Sunday, April 1, 2018

√ Peningkatan Kualitas Berguru Dengan Taktik Warna

 Maka proses pembelajaran bisa kita modifikasi dengan menciptakan startegi warna guna meningka √ Peningkatan Kualitas Belajar dengan Strategi Warna

Sebagaimana kita bahas pada pengaruh warna dalam pembelajaran. Maka proses pembelajaran bisa kita modifikasi dengan menciptakan startegi warna guna meningkatkan kualitas belajar.
Strategi warna menucakup mengenai :

1. Pemilihan Buku Pelajaran

Dalam pemilihan buku, kita kini ini mempunyai banyak kesempatan untuk menentukan buku apa yang sesuai dengan materi pelajaran dan tujuan pembelajaran kita. Di pasaran sudah banyak tersedia banyak sekali macam jenis dan bentuk buku yang sebagian besar sudah mempunyai warna-warni bahkan ada yang full color dengan harga yang bervariasi.

Akan tetapi permasalahan yang kadang kita hadapi pada faktanya ialah buku yang mempunyai warna full color lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Sehingga untuk mengadakan setiap siswa kita mempunyai buku tersebut terasa berat bagi kita alasannya dianggap membebankan harga yang tinggi.

Strategi dalam pemilihan buku berwarna tidak selalu mengharuskan dimiliki oleh semua siswa. Bisa saja buku disediakan oleh sekolah sehingga tidak menjadi beban terhadap siswa. Atau barangkali dimiliki oleh siswa dengan cara angsuran yang sementara dibayar oleh sekolah atau guru yang bersangkutan.

Pemilihan buku yang berwarna juga tidak mengharuskan buku yang dipilih mempunyai warna penuh (full color) pula. Paling tidak minimalnya ialah guru mempunyai satu buku yang berwarna penuh.

 Maka proses pembelajaran bisa kita modifikasi dengan menciptakan startegi warna guna meningka √ Peningkatan Kualitas Belajar dengan Strategi Warna2. Pemilihan Media Belajar

Strategi warna yang kedua ialah pemilihan media belajar. Pemilihan berarti mencari dan menentukan media mana yang sempurna dengan mengutamakan warna pada media tersebut. Di lapangan, sebagian guru merasa terbebani untuk membeli media pembelajaran alasannya faktor harga dan terbatasnya pengetahuan mengenai media belajar.

Kita ketahui bersama bahwa penyediaan media pembelajaran, seorang guru tidak mesti membeli. Banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menyediakan media pembelajaran tersebut selain membelinya, menyerupai meminjam, memodifikasi atau membuat sendiri dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru tersebut. Jikalau seorang guru memodifikasi atau menciptakan media sendiri, guru bisa mendapat materi/bahan dari internet yang kemudian dicetak dengan memakai printer warna.

3. Penggunaan Alat dan Teknologi

Jika peningkatan kualitas pembelajaran masih terkendala dengan pemilihan buku berwarna dan pemilihan media belajar, kita sebagai guru bisa mendapat alternatif untuk mengatasi problem tersebut dengan menggunakan alat dan teknologi.

Peralatan yan bisa kita gunakan diantaranya ialah LCD dan Proyektor. Kedua teknologi ini sebagian besar sekolah sudah mempunyai dan menjadi sebuah keperluan sekolah itu sendiri. Tantangannya ialah bagi sekolah yang belum tersedia tenaga listrik.

LCD dan Proyektor mempunyai ciri yang hampir mirip. Akan tetapi kedua teknologi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Sumber http://menofschool.blogspot.com