Membuat lamaran pekerjaan memang gampang-gampang susah, simpel alasannya yakni hanya tinggal memfotokopi atau print dokument yang ada dan dibilang sulit alasannya yakni kita tidak tahu bagaimana cara penyusunan yang benar dan persyaratan apa saja yang harus dimasukan kedalam amplop coklat. Mungkin ini yakni hal yang sepele, namun ada personalia/HRD yang sangat jeli dan teliti bagaimana kerapihan penyusunan surat lamaran ini, jadi mungkin ini salah satu faktor anda tidak mendapat panggilan dari perusahaan tertentu.
Berikut ini yakni tips dari aku bagaimana cara menciptakan susunan lamaran pekerjaan yang baik dan benar ;
Baca Juga : Tips Wawancara/Interview Kerja Untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat
URUTAN YANG BENAR
Urutan yang benar menyusun persyaratan lamaran yakni mulai dari yang mempunyai ukuran kertas terkecil sampai besar, contohnya ;
- Pas foto > KTP > NPWP > Kartu Tanda Pencari Kerja dari Disnaker > Surat Keterangan sehat dari dokter > Surat Lamaran > CV/daftar riwayat hidup > Ijazah > Transkrip Nilai > SKCK > sertifikat/paklaring > dll sesuai kebutuhan
Contoh penyusunan yang benar, Kartu kuning/KTPK dari disnaker sebaiknya disusun/dipasang dengan arah vertical dengan menghadap kearah kanan |
catatan : Penyusunan harus memakai Paperclip (Penjepit kertas), jangan memakai steples/hakter
POSISI LAMARAN KETIKA DIMASUKAN KE DALAM AMPLOP
Baca Juga : Tips Wawancara/Interview Kerja Untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat
CARA MENALIKAN SIMPUL TALI LAMARAN
Jenis simpul diatas sanggup diterapkan bila anda melamar pekerjaan via kantor pos/JNE/J&T. Hal ini biar berkas didalamnya terkunci dengan berpengaruh oleh simpul tali jenis silang. |
PENULISAN NAMA, ALAMAT ASAL DAN ALAMAT PERUSAHAAN DI BAGIAN DEPAN AMPLOP LAMARAN COKLAT
Nama, Alamat, Pendidikan dan nomor handphone ditulis dipojok kiri atas amplop dengan ukuran goresan pena agak besar. Nama perusahaan dan Alamat perusahaan tujuan ditulis di bab pojok kanan bawah. |
Baca Juga : Tips Wawancara/Interview Kerja Untuk Lulusan SMA/SMK SederajatSumber http://www.hendrisetiawan.com