Sunday, April 1, 2018

√ 10 Cara Ampuh Mengatasi Susah Tidur

Seperti halnya makan, tidur juga kebutuhan terpenting seorang manusia, sehingga susah tidur sanggup menjadi duduk kasus sangat besar.

Orang yang susah/kurang tidur akan mengalami gangguan pada aktivitasnya, pagi hari tubuh terasa kurang segar, sulit berkonsentrasi, dan rasa stres pun rentan muncul.

 tidur juga kebutuhan terpenting seorang insan √ 10 Cara Ampuh Mengatasi Susah Tidur
Susah Tidur | Photo credit: Shutterstock.com / By Marcos Mesa Sam Wordley

Gangguan tidur akan berdampak sangat jelek dalam jangka panjangnya.

Langsung saja, berikut cara ampuh mengatasi susah tidur:

1. Kurangi Penggunaan Gadget di Malam Hari

Saat memasuki awal malam merupakan waktu persiapan untuk tidur, maka kalau sanggup hindari penggunaan gadget dan alat elektronik lainnya.

Hal ini membantu Anda untuk mengurangi duduk kasus kurang tidur, serta menciptakan tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas.

Mengapa perlu membatasi penggunaan smartphone, TV, dll di malam hari? Karena cahaya yang dihasilkan dari alat-alat menyerupai itu nantinya masuk ke retina mata, hal ini kemudian membingungkan atau mengacaukan kerja otak, dimana otak kesulitan untuk membedakan antara siang dan malam hari.

2. Hindari Makan Berat di Malam hari

Pada malam hari konsumsilah kuliner dalam jumlah moderat (sedang), hindari konsumsi kuliner dalam porsi besar. Mengambil porsi besar kuliner hanya pada siang hari saja.

Tidak disarankan makan nasi pada malam hari, jikapun ingin mengonsumsi nasi maka jangan banyak-banyak.

Makan berat pada malam hari akan bedampak jelek pada contoh tidur.

Selain itu, jikalau Anda tidur pada jam 10 malam, hendaknya makan malam pada jam 8 malam atau sebelum itu.


3. Penuhi Aktivitas Fisik

Sulit tidur di malam hari sanggup jadi sebab minimnya kegiatan fisik, khususnya olahraga. Tidur nyenyak sanggup dengan gampang diperoleh jikalau tubuh dibentuk lelah.

Banyak andal telah menjelaskan bahwa melaksanakan olahraga secara rutin menunjukkan manfaat konkret terhadap kualitas dan kenyenyakan tidur

Selain itu melaksanakan kegiatan fisik juga sanggup meredakan stres, rasa cemas dan meningkatkan mood. Dimana beberapa penyebab orang susah tidur sebab kondisi stres, cemas dan mood yang buruk.

Hormon serotonin yang diproduksi tubuh meningkat berkat melaksanakan olahraga. Keberadaan hormon serotonin akan merileks-kan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Anda sanggup melaksanakan olahraga menyerupai berlari, jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang, dll.

4. Mandi Air Hangat

Pada dasarnya mandi menjadikan tubuh lebih segar dan bersih, apapun jenis air yang dipakai (air biasa maupun hangat). Terkhusus mandi air hangat sanggup menciptakan pikiran lebih rileks lagi.

Jika tidak merepotkan, anda sanggup sesekali mandi air panas/hangat. Mandi air hangat menunjukkan rasa nyaman dan rileks. Disarankan untuk menambahkan beberapa tetes minyak lavender.

5. Kondisikan Kenyamanan Kamar

Kondisi kamar yang nyaman akan membantu tidur lebih nyenyak. Pastikan ruangan tidur dalam kondisi higienis dan wangi. Ganti secara bersiklus sarung bantal, sarung guling, sprei dan ganjal tidur.

Selain itu matikan lampu dikala ingin tidur. Hindari terlalu banyak menaruh barang di dalam kamar sebab akan menciptakan sumpek.

loading...

6. Batasi Minuman Kafein

Kopi, soda ataupun teh mengandung kafein sehingga konsumsinya perlu dibatasi. Jika Anda terlalu banyak mnum kopi maka kurangi mulai dikala ini.

Zat kafein mempunyai imbas supaya tubuh tetap terjaga, hal ini menciptakan Anda akan lebih susah untuk mengantuk.

Efek kafein juga menjadikan duduk kasus dikala Anda terbangun di malam hari, dimana akan sangat sulit untuk sanggup tidur kembali.

7. Perbaiki Pola Makan

Pilihlah real food (makanan yang sebenarnya). Hindari kuliner yang melalui proses pengolahan menyerupai digoreng, diberi pengawet, suplemen buatan, pewarna dsb.

Anda sanggup mengonsumsi kuliner sehat menyerupai buah-buahan, sayur-sayuran segar dan biji-bijian (oatmeal, dll). Hindari makan menjelang waktu tidur, jikalau terlalu kenyang akan sulit untuk tidur.

8. Renungkan Penyebab Susah Tidur Anda

Setiap orang mempunyai penyebab susah tidur yang bermacam-macam, diantaranya banya pikiran, stres berlebihan, waktu tidur tidak teratur, ritme kegiatan tidak teratur, kurang olahraga, lingkungan tidur kurang nyaman, begadang dan banyak lainnya.

Renungkan hal yang selama ini menjadi masalah, kemudian segera lakukan penyelesaiannya, jangan ditunda-tunda.

Misalnya, jikalau selama ini Anda tidak mempunyai patokan waktu tidur, maka mulai kini buatlah waktu tidur permanen, hal ini membantu Anda untuk mempunyai contoh tidur yang teratur.

9. Setting Alarm

Buatlah alarm yang mengingatkan Anda bahwa sebentar lagi waktunya tidur. Hal ini sedikit banyak akan membantu Anda untuk mempunyai contoh tidur yang teratur.

10. Tips Penting Lainnya
  • Beberapa jam sebelum tidur jangan merokok, sebab zat nikotin di dalamnya memicu Anda tetap terjaga sehingga susah tidur. Selain itu minuman alkohol menciptakan tidur gelisah.
  • Luangkan waktu sebagai transisi untuk tidur, sehingga mendekati waktu tidur maka intensitas kegiatan diturunkan. Ini penting untuk menghilangkan rasa cemas akan pekerjaan, pada dikala start tidur kondisi Anda sudah rileks.
  • Selain Anda menghindari rasa terlalu kenyang dikala tidur, hindari juga rasa lapar.Kondisikan suhu ruangan kamar yang nyaman. 
  • Perlu diketahui, ada beberapa jenis obat yang menciptakan Anda sulit tidur di malam hari, ialah obat diet, obat-obatan darah tinggi (beta-blocker, anabolic steroid, ephedrine). 
  • Jangan beli obat sembarangan, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter jikalau Anda mempunyai duduk kasus susah tidur (efek samping obat bermacam-macam).

Sumber http://www.freshbugar.com