Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional / UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA
Contoh Soal Siap Ujian Nasional / UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA ini merupakan salah satu dari perjuangan dalam rangka menyediakan rujukan atau rujukan mencar ilmu bagi para penerima didik atau siswa kelas XII SMA/MA Peminatan IPA/MIPA dalam menghadapi ujian nasional atau UN, baik yang berbasis komputer (UNBK) maupun yang berbasis kertas dan pensil (UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 yang akan diselenggarakan pada bulan April Tahun 2018.
Ujian nasional Sekolah Menengan Atas dan MA serta yang sederajat merupakan alat penilaian mencar ilmu bagi para siswa yang tentu saja memilih kelulusan siswa yang bersangkutan. Maka dengan demikian, tidak ada kata lain bagi para siswa untuk secara serius mempersiapkannya dengan cara sebaik mungkin. Persiapan yang baik dengan cara mencar ilmu secara efektif dan efisien tentu saja akan menghipnotis hasil belajar. Hasil yang diperlukan tentu saja ialah nilai yang memuaskan. Jika tidak memperoleh hasil yang dianggap kurang memuaskan, masih ada pesan yang tersirat lain yang sanggup dipetik yaitu hasil yang terbaik berdasarkan Tuhan. Sebagai insan beriman sudah selayaknya mengetahui bahwa hasil yang terbaik ialah berdasarkan Tuhan, bukan berdasarkan manusia. Hikmah tersebut sanggup dirasakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sekali lagi bahwa berproses dengan cara mencar ilmu yang seserius mungkin ialah kata kunci yang mutlak.
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Biologi MIPA yang disajikan pada halaman ini berasal dari pola soal ujian nasional dua tahun yang lalu. Dengan demikian terdapat dua pola soal yang sanggup dijadikan rujukan. Melandaskan pada fakta pola soal siap UN ini berasal dari soal nyata yang pernah diujikan, maka pola soal pada halaman ini telah memenuhi unsur validitas atau keabsahan empirik. Konsekuensi logis dari validitas empirik tentu saja ada pada aspek prediktabilitas. Hal ini berarti bahwa pola soal yang disajikan sanggup dijadikan sandaran untuk menebak atau meramal soal kasatmata yang akan dikeluarkan. Hal ini tentu saja tidak sanggup diartikan secara denotatif. Prediktabilitas dari validitas empirik sering dipakai dalam aneka macam ilmu sosial untuk meramalkan sesuatu yang kemungkinan besar akan terjadi dengan cara ilmiah dan terukur. Salah satunya ialah aplikasi konsep terkait dalam ilmu politik dalam memprediksikan kemenangan calon penerima pilkada misalnya.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA
Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA: Contoh Soal 2016
Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA: Contoh Soal 2017
BACA JUGA CONTOH SOAL SIAP UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 LAINNYA
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Ekonomi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Sosiologi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Inggris:IPS-MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika:MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika IPS
- Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Fisika MIPA
- Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Kimia MIPA
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA tersebut:
30. Perhatikan gambar percobaan transportasi membran sel berikut!
Kentang x direndarn dalam larutan garam I%, Kentang y direndarn dalarn larutan gararn 5%,
Berdasarkan gambar tersebur, yang akan terjadi pada kentang y sehabis direndam selama 60 men it ialah ....
A. plasmolisis lantaran larutan hipotonik
B. plasmolisis lantaran larutan hipertonik
C. turgid lantaran larutan hipertonik
D. turgid lantaran la.rutan hipotonik
E. krenasi lantaran larutan hipotonik
31. Perhatikan gambar percobaan Ingenhouse berikutl
Hasil tamat dari percobaan tersebut, pada ujung corong terdapat gelernbung-gelembung udara
lantaran ....
A. terjadi pembentukan C02 yang dilakukan oleh tana.man hidrilla
B. terbentuk 02 dari proses fotosintesis yang dilakukan hidrilla
C. terbentuk gas hidrogen akhir pernecahan H20
D. adanya gas hasil respirasi tanarnan hidrilla
E. timbuJnya uap air akhir paparan cahaya matahari
32. Potongan-potongan floem wortel dikultur untuk menjadi ban yak tanarnan barn. Prinsip dasar kultur jaringan tersebut ialah ....
A. menyiapkan gen yang telab diisolasi ke dalarn sel tanaman
B. mernfusikan protoplasma 2 sel tumbuhan wortel yang diinginkan
C. mencangkokkan gen wortel yang diinginkan ke dalam tumbuhan yang diinginkan
D. rnengkulturkan sel wortel dan mencangkokkan ke tanaman
E. mengkulturkan eksplant tumbuhan wortel secara invitro dan aseptis
33. Persilangan Drosophila badan sayap panjang (AABB) dengan individu yang mempunyai warna badan abu-abu sayap pendek (aabb). Jika A dan B terpaut dan a dan b terpaut maka F1 didapatkan AaBb (tubuh hitam sayap panjang). Jumlah garnet F1 yang terbentuk adalab ....
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
E. 10
34. Berikut ini ialah pernyataan yang berafiliasi dengan asal-usul kehidupan:
1. Tirnbulnya kehidupan hanya mungkin j ika telah ada kehidupan sebelumnya.
2. Belatung tidak terbentuk dari daging yang membusuk
3. Pada atmosfer purba tidak terdapat unsur oksigen
4. Zat hidup yang paling sederhana berkembang menjadi organisme yang lebih kornpleks dalam waktu berjuta-juta tahun
Pernyataan di atas yang sesuai dengan teori Biologi modem ialah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan4
E. 3 dan 4
35. Perhatikan denah berikut!
Mutasi yang terjadi pada serpihan DNA tersebut ialah ....
A. transisi
B. inversi
C. insersi
D. translokasi
E. transversi
36. Tanaman gandum bulir banyak kulit keriput (AAbb) disilangkan dengan tumbuhan gandum bulir sedikitkulithalus (aaBB) disilangkan sesamanya didapatkan keturunan F1 bulir banyak kulit halus (Aafsb), kemudian antar F1 disilangkan dihasilkan F2. Berapa persen individu yang merniliki genotip double heterozigot (AaBb)?
A. 56,25%
B. 50%
C. 25%
D. 18,75%
E. 6,25%
39. Faktor utama yang menimbulkan penurunan populasi Biston betullaria bersayap cerah sctelah revolusi industri di Inggris ialah ....
A. warna gelap lebih adaptif dengan lingkungan
B. perubahan warna cerah menjadi gelap
C. persaingan dalam hal pangan
D. pembiasaan terhadap lingkungan
E. seleksi alam
40. Salah satu penyebab tidak terbentuknya spesies gres yang disebabkan oleh masa kawin atau kematangan garnet yang berbeda, contohnya pada Ialat buah, sanggup terjadi lantaran adanya isolasi ....
A. ekologi
B. ekspresi dominan
C. perilaku
D. mekanik
E. geografi
Berikut ialah kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA:
Level Kognitif | Lingkup Materi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan IPA-MIPA | |||
---|---|---|---|---|
Keanekaragaman Hayati dan Ekologi | Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup | Biomolekuler dan Bioteknologi | Genetika dan Evolusi | |
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai:- ciri- ciri kelompok makhluk hidup dan kiprahnya dalam kehidupan- tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) di Indonesia | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai:- struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi- struktur dan fungsi jaringan pada insan dan binatang vertebrata- sistem organ dan fungsinya- gangguan/penyakit padasistem organ manusia | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai:- struktur, fungsi, dan susunan kimia sel- susunan dan fungsi RNA, DNA, dan kromosom- metabolisme sel- prinsip bioteknologi | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai:- hukum-hukum Mendel- mutasi gen dan kromosom- teori evolusi biologi |
Aplikasi Mengklasifikasikan Menentukan Mengurutkan Meramalkan Menghitung Mengemukakan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- pemecahan problem biologi dengan kerja ilmiah- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup- daur hidup makhluk hidup (invertebrata dan tumbuhan tingkat rendah)- aliran energi dan daur materi pada ekosistem- dampak perubahan lingkungan dan tindakan perbaikannya | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- prosedur kerja sistem organ badan manusia- efek gangguan/serangan penyakit pada prosedur kerja organ | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- transpor melalui membran- sifat enzim dan kinerjanya- katabolisme dananabolisme (karbohidrat,protein, lemak)- reproduksi sel- sintesis protein- dampak bioteknologi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- persilangan berdasarkan hukumMendel- penyimpangan semu hukumMendel- hereditas pada manusia- petunjuk/bukti-bukti evolusi |
Penalaran Menyimpulkan Menganalisis Merumuskan Menemukan Mengintepretasikan | Peserta didik dapatmenggunakan logika dalam:- pengelompokan makhluk hidup dari hasil pengamatan- tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan | Peserta didik dapatmenggunakan logika dalam:- data hasil uji laboratorium klinis- percobaan faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan | Peserta didik dapatmenggunakan logika dalam:- percobaan transpor membran- percobaan kinerja enzim- prosedur katabolismedan anabolisme- prosedur bioteknologi | Peserta didik dapatmenggunakan logika dalam:- penelusuran hereditas insan berdasarkan peta silsilah- prosedur evolusi |
Demikian goresan pena perihal