Friday, January 12, 2018

√ Samsung Made In Vietnam, Orisinil Atau Palsu?


Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu? – Beberapa waktu kemudian mimin mendapati beberapa pengguna yang bertanya soal keaslian perangkatnya. Mereka mulai mewaspadai atau meragukan keaslian dari perangkatnya tersebut ketika mereka mengetahui atau membaca label “Made in (Nama Negara)” pada dus perangkatnya.


Seperti salah seorang pengguna perangkat Samsung Galaxy yang tidak mimin sebutkan namanya ini misalnya, ia sempat mengemukakan pertanyaan menyerupai berikut:


Samsung yang orisinil itu “made in” mana sih? Kok punyaku made in Vietnam ya? Itu orisinil gak?


Bagi pengguna awam, pertanyaan macam ini memang cukup sering diajukan. Tidak mengherankan alasannya pastilah mereka khawatir wacana keaslian atau mungkin kualitas produk yang telah mereka beli dan gunakan.


Nah disini, mimin akan coba untuk mengulas sedikit lebih jauh soal problem “made in” agar kau para pembaca sanggup lebih memahami arti dari kata tersebut. Kata “made in” dalam bahasa Indonesia berarti “dibuat di”, sehingga bila terdapat goresan pena semisal “Made in Vietnam” itu artinya barang tersebut dibentuk di negara Vietnam.


 Beberapa waktu kemudian mimin mendapati beberapa pengguna yang bertanya soal keaslian perangk √ Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu?


Tapi bukankah Samsung berasal dari negara Korea Selatan? Ya memang benar, tapi produk yang mereka pasarkan akan dibentuk di negara lain untuk lebih menghemat biaya produksi. Maksud kata “dibuat” disini sendiri artinya ialah diproses dan dirakit.


Sehingga bila ada kata “Made in (Nama Negara)” itu berarti perangkat tersebut diproses dan dirakit di negara yang disebutkan pada label, namun tetap berada dibawah standar dari masing-masing vendor, dalam pola ini ialah Samsung.


Jadi apakah perangkat Samsung Made in Vietnam itu asli? Bisa dikatakan demikian, alasannya semua spesifikasi komponen yang dipakai pastilah sama persis dengan standar Samsung, hanya saja proses perakitannya dilakukan di negara Vietnam.


Tidak hanya Samsung, vendor-vendor besar dari negara lain pun juga demikian termasuk BlackBerry, ASUS, Apple dengan iPhone dan lainnya. Mereka menunjuk atau menentukan kawasan (negara) tertentu untuk proses merakit perangkatnya semoga sanggup menghemat biaya produksi.


Bayangkan saja bila iPhone dirakit pribadi di Amerika, berapa banyak biaya yang mereka keluarkan hanya untuk menggaji karyawan di bab produksi? Maka jangan heran bila produk-produk kelas atas mempunyai label Made in China, Vietnam, atau bahkan mungkin Made in Indonesia. Lalu bagaimana soal kualitas?


BACA JUGA : Kenapa Sekarang Banyak Hape Made in Indonesia?


Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, spesifikasi dari materi yang dipakai pastilah sama dengan standar dari masing-masing vendor hanya saja kawasan merakitnya saja yang berbeda. Proses perakitan itu pun harus dibawah standar yang ditentukan oleh vendor sehingga seharusnya kualitas dari produk yang dihasilkan kurang lebih sama. Kaprikornus kau jangan gampang percaya dengan rumor menyerupai ini:


PRODUK YANG DIRAKIT DI NEGARA “A” LEBIH BAGUS DARIPADA PRODUK YANG DIRAKIT DI NEGARA “B”


Yah, sanggup dibilang itu hanyalah sebuah candaan, atau kerjaan orang yang mau cari sensasi aja, jadi kau tidak perlu mempercayainya. Rumor itu sudah ada sangat lama, semenjak BlackBerry masih menguasai dunia, dan disebarkan oleh alay-alay yang keranjingan BBM di masa itu.


Lebih lanjut, meskipun demikian, kau tetap harus waspada ketika membeli hape (khususnya dengan harga murah) alasannya kemungkinan barang palsu akan tetap ada. Saran dari mimin, pastikan untuk membeli smartphone dengan garansi resmi untuk memastikan keasliannya, sekaligus juga semoga lebih kondusif untuk problem garansi.


BACA JUGA : Bedanya Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor


Di Indonesia sendiri, dikala ini hampir semua produk smartphone 4G YANG DIJUAL KHUSUS UNTUK PASAR INDONESIA ialah rakitan Indonesia (made in Indonesia). Alasannya? Silakan baca goresan pena pada link yang mimin cantumkan diatas tadi.


Kalau ingin beli online, pastikan kau membeli di toko online terpercaya dan pastikan pada keterangan produk disebutkan bahwa produk tersebut ialah “Garansi Resmi” atau “Garansi Lokal” (yang artinya adalah, garansi hanya berlaku di wilayah tempatnya dijual, yaitu Indonesia). Untuk lebih memastikan lagi, silakan cek semua hal yang diperlukan, segera sehabis barang hingga kerumah.


Oke, sekian aja ya untuk goresan pena kali ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapat isu menarik lainnya. Follow juga IG kita di @techijau ya, dan subscribe akun YouTube kita. Semoga bermanfaat! 😀




Sumber aciknadzirah.blogspot.com