Thursday, May 3, 2018

√ Tutorial Pengelolaan Website Sekolah Dengan Cms Formulasi

Salah satu CMS yang dikhususkan untuk membangun website sekolah yang cukup legendaris ialah CMS Formulasi, sudah usang sekali CMS ini tidak pernah update kembali, mungkin alasannya ialah developernya sudah pensiun, atau sedang sibuk dengan yang lainnya.

Jika anda pengguna CMS Formulasi ini dan masih belum begitu paham cara mengelola website sekolahnya, silahkan anda ikuti tutorial pada artikel ini:

A. Login / Logout Area Admin

Untuk login ke halaman admin, silahkan anda tuliskan di address kafe browser anda  http://www.websekolahanda.sch.id/adminpanel maka akan tampil jendela menyerupai gambar berikut:



Silahkan Anda masukan username, password dan instruksi keamanan yang tampil pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Login, maka akan tampil ADMIN PANEL website sekolah anda.

Daftar sajian admin panel CMS Formulasi versi 2.07 dikelompokkan menjadi 5 kelompok, yaitu Beranda, Profil Sekolah, Modul Aplikasi, Plugin Premium, dan Setting. Masing-masing Menu berisi submenu yang berbeda- beda.
  1. Menu Beranda Menu Beranda Admin Panel CMS Formulasi hanya berisi submenu “Halaman Utama” dan Logout. 
  2. Menu Profil Sekolah
    Menu Profil Sekolah yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat submenu Informasi, Lokasi, Profil, Agenda dan Pengumuman. 
  3. Menu Modul Aplikasi Menu Modul Aplikasi yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat submenu Album Galeri, Berita, Buku Tamu, Guru dan Staff, Siswa, PSB Online, dan Pembelajaran. Menu Modul Aplikasi ini akan bertambah jikalau diinstall modul gres ke dalam CMS Formulasi.
  4. Menu Plugin Premium
    Menu Plugin Premium yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat daftar plugin premium CMS Formulasi. 
  5. Menu Setting
    Menu setting yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat beberapa submenu. Submenu tersebut ialah Managemen Admin, Pengaturan, Tema/Tampilan, Blok, Menu, Plugin, Modul, Yahoo Messenger, Survey, Direktori Link, Statistik, dan Backup/Restore. 

B. Cara Posting dan Edit Profil Sekolah

Salah satu sajian admin panel cms formulasi ialah Profil Sekolah. Secara umum, sajian ini berfungsi untuk menciptakan profil sekolah atau madrasah.


Berikut ini ialah hal-hal yang sanggup Anda lakukan dengan sajian Profil Sekolah:

  1. Informasi Sekolah, meliputi : nama sekolah, tahun berdiri, jenjang, nss, npsn, telp, email, nama kepala sekolah, NIP/NIY kepala sekolah, alamat sekolah, dan ganti logo 
  2. Lokasi Sekolah, melalui fitur ini Anda sanggup meletakkan lokasi sekolah menurut GMap dengan cara embed script yang diberikan oleh gmap 
  3. Profil, di dalamnya meliputi sambutan kepala sekolah, sejarah, visi misi, sarana prasarana, struktur organisasi, prestasi, ektra kurikuler dan osis 
  4. Agenda, berfungsi untuk meinginformasikan agenda acara sekolah/madrasah 
  5. Pengumuman, berfungsi untuk memberikan pengumuman kepada penerima didik atau orang tua/wali maupun masyarakat secara luas. 

Berikut referensi Edit Informasi Sekolah:

Klik Profil Sekolah - Informasi : silahkan anda isi informasi sekolah anda, sesudah selesai jangan lupa klik tombol Update. 

Edit Profil Sekolah: Klik sajian Profil, pada jendela profil anda sanggup pribadi mengedit (klik tombol edit) masing-masing informasi profil yang tersedia menyerupai sambutan kepala sekolah, sejarah dll. 



Contoh klik edit pada Sambutan Kepala Sekolah
Perhatikan gambar dibawah ini, di sajian ini anda sanggup mengedit, dan menambahkan goresan pena wacana sambutan kepala sekolah, jangan lupa klik Update jikalau sudah selesai mengedit dan menambahkan  teksnya.

Untuk menambahkan gambar kedalam area posting caranya klik ikon Image menyerupai pada gambar  berikut:

Maka akan tampil menyerupai gambar berikut, anda pilih sajian Upload-Browse dan klik tombol Send it to  the server untuk mengunggah file gambar dari komputer ke server website sekolah. 


Selanjutnya anda klik sajian Image Info, di jendela ini anda atur lebar gambar, spasi gambar dengan teks, letak gambar, kanan/ kiri, terakhir klik tombol OK.

Cara diatas sanggup anda praktikan untuk memposting berita/ artikel di website sekolah.

Cara Membuat Gallery Foto

  1. Klik sajian Modul Aplikasi 
  2. Menu Album Galeri perhatkan gambar berikut:


    Pada gambar jendela Album Galeri diatas anda sanggup menambahkan gambar-gambar sesuai kebutuhan dengan sebelumnya anda menciptakan Nama Album (Misal Kegiatan Siswa), kemudian pada galeri foto anda tambahkan foto-foto pada album Kegiatan Siswa, demikian seterusnya. 

Jasa Pembuatan Website Sekolah
Demo website sekolah yang memakai CMS Formulasi sanggup anda susukan di alamat http://web.smpn1klw.sch.id , Bagi sekolah yang berminat untuk menciptakan website sekolah dengan memakai CMS Formulasi ini, silahkan d0wnl0ad anjuran penawaran Mung Bisnis disini.

Selamat Mengelola Website Sekolah.

Sumber http://www.mrmung.com