Thursday, March 29, 2018

√ Download Buku Pengayaan (Modul I, Ii, Iii) Madrasah Multikultural Pdf

 Madrasah yaitu institusi pendidikan Islam yang lahir dari sejarah panjang bangsa Indones √ Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf

Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf




Madrasah yaitu institusi pendidikan Islam yang lahir dari sejarah panjang bangsa Indonesia. Madrasah lahir sebagai respons para ulama dan kyai (panghulu) atas kondisi pendidikan yang memprihatinkan. Madrasah lahir sebagai wadah para intelektual yang memperjuangkan harkat dan martabat bangsa, negara, agama dan masyarakatnya, serta menyiapkan generasi-generasi yang tidak hanya berilmu, tetapi juga berakhlakul karimah, dan berwawasan global.

Madrasah sebagai institusi selalu menyesuaikan diri dengan kondisi zaman. Madrasah dengan ciri khas keislaman selalu dapat menemukan mementum untuk menjawab tantangan zaman yang semakin berat. Dunia kini dihadapkan dengan bermacam-macam duduk kasus dan harus menjawabnya untuk mewujudkan harapan global, yakni hidup tenang dan sejahtera di antara penduduk bumi, tanpa memandang suku, golongan, ras dan agama.

Tentu, mewujudkan harapan tersebut tidaklah mudah. Diperlukan perencanaan yang matang, sistematis, terukur dan sustainable (berkelanjutan). Kehidupan dunia yang selalu diganggu dan dikacaukan oleh oknum-oknum yang sengat memperebutkan kekuasaan, membuat ketidakadilan, mau menang sendiri, langsung dan berpikiran sempit, menyulut aneka macam agresi kekerasan (radikalisme), t3r0risme dan konflik yang berkepanjangan dan tak ada ujungnya.

Tentu saja, semua duduk kasus itu menjadi tanggung jawab bersama. Untuk menuntaskan duduk kasus tersebut, rasanya tidak berlebihan jikalau harus segera dimulai sekarang, tanpa menunda-nunda. Madrasah sebagai forum pendidikan juga bertanggung jawab untuk mengatasi duduk kasus tersebut, melalui jalur pendidikan. Jalur pendidikan inilah yang akan memutus mata rantai duduk kasus tersebut, yakni melalui kegiatan implementasi pendidikan multikultural.

Meskipun tidak dibunyikan bahwa “madrasah sudah multikultural”, intinya nilai-nilai universal multikultural sudah tertanam usang di madrasah. Cuman tidak semua orang menyadari akan hal tersebut. Nah, buku modul I ini, selain menyadarkan kepada kita semua bahwa madrasah sudah mempunyai potensi multikultural, juga menawarkan petunjuk untuk mengimplementasikan pendidikan multikultural di madrasah. Selamat membaca dan selamat mengimplementasikannya.

Modul II ini menawarkan landasan perihal mengapa multikulutal itu penting sebagai bentuk deradikalisasi. Deradikalisasi dalam modul II ini didasarkan pada pemahaman terhadap al-Qur’an dan hadis serta konsep-konsep ayang sering diselewengkan oleh kelompok radikal. Dalam modul II ini konsep-konsep penting itu diluruskan sehingga tidak menjadikan pemahaman yang radikal. Selamat membaca dan selamat mengimplementasikannya.

Modul III ini membeberkan perihal implikasi pemahaman al-Qur’an dan hadis yang radikal yang akan menganggu ketentraman dan kedamaian hidup dan bahkan juga menganggu stabilitas politik dan sosial. Modul II ini juga dilengkapi contoh-contoh bagaimana memahami ayat- ayat dan hadis-hadis penting yang biasanya dipakai sebagai legitimasi oleh kelompok radikal untuk melaksanakan tindakan-tindakan radikal. Dalam modul III ini, ayat-ayat dan hadis-hadis tersebut dipahami secara berbeda. Nah, buku ini, selain menyadarkan kepada kita semua bahwa madrasah sudah mempunyai potensi multikultural, juga menawarkan guide untuk mengimplementasikan pendidikan multikultural di madrasah.

Selamat membaca dan selamat mengimplementasikan-Nya.

Berikut yaitu tautan Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf:

Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf
Sumber http://www.informasiguru.com