Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA
Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA ini disajikan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi sarana pembantu berguru bagi siswa SMA/MA yang akan menghadapi ujian sekolah berstandar nasional atau yang lebih sering disingkat dengan USBN.
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA ini diambil dari referensi soal ujian nasional mapel Fisika tahun 2017. Dengan demikian, ia menjadi mempunyai validitas dan prediktibilitas yang baik terhadap Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA.
Tidak ada kata lain kecuali berguru dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN ini alasannya ialah ia merupakan komponen yang sangat memilih dalam memilih kelulusan siswa SMA/MA yang bersangkutan.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA tersebut:
1. Dua buah pelat besi diukur dengan memakai jangka sorong, kesudahannya digambarkan sebagai berikut:
Selisih tebal kedua pelat besi tersebut ialah ....
A. 0,3 mm B. 0,6 mm C.- 0,7 mm D. 0,8 mm E. 1,7 mm
2. Sebuah benda mula-mula di titik A(O,O) kemudian bergerak selama 2 sekon ke titik 8(4,2).
Selanjutnya bergerak lagi selama 3 sekon ke titik C(8,6). Kecepatan rata-rata gerak benda ialah ....
A. 1 rn.
B. 1,5 m.s
C. 2 m.s
D. 2.fi. rn.s
E. 4,75 m.s
3. Sebuah kendaraan beroda empat mula-mula bergerak lurus dengan kecepatan konstan 72 km.jam"' selama 20 sekon kemudian dipercepat dengan percepatan 3 ms-2 selama l O sekon dan diperlambat dengan perlambatan 5 ms-2 hingga kendaraan beroda empat berhenti. Bentuk grafik kecepatan (v) terhaclap waktu (t) perjalanan kendaraan beroda empat tersebut ialah ....
4. Perbatikan tabel data kecepatan dari tiga benda yang bergerak lurus berikut!
Berdasarkan tabel di atas sanggup disimpulkan bahwa benda yang mengalami percepatan terbesar dalam selang waktu tertentu ialah ....
A( benda A untuk t = 2 s hingga t = 4 s
B. benda B untuk t = 2 s hingga t = 4 s
C. benda B untuk t = 4 s hingga t = 6 s
D .. benda C untuk t = 2 s hingga t = 4 s
E. benda C untuk t = 4 s hingga t = 6 s
10. Balok A dan B dengan massa masing-rnasing 8 kg dan 5 kg dihubungkan dengan tali melalui katrol menyerupai gambar. Koefisien tabrakan statis dan kinetis antara balok dengan lantai ialah 0,5 dan
0,3 (g = 10 m.s "). Balok C yang massanya 4 kg kemudian diletakkan di atas balok A maka ....
A. tegangan tali sistem menjadi lebih kecil dari semula
B. tegangan tali sistem menjadi dua kali semula
C. sistem balok menjadi membisu bernafsu
D. sistem balok bergerak dengan percepatan setengah kali semula
E. sistem balok bergerak dengan percepatan dua kali semula
12. Perhatikan gambar alat penyemprot nyamuk pada gambar di bawah ini! Ketika batang pengisap M ditekan, udara dipaksa keluar dari tabung pompa dengan kecepatan v melalui lubang pada ujungnya. P menyatakan tekanan dan v menyatakan kecepatan alir cairan obat nyamuk , maka pemyataan yang benar dari prinsip kerja penyemprot nyamuk tersebut ialah
14. Seorang penari bangun di atas lantai es licin dan berputar di tempatnya menyerupai pada gambar. Mula-mula penari tersebut berputar dengan menyi1angkan kedua tangan di dadanya (garnbar A). Kemudian penari tersebut kembali berputar sambil merentangkan kedua tangannya (gambar B). Pernyataan pada tabel di bawah ini yang benar berkaitan dengan kedua keadaan penari di atas ialah ....
15. Sebuah peluru dari senapan A ditembakkan ke balok dan bersarang di dalam balok, menjadikan balok naik setinggi bi = 40 cm (gambar 1). Balok lain yang identik ditembak peluru dari senapan B yang sama massanya, temyata menjadikan balok naik setinggi h2 = 30 cm (gambar 2). Perbandingan kecepatan peluru dari senapan Adan senapan B sesaat menumbuk balok ialah ....
19. Perhatikan 3 kejadian tumbukan pada gambar berikut
Gambar A Gambar B Gambar C
benda P massa 8 m menumbuk benda massa m yang mula-rnula diam, dengan kecepatan v
benda R massa rn bergerak dengan kecepatan v menumbuk benda S bermassa
8 m yang mula-rnula diam
benda K bermassa 8 m bergerak dengan kecepatan v menurnbuk benda R
bermassa sama yang mula-rn ula diam.
Ketiga tumbukan bersifat lenting sempurna, maka sanggup disimpulkan bahwa ....
A. kecepatan terbesar dimiliki bends Q pada garnbar A
B. kecepatan terbesar dimiliki benda Spada garnbar B
C. kecepatan terbesar dimiliki benda R pada gambar C
D. kecepatan sulit diprediksi alasannya ialah massa pada ketiga kejadian tidak sama
E. kecepatan benda yang ditumbuk pada ketiga kejadian sama
20. Balok bermassa lO kg meluncur sepanjang bidang miring A-B dan berhenti di titik C. Koefisien gesek antara balok dengan permukaan bidang B-C = 0,3. Panjang BC ialah ....
A._ 10 m
B. 35 m
C. 37 m
D. 40 m
E. 50 m
23. Sebanyak 75 gram air yang suhunya 20°C dicampurkan dengan 50 gram air yang suhunya tak diketahui. Jika suhu ak.hir carnpuran 40 °C, maka suhu air 50 gram mula-mula ialah ....
A..,. 70 °C
B. 50 °C
C 40°C
D. 30 °C
E. 20 °C
Dari tabel di atas sanggup disimpulkan bahwa ....
A. sernakin besar beban, semakin kecil pertambahan panjang B., semakin besar gaya, semakin besar pertambahan panjang C. semakin besar gaya, semakin kecil pertambahan panjang
D. konstanta pegas berbanding lurus dengan pertambahan panjang
E. konstanta pegas berbanding terbalik dengan gaya
27. Mikroskop dengan fokus lensa objektif 1 cm dan okuler 10 cm dipakai untuk mengamati sebuah benda kecil, Saat pengamatan dengan mata tanpa akomodasi, jarak lensa objektif dan okuler ialah 21 cm. Pengamatan kemudian diubah dengan mata berakomodasi maksimum (Sn= 30 cm), makajarak lensa objektif dan okuler kini ialah ....
A. 23,5 cm B. 21,0 cm C: 18,5 cm D. 15,0 cm E. 13,5 cm
Berikut kami kutipkan pula kisi-kisi Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA:
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
---|---|---|---|---|---|---|
Pengukuran dan Kinematika | Dinamika | Usaha dan Energi | Kalor | Gelombang danOptik | Listrik, Magnet,dan FisikaModern | |
Pengetahuan dan pemahaman• Mengidentifikasi• Menyebutkan• Menunjukkan• Membedakan• Mengelompokkan | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:- pengukuran- besaran fisika- vektor- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:- gaya- aturan Newton- momen gaya- momen inersia- fluida (statik dan dinamik)- gravitasi Newton- gerak harmonik sederhana | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:- usaha- energi- impuls- momentum- tumbukan- sumber energi | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:- kalor- perpindahan kalor- teori kinetik gas- termodinamika | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:- gelombang mekanik- gelombang bunyi- gelombang cahaya- gelombang elektromagnet- elastisitas- alat optik | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- induksielektromagnetik- relativitas- fisika kuantum- transmisi data- fisika inti |
- pemanasanglobal | - radioaktivitas | |||||
Aplikasi• Mengklasifikasi• Menginterpretasi• Menghitung• Mendeskripsikan• Mengurutkan• Membandingkan• Menerapkan• Memodifikasi | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:- pengukuran- vektor- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:- gaya- aturan Newton- momen gaya- momen inersia- keseimbangan benda tegar- titik berat- fluida (statik dan dinamik)- gravitasi Newton- gerak harmonik sederhana | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:- usaha- energi- impuls- momentum- tumbukan | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:- kalor- perpindahan kalor- teori kinetik gas- termodinamika | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:- gelombang mekanik- gelombang bunyi- gelombang cahaya- gelombang elektromagnet- elastisitas- alat optik- pemanasan global | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- induksi elektromagnetik- relativitas- fisika kuantum- transmisi data- fisika inti- radioaktivitas |
Penalaran• Menemukan• Menyimpulkan• Menggabungkan• Menganalisis• Menyelesaikanmasalah• Memprediksi | Peserta didikmampu memakai logika berkaitan dengan:- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didikmampu memakai logika berkaitan dengan:- aturan Newton- momen gaya- keseimbangan benda tegar | Peserta didikmampu memakai logika berkaitan dengan:- usaha- energi- impuls- momentum | Peserta didikmampu memakai logika berkaitan dengan:- kalor- perpindahan kalor | Peserta didikmampu memakai logika berkaitan dengan:- gelombang bunyi- gelombang cahaya | Peserta didikmampu memakai logika berkaitan dengan:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- induksi |
- fluida (statik dandinamik) | - tumbukan | - elastisitas- pemanasan global | elektromagnetik |
Berikut kami petikkan pula hal-hal terkait dengan USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018, khususnya mata pelajaran Fisika Peminatan IPA:
A. Mekanisme Penyusunan Soal
Peran satuan pendidikan sebagai berikut.
1. Menerima Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA USBN dari sentra (20%-25%) melalui Dinas Pendidikan
Provinsi dan Kantor Wilayah Kemenag melalui aplikasi.
2. Mengoordinir guru-guru dalam penulisan Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA USBN sebanyak 75%-80%
menurut indikator dari MGMP.
3. Menugaskan guru mata pelajaran untuk melaksanakan telaah Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPApada forum
MGMP.
4. Mengoordinir guru-guru dalam perakitan master Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN yang terdiri dari
20%-25% Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdari sentra dan 75%-80% Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAyang disusun guru dan telah ditelaah MGMP minimal 2 (dua) paket Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAterdiri atas 1 (satu) paket Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAutama dan 1 (satu) paket Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAsusulan. Dalam kondisi tertentu menyerupai terbatasnya sumberdaya guru dan/atau terbatasnya Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAyang berkualitas, perakitan Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdapat dilakukan bersama MGMP.
Peran MGMP sebagai berikut.
1. Menyusun dan menelaah indikator penyusunan Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA menurut kisi-kisi
USBN untuk seluruh mata pelajaran (daftar terlampir).
2. Menelaah Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN yang disusun oleh guru-guru dari satuan pendidikan.
B. Jumlah Butir Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdan Alokasi Waktu
1. Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN mencakup seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan pendidikan.
2. Sembilan mata pelajaran pada Kurikulum 2006 dan sepuluh mata pelajaran pada Kurikulum 2013 yang mempunyai Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdari pusat, bentuk soal, jumlah soal, dan alokasi waktu diatur sebagai berikut.
3. Untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Seni Budaya (Rupa, Musik, Tari, Teater), Prakarya dan Kewirausahaan, serta Muatan Lokal jumlah butir Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdan alokasi waktu ujian ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan.
4. Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA mata pelajaran lintas minat memakai Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA yang sama pada acara peminatan.
5. Untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (tunanetra, tunarungu, tunadaksa, dan tunalaras) waktu USBN sanggup ditambah 45 menit.
6. Kisi-kisi ujian praktik mata pelajaran lain di luar mata pelajaran Pendidikan
Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, Seni Budaya, Ketrampilan/Prakarya, menyerupai mata pelajaran Agama, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sepenuhnya disiapkan oleh satuan pendidikan mengacu pada kompetensi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
C. Penggandaan Naskah Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan
Penggandaan naskah Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.
D. Jadwal USBN
1. Jadwal USBN ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mempertimbangkan ketuntasan berguru akseptor didik.
2. Khusus USBN mata pelajaran Pendidikan Agama, serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2018 dan 26 Maret 2018 untuk ujian susulan, sedangkan untuk mata pelajaran Umum dilaksanakan pada rentang waktu antara tanggal 19 Maret hingga dengan 28 April 2018 (termasuk ujian susulan).
E. Moda Pelaksanaan USBN
USBN sanggup dilakukan dengan moda ujian berbasis kertas, ujian berbasis komputer atau kombinasi ujian berbasis komputer dan kertas. Pelaksanaan USBN berbasis komputer mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut.
1. Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN tetap harus mencakup bentuk Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPApilihan ganda dan Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAuraian;
2. Kesiapan infrastruktur;
3. Kesiapan aplikasi; dan
4. Kesiapan sumber daya.
F. Pengaturan Ruang/Tempat, Pengawas, Tata Terbit Pengawas, dan Tata Tertib
Peserta USBN
Ketentuan perihal ruang/tempat USBN, pengawas, tata tertib pengawas dan tata tertib akseptor USBN diatur pada BAB XI.
G. Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil USBN
Proses investigasi dan pengolahan hasil USBN diatur pada BAB XII.
Demikian goresan pena perihal