Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS ini dihadirkan dengan keinginan bahwa ia sanggup menjadi sarana berguru bagi para akseptor didik kelas XII sekolah menengah atas (SMA) dan Madrasah Aliyah dalam menghadapi ujian sekolah berstandar nasional mapel Sosiologi.
Contoh soal berasal dari soal ujian nasional. Dengan demikian ia dibutuhkan sanggup menjadi contoh yang valid alasannya berasal dari soal yang pernah diujikan.
Dengan mempelajari;Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS diharapkan para siswa sanggup mengasah pemahaman berguru materi Sosiologi dengan keinginan bahwa pemahaman tersebut sanggup menjadi sarana persiapan USBN yang baik.
Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS:
Berikut yaitu kutipan dari kisi-kisi Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS:
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||
---|---|---|---|
Konsep dan Objek Kajian Sosiologi | Penelitian Sosiologi | Masyarakat Multikultural, Perubahan Sosial, dan Globalisasi | |
Pemahaman danPengetahuan· Menyebutkan· Menunjukkan· Menentukan· Membedakan | Peserta didik bisa memahami danmenguasai tentang:- konsep dasar sosiologi- objek sosiologi- fungsi dan manfaat sosiologi | Peserta didik mampumemahami dan menguasai tentang:- jenis-jenis penelitian- mekanisme dan metode penelitian- pendekatan penelitian- data penelitian- teknik penelitian- kegunaan penelitian sosial | Peserta didik bisa memahamidan menguasai tentang:- masyarakat multikultural- perubahan sosial- globalisasi |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||
Level Kognitif | Konsep dan Objek Kajian Sosiologi | Penelitian Sosiologi | Masyarakat Multikultural,Perubahan Sosial, danGlobalisasi |
Aplikasi· Membandingkan· Menghubungkan· Menerapkan· Mengkategorikan· Mengidentifikasi | Peserta didik bisa mengaplikasikanpengetahuan dan pemahaman tentang:- interaksi sosial antarindividu, kelompok sosial, dan antarkelompok sosial menurut konsep dasar sosiologi- pengelompokkan sosial dalam masyarakat ditinjau dari konsep dasar sosiologi- tanda-tanda sosial seperti: nilai, norma, sosialisasi, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, diferensiasi sosial, stratifikasi sosial,kelompok sosial mobilitas sosial, dan konflik sosial dan kemudahan penyelesaiannya, dengan memakai konsep dasar sosiologi | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- topik penelitian- perumusan persoalan penelitian- rancangan penelitian (data penelitian sampel/populasi penelitian, instrumen, dan teknik analisis data penelitian) | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- aneka macam permasalahan sosial yangmuncul dalam masyarakat multikultural- prinsip-prinsip kesetaraan dalam keberagaman untuk membuat masyarakat yang harmonis- pemberdayaan komunitas melalui nilai-nilai kearifan lokaldampak perubahan sosial sebagai akibatdari globalisasi- upaya mengatasi ketimpangan sosialsebagai akhir perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi- permasalahan yang terjadi dalam masyarakat multikultural dan akibatyang ditimbulkannya (integrasi dandisintegrasi) |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||
Level Kognitif | Konsep dan Objek Kajian Sosiologi | Penelitian Sosiologi | Masyarakat Multikultural,Perubahan Sosial, danGlobalisasi |
Penalaran· Menyimpulkan· Merumuskan· Menganalisis· Membandingkan· Menginterpretasi- Memecahkan Masalah | Peserta didik bisa memakai nalardalam mengkaji:- aneka macam tanda-tanda sosial dalam memahami kekerabatan sosial di masyarakat dengan memakai konsep dasar dan objek kajian sosiologi | Peserta didik mampumenggunakan budi dalam mengkaji:- kesesuaian jenis penelitian dengan datapenelitian- pengolahan dan penelitian- interpretasi data penelitian- penyusunan laporan penelitian- aneka macam tanda-tanda sosial dengan memakai metode penelitian sosial | Peserta didik mampumenggunakan budi dalam mengkaji:- potensi terjadinya konflik dan kekerasandalam masyarakat multikultural dan carapemecahannya- gagasan mengatasi dampak perubahan sosial dan globalisasi- pemberdayaan komunitas lokal melaluinilai-nilai kearifan lokal di tengahpengaruh globalisasi |
Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS tersebut:
1. Sosiologi sanggup dipakai dalam kajian yang lebih luas, yaitu mencakup perencanaan suatu aktivitas pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari uraian tersebut, maka fungsis sosiologi dalah membantu dalam merencanakan
A. Penelitian dan kontrol sosial
B. Pembangunan dan analisis
C. Penelitian dan analisis
D. Pembangunan dan kontrol sosial
E. Pembangunan dan penelitian
3. Setiap warga dibutuhkan patuh pada hukum yang berlaku dalam masyarakat. Dari ilustrasi, fungsi norma yaitu sebagai
A. pedoman pengendalian sosial
B. Kriteria evaluasi sikap individu
C. Pedoman sikap individu
D. Pedoman bagi sikap masyarakat
E. Cara masyarakat menjatuhkan hukuman
Kepatuhan Ibu Rahmat untuk selalu meminum obat sesuai tawaran yang diberikan oleh dokter Ivan yaitu contoh interaksi sosial antara dokter dengan pasien. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi mereka adalah
A. Motivasi
B. Sugessti
C. Imitasi
D. Simpati
E. identifikasi
Seorang karyawan selalu menghindari pertemuan tatap muka dengan atasannya yang dinilia sering membuat kebijakan yang merugikan karyawan. Diam-dima karyawan tersebut mengumpulan kekuatan bersama karyawan lain yang satu pandangan dengannya untuk melaksanakan agresi protes terhadap kebijakan yang diambil perusahaan. Bentuk interaksi sosial para karyawan dari deskripsi tersebut adalah
A. Kontravensi
B. Kompetisi
C. Akomodasi
D. Konflik
E. Arbitrasi
Seorang siswa pemenang lomba hafal Al Qur'an di salah satu stasiun TV ternyata berasal dari keluarga yang dibesarkan di lingkungan pesantren di kawasan mereka dan ayahnya juga seorang yang hafal Al Qur'an. Kemenangan yang diraih siswa tersebut termasuk achieved status yang ditentukan oleh
A. Pemberian orang lain
B. Kemampuan individu
C. Proses interaksi sosial
D. Keturunan dari orang tua
E. Simpati dari masyarakat
Demikian warta mengenai