat pada naiknya pendapatan negara tersebut, dengan demikian negara akan bertambah kaya seiring dengan meningkatnya pendapatan negara tersebut.
- Adanya kelebihan produk di dalam negeri
Salah satu faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional ialah adanya kelebihan produk yang ada di dalam suatu negara. Karena pemenuhan kebutuhan akan suatu barang atau produk dirasa sudah cukup, maka suatu negara sanggup mengekspor barang tersebut ke negara lain. Dengan demikian negara akan memperoleh ganti berupa keuntungan. Barang tersebut juga sanggup menjadi komoditi utama negara tersebut.
- Keinginan membuka kerjasama, hubungan politik serta lainnya
Melalui hubungan perdagangan pada alhasil akan tercipta banyak sekali hubungan baru. Keinginan menyerupai inilah yang juga fundamental suatu negara mau melaksanakan perdagangan internasional dengan negara lainnya. Hal ini sangat menguntungkan apabila kita bekerja sama dengan negara yang lebih maju dari banyak sekali sisinya.
- Terjadinya masa globalisasi
Untuk sanggup bertahan di masa globalisasi, maka suatu negara mau tak mau harus dituntut mempunyai perekonomian yang maju. Dengan demikian negara harus melaksanakan hubungan internasional, termasuk di dalamnya ialah hubungan dagang dalam perdagangan internasional.
- Ingin memperoleh dukungan dari negara lain.
Salah satu faktor yang mendorong suatu negara mau melaksanakan hubungan dagang dengan negara lain ialah biar kelak mendapat dukungan dari negara lain, khususnya negara kawan dagang dalam banyak sekali urusan. Hal ini sangat penting, terlebih bagi negara yang seringkali menuai sengketa dengan negara lainnya.
Demikianlah faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional, termasuk juga di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com