Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK-MAK Terbaru Tahun 2019
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (A)
Jam Pelajaran : 318 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan karakter penerima didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
---|---|
1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya. | "2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, derma nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menawarkan sikap sebagai belahan dari solusi atas berbagai" permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
---|---|
1.1 Membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) yakni perintah agama | 2.1 Menunjukkan sikap kontrol diri (mujahadah an- nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah QS al-Anfal (8):72, QS al- Hujurat (49): 10 dan12 serta Hadis terkait |
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina yakni dihentikan agama | 2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan QS al-Isra’ (17):32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis terkait |
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Memberi Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir | 2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahamanal-Asmau al-Husna: Al- Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil,Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir |
1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah swt | 2.4 Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggungjawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt |
1.5 Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam | 2.5 Menunjukkan sikap berpakaian sesuai dengan syariat Islam |
1.6 Meyakini bahwa jujur yakni pedoman pokok agama | 2.6 Menunjukkan sikap jujur dalam kehidupan sehari- hari |
1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu yakni perintah Allah dan Rasul- Nya | 2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman QS at-Taubah (9): 122 dan Hadis terkait |
1.8 Meyakini al-Qur’an, Hadisdan ijtihad sebagai sumber aturan Islam | 2.8 Menunjukkan sikap nrimo dan taat beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber aturan Islam |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.9 Meyakini bahwa haji, zakat dan wakaf yakni perintah Allah sanggup memberi kemaslahatan bagi individu dan masyarakat | 2.9 Menunjukkan kepedulian sosial sebagai nasihat dari perintah haji, zakat, dan wakaf |
1.10 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah | 2.10 Bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah taktik dakwah Nabi di Makkah |
1.11 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah | 2.11 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah dan kerukunan sebagai ibrah dari sejarah taktik dakwah Nabi di Madinah |
1.12 Terbiasa membaca al- Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama | 2.12 Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS al Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59; dan QS at-Taubah (9): 105 serta Hadis yang terkait |
1.13 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan | 2.13 Bersikap toleran, rukun,dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagaiimplementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis terkait |
1.14 Meyakini adanya kitab- kitab suci Allah swt | 2.14 Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah swt |
1.15 Meyakini adanya rasul- rasul Allah swt | 2.15 Menunjukkan sikap saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah swt |
1.16 Meyakini bahwa Islam mengharus-kan umatnya untuk mempunyai sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran | 2.16 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran |
1.17 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada | 2.17 Menunjukkan sikap hormat dan patuh kepada |
orangtua dan gurusebagai kewajiban agama | orangtua dan guru sebagaiimplementasi pemahaman QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait |
1.18 Menerapkan penyelenggaraan mayat sesuai dengan ketentuan syariat Islam | 2.18 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kolaborasi dalam penyelenggaraan perawatan mayat di masyarakat |
1.19 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam | 2.19 Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah |
1.20 Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam | 2.20 Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam |
1.21 Mengakui bahwa nilai- nilai Islam sanggup mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan | 2.21 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai- nilai perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan |
1.22 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai pedoman Islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern | 2.22 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai- nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern |
1.23 Terbiasa membaca al- Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis | 2.23 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran (3): 190-191 dan 159, serta Hadisterkait |
1.24 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia | 2.24 Berbuat baik kepada sesama insan sesuai dengan perintah QS Luqman (31): 13-14 dan QS al- Baqarah (2): 83, serta Hadis terkait |
1.25 Meyakini terjadinya hari akhir | 2.25 Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.26 Meyakini adanya qadha dan qadar Allah swt | 2.26 Bersikap optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi beriman kepada qadha dan qadar Allah swt |
1.27 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari | 2.27 Berperilaku kerja keras, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari |
1.28 Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan ijab kabul menurut syariat Islam | 2.28 Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahandalam Islam |
1.29 Meyakini kebenaran ketentuan waris menurut syariat Islam | 2.29 Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam |
1.30 Meyakini kebenaran ketentuan dakwah menurut syariat Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia | 2.30 Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan membuatkan pedoman Islam |
1.31 Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia | 2.31 Menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari- hari |
1.32 Meyakini bahwa islam yakni rahmatan lil-‘alamin yang dapatmemajukan peradaban dunia | 2.32 Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam rahmatanlil-alamin sebagai pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang |
1.33 Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di dunia, sebagai bukti penyimpangan dari pedoman Islam yang benar | 2.33 Mewaspadai secara bijaksana terhadap penyimpangan pedoman Islam yang berkembang di masyarakat |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
---|---|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai belahan darikeluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional. | 4. Melaksanakan kiprah spesifik, dengan memakai alat isu dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta menuntaskan problem sederhana sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, mengakibatkan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
---|---|
3.1 Menganalisis QS al-Anfal(8):72, QS al-Hujurat (49):10 dan 12 serta Hadis wacana kontrol diri(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) | 4.1.1 Membaca QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan12, sesuai dengan kaidahtajwid dan makharijul huruf4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan12 dengan fasih dan lancar4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan QS al- Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis terkait |
3.2 Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis wacana larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina | 4.2.1 Membaca QS al-Isra’ (17):32, dan QS an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidahtajwid dan makharijul huruf4.2.2 Mendemonstrasikanhafalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar4.2.3 Menyajikan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan banyak sekali kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 |
3.3 Menganalisis makna al- Asma’u al-Husna: al- Karim, al-Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir | 4.3 Menyajikan relasi makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan sikap adil |
3.4 Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt. | 4.4 Mempresentasikan relasi makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan sikap teliti, disiplin, dan waspada |
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam | 4.5 Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam |
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari | 4.6 Melaksanakan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
3.7 Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama | 4.7 Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah QS at- Taubah (9): 122 dan Hadis |
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber aturan Islam | 4.8 Menentukan suatu aturan menurut al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber aturan Islam |
3.9 Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf | 4.9 Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf |
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah | 4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah |
3.11 Menganalisis strategi,dan keberhasilan dakwahNabi Muhammad saw diMadinah | 4.11 Mempresentasikan dan taktik dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah |
3.12 Menganalisis makna QS al-Maidah (5): 48; QS an- Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105, serta Hadis wacana taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja | 4.12.1 Membaca QS al-Maidah (5):48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf4.12.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Maidah (5): 48; QS an- Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105 denganfasih dan lancar4.12.3 Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan QS al- Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105 |
3.13 Menganalisis makna QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis wacana toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan | 4.13.1 Membaca QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf4.13.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar4.13.3 Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan QS Yunus (10):40-41 dan menghindaritindak kekerasan sesuai pesan QS Al-Maidah (5): 32 |
3.14 Menganalisis makna kepercayaan kepada kitab-kitab Allah swt | 4.14 Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah swt dengan sikap sehari- hari |
3.15 Menganalisis makna kepercayaan kepada rasul-rasul Allah swt | 4.15 Menyajikan relasi antara kepercayaan kepada rasul- rasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah |
3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran | 4.16 Menyajikan makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari |
3.17 Menganalisis sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru | 4.17 Menyajikan ketauhidan dalam beribadah serta hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait |
3.18 Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah | 4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah |
3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah | 4.19 Menyimulasikan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah |
3.20 Menganalisis prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam | 4.20 Menentukan acara perjuangan sesuai dengan prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam |
3.21 Menganalisis perkembangan peradaban | 4.21 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor- |
Islam pada masakejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah) | faktor yangmempengaruhinya pada masa kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah) |
3.22 Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) | 4.22.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)4.22.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern |
3.23 Mengevaluasi makna QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3):159, serta Hadis wacana berpikir kritis dan bersikap demokratis | 4.23.1 Membaca QS Ali Imran (3):190-191, dan QS Ali Imran(3): 159,; sesuai dengankaidah tajwid dan makharijul-huruf4.23.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, dengan lancar4.23.3 Menyajikan sikap kritis dan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran (3): 190-1914.23.4 Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan QS Ali Imran (3): 159 |
3.24 Mengevaluasi makna QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis wacana kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia | 4.24.1 Membaca QS Luqman (31):13-14 dan QS al-Baqarah(2): 83 sesuai dengan kaidahtajwid dan makharijul huruf4.24.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83dengan lancar4.24.3 Mempresentasikan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama insan sesuai pesan QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 |
3.25 Mengevaluasi makna kepercayaan kepada hari akhir | 4.25 Menyajikan sikap jujur, bertanggung jawab, dan adil |
sebagai perwujudan imankepada hari akhir | |
3.26 Mengevaluasi makna kepercayaan kepada qadha dan qadar | 4.26 Mempresentasikan makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan kepercayaan kepada qadha dan qadar Allah swt. |
3.27 Mengevaluasi sikap bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat | 4.27 Menyajikan sikap bekerja keras, jujur, bertanggung jawab, adil, dan toleransi dalam kehidupan sehari- hari yang berkembang di masyarakat sebagai wujud keimanan |
3.28 Mengevaluasi ketentuan ijab kabul dalam Islam | 4.28 Menyajikan prosesi ijab kabul dalam Islam |
3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam | 4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan |
3.30 Mengevaluasi taktik dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia | 4.30 Menyajikan prinsip-prinsip taktik dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia |
3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia | 4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
3.32 Mengevaluasi faktor- faktor kemajuan peradaban Islam di dunia | 4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia |
3.33 Mengevaluasi faktor- faktor kemunduran peradaban Islam di dunia | 4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di dunia |
Tautan Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK-MAK Terbaru Tahun 2019 yakni sebagai berikut:
Download KI-KD Mapel PAI dan Budi Pekerti SMK-MAK Terbaru Tahun 2019 Sumber http://www.informasiguru.com