Saturday, January 13, 2018

5 Kenampakan Alam Di Jawa Timur Dan Penjelasannya

Alam Indonesia memang sangat populer akan keindahannya. Keindahan alam Indonesia memang sangat termasyur hingga ke penjuru dunia. Tidak heran bahwa di Indonesia ada berbagai turis- turis absurd dari negara lain yang sengaja menghabiskan waktu libur mereke ke Indonesia. Indonesia mempunyai sangat banyak bentang alam yang terlihat sangat indah, sehingga siapapun yang memandangnya maka tidak akan pernah bosan untuk bertandang ke Indonesia. Bentang- bentang alam yang menghiasi tanah Indonesia ini antara lain gunung dan pegunungan, bukit dan perbukitan, lembah, jurang, macam-macam laut dan ekosistem pantai, macam-macam danau, ekosistem sungai, rawa-rawa , serta lainnya. Kesemuanya ini tidak ada yang tidak indah, semuanya indah. Tidak heran mengapa sektor pariwisata di Indonesia menjadi andalan dan bahkan selalu dikembangkan sehingga selalu ramai oleh pengunjung, terutama turis asing.


Bentang Alam di Daerah-daerah Indonesia


Daerah- tempat di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke mempunyai keindahan alamnya masing- masing yang sekaligus menjadi ikon atau kelebihan tempat tersebut. Misalnya saja di Papua terdapat gunung dengan puncaknya yang mempunyai salju abadi yaitu Puncak Jaya di Pegunungan Jayawijaya dan juga bahari dengan pemandangan Indah yang sangat populer di dunia, yakni Raja Ampat. Di Pulau Bali terdapat objek wisata yang sangat banyak dan jangan pernah mewaspadai keindahannya.


Bahkan ada turis absurd yang lebih mengenal Bali daripada Indonesia alasannya yaitu saking indahnya Bali. Beberapa keindahan Bali ini terletak pada keindahan pantainya, namun ada pula beberapa objek lainnya ibarat Danau Bedugul. Selain di Papua dan Bali, semua keindahan di pulau di Indonesia ini menjadi kekayaan tersendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan wacana kenampakan alam yang ada di salah satu provinsi di Indonesia, yakni Jawa Timur. kenampakan alam di Jawa Timur ini tentunya akan terlihat indah- indah semua.


Kenampakan Alam di Jawa Timur


Kenampakan alam sendiri merupakan kenampakan yang ada di permukaan Bumi dimana kenampakan tersebut diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Beberapa kenampakan alam sendiri contohnya yaitu gunung, sungai, laut, danau, dan lain sebagainya. Jawa Timur sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia mempunyai kenampakan alam yang banyak macamnya dan semuanya indah- indah. Beberapa kenampakan alam yang ada di Jawa Timur ini contohnya gunung, sungai, pantai, goa, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui kenampakan alam di Jawa Tuimur yang lebih lengkap dan lebih rinci, berikut ini merupakan uraiannya:


1. Sungai


Alam Indonesia memang sangat populer akan keindahannya 5 Kenampakan Alam di Jawa Timur dan PenjelasannyaSungai di Indonesia memang tidak terhitung jumlahyakarena sangt banyak. Bebrapa sungai pun menghiasai kenampakan wilayah di Jawa Timur. sungai yang ada di Jawa Timur juga akan bermuara di laut. Berikut ini yaitu nama- nama  sungai yang ada di Jawa Timur, antara lain sebagai berikut:



  • Sungai Brantas

  • Bengawan Solo

  • Bengawan Madiun

  • Kali Porong

  • Sungai Maron


2. Gunung


Alam Indonesia memang sangat populer akan keindahannya 5 Kenampakan Alam di Jawa Timur dan PenjelasannyaSelain sungai, selanjutnya yaitu gunung. Gunung merupakan tonjolan yang ada di bumi yang ukurannya begitu besar. Tentunya kita sudah familiar dengan gunung. Gunung dibagi menjadi dua jenis yakni gunung aktif dan gunung tidak aktif. Gunung aktif merupakan gunung yang masih melaksanakan kegiata erupsi atau meletus. Sementara gunung yang tidak aktif merupakan gunung yang tidak sanggup erupsi. Beberapa gunung yang ada di Jawa Timur yaitu gunung aktif dan sebagian lagi yaitu gunung yang sudah tidak aktif. Beberapa gunung yang ada di Jawa Timur antara lain sebagai berikut:



  • Gunung Semeru

  • Gunung Kelud

  • Gunung Ijen

  • Gunung Bromo


Nah, itulah beberapa gunung di Jawa Timur yang menghiasai permukaan Jawa Timur sehingga tampak lebih indah.


3. Danau


Alam Indonesia memang sangat populer akan keindahannya 5 Kenampakan Alam di Jawa Timur dan PenjelasannyaJenis kenampakan alam di Jawa Timur selanjutnya yaitu danau. Danau merupakan jenis kenampakan alam yang berupa genangan air di tengah- tengah daratan. danau biasanya mempunyai pemandangan alam yang sangat indah alasannya yaitu perpaduan darat dan juga air. Beberapa danau juga terdapat di wilayah Jawa Timur. beberapa danau yang ada di Jawa Timur antara lain adalah:



  • Ranu Kumbolo

  • Ranu Pane

  • Ranu Bedali

  • Ranu Klakah


Danau- danau di Jawa Timur tersebut memang sangat populer alasannya yaitu keindahannya, diantaranya ada yang berada di atas gunung.


4. Goa


Alam Indonesia memang sangat populer akan keindahannya 5 Kenampakan Alam di Jawa Timur dan PenjelasannyaGoa yaitu salah satu keindahan alam atau kenampakan alam yang ada di Indonesia, khususnya yaitu di Jawa Timur. saking banyaknya goa yang ada di Jawa Timur, sampai- hingga kabupaten Pacitan mempunyai slogan “Kota 1001 Goa”. Adapaun beberapa goa yang ada di Jawa Timur antara lain sebagai berikut:



  • Goa Gong

  • Goa Tabuhan


Nah itulah dua goa yang sangat populer di Jawa Timur. kedua Goa tersebut berada di wilayah Kabupaten Pacitan. tak heran hingga Pacitan menyandang gelar “Kota 1001 Goa” alasannya yaitu memang banyak goa yang berada di Pacitan.


5. Pantai


Alam Indonesia memang sangat populer akan keindahannya 5 Kenampakan Alam di Jawa Timur dan PenjelasannyaSiapa yang tidak mengenal pantai? pantai merupakan batas bertemunya air dengan darat. Hampir semua tempat di Indonesia mempunyai pantai, tidak terkecuali Jawa Timur. beberapa pantai yang ada di wilayah Jawa Timur antara lain sebagai berikut:



  • Pantai Teleng Ria (Pacitan)

  • Pantai Klayar (Pacitan)

  • Pantai Balekambang (Malang)


Itulah beberapa pola kenampakan alam yang berada di Jawa Timur. Kenampakan alam selain memperindah juga sanggup menjadi tempat wisata. Selain itu, ada kenampakan alam yang unik di Jawa Timur berupa lautan lumpur panas yang berada di tempat Sidoarjo. Lumpur panas ini merupakan luapan dari dalam bumi akhir adanya acara pabrik yang gagal. Lumpur panas tersebut menjadi tragedi alam, namun tidak sedikit pula yang justru memanfaatkannya sebagai objek wisata. Semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com