Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional SD/ MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2018/ 2019 I pdf
Tidak terasa ternyata waktu 1 tahun begitu cepat berlalu, seolah gres kemarin kita dihadapkan dengan agenda tahunan berupa US (sekarang bermetamorfosis USBN) dan ternyata dalam hitungan waktu yang tidak usang lagi kembali akan menjumpai momen ujian sekolah. USBN terdiri dari 3 mapel yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan mapel IPA. Sedangkan mapel yang masuk pada kategori US (Ujian Sekolah) ada 5, diantaranya: IPS, PPKn, PJOK/ Penjaskes, SBK, dan mapel PAI.
Untuk kesempatan kali ini, contoh soal dan kunci jawab USBN jenjang SD/ MI mapel Bahasa Indonesia kami bagikan untuk adik-adik guna persiapan menghadapi USBN pada tahun pedoman ini. Harapan kami tentu supaya adik-adik kelas 6 SD/ MI terbantu dengan hadirnya contoh soal-kunci USBN Bahasa Indonesia ini dan sanggup mendapat hasil yang baik pada akhirnya.
Contoh Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018/ 2019 ini telah melalui proses penyusunan yang menerapkan asas kehati-hatian serta merupakan kompilasi dari banyak sekali macam soal US yang pernah diujikan pada tahun-tahun yang telah lalu. Dengan contoh soal yang disusun sedemikian rupa tersebut, maka ia layak untuk dijadikan sebagai salah satu pola mencar ilmu adik-adik dalam persiapan menjalani USBN pada tahun ini.
Berikut yakni tautan d0wnl0ad Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019:
Baca Juga
- Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel IPA Tahun 2019
- Soal dan Kunci Jawab Matematika Siap USBN SD Tahun 2019
- Soal dan Kunci Jawab Bahasa Indonesia USBN SD Tahun 2018/ 2019
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PJOK Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PPKn Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel IPS Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel SBdP Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PAI dan Budi Pekerti Tahun 2019 K13
Berikut kami petikkan beberapa contoh soal US/ USBN Bahasa Indonesia SD/ MI tahun 2019 file pdf tersebut:
CONTOH SOAL USBN (UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL) PLUS KUNCI JAWAB BAHASA INDONESIA SD/MI 2018
7. Perhatikan kutipan rubrik surat pembaca berikut ini!Hai Bo, apa kabar? 2) Aku baik-baik saja. 3) Bo... tolong ulas Film “The Polan Express”.
4) Menurutku, bagaimana jikalau cerpen yang dimuat diperbanyak lagi, Bo? 5) Oya, tolong bonus miniboox ihwal gambar-gambar dan data diperbanyak lagi (karena saya suka
menggambar). 6) Sekian ya, Bo. 7) Salam buat abang redaksi.
Ilham Adhia Cahya (Dhiyo)
Kelas IIIB, SDI Al Azhar 4, Jakarta Selatan
Kalimat saran dalam rubrik surat pembaca di atas terdapat pada nomor....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
8. Perhatikan cuplikan pengumuman berikut ini !
PENGUMUMAN
Sehubungan akan diadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan madrasah, maka diberitahukan kepada siswa-siswi MI Insan Mandiri untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 14 Februari 2013 pukul 07.30 hingga selesai. Sehubungan dengan program tersebut para siswa diharap membawa peralatan sapu lidi, cangkul, sabit atau alat kebersihan lainnya.
Demikian, atas perhatian para siswa, saya ucapkan terima kasih.
Karangginting, 12 Februari 2013
Kepala Madrasah,
Isi pengumuman di atas adalah...
A. MI Insan Mandiri telah mengadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan madrasah.
B. MI Insan Mandiri akan mengadakan kerja bakti membersihkan halaman dan lingkungan madrasah.
C. Para siswa wajib memperhatikan setiap ada pengumuman di madrasah.
D. Para siswa wajib membawa alat kebersihan sehubungan dengan akan ada acara bakti sosial.
Pahami paragraf berikut ini, kemudian kerjakan soal nomor 14 – 16 !
Gemar berolah raga merupakan gaya hidup sehat yang harus di biasakan semenjak usia
dini. Tujuannya yakni semoga di masa mendatang badan kita menjadi sehat dan tidak gampang
terkena penyakit. Semakin renta badan kita secara otomatis daya tahannya akan semakin
menurun. Dengan sering olah raga akan menghambat penurunan daya tahan tersebut.
14. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas yakni ...
A. Dengan sering berolahraga daya tahan badan akan menurun.
B. Kita harus gemar berolah raga semoga badan tetap sehat dan tidak simpel terjangkit penyakit.
C. Semakin renta daya tahan badan secara otomatis semakin meningkat.
D. Biasakan dengan gaya hidup sehat semoga abadi muda.
15. Semakin renta badan kita secara otomatis daya tahannya akan semakin menurun.
Arti kata yang bergaris bawah dalam kalimat di atas yakni ....
A. pribadi terjadi
B. tak sanggup dihindari
C. insiden secara tiba-tiba
D. berlangsung dengan sendirinya
16. Dengan sering olah raga akan menghambat penurunan daya tahan tersebut.
Antonim kata menghambat yakni . . . .
A. memperlancar
B. mempengaruhi
C. menyebabkan
D. menghalangi
19. Pahamilah pantun berikut !
Bunga melati semerbak nan wangi
terlihat mekar berseri di dalam taman
Hilangkanlah congkak dan iri hati
Agar banyak sahabat lagi hidup pun nyaman
Bagaimanakah pesan yang terkandung dalam pantun di atas ?
A. Kita harus bebas dari rasa congkak dan iri hati semoga dipuji teman.
B. Orang yang congkak dan iri hati,hidupnya nyaman serta banyak teman
C. Kita dilarang iri hati terhadap sahabat yang hidupnya nyaman.
D. Kaprikornus orang jangan congkak dan iri hati semoga hidup nyaman dan banyak teman
27. Perhatikan percakapan berikut!
Wiwin : “ Bu, harga buku tulis sudah naik lagi.”
Ibu : “ Bukan naik lagi, sudah melangit, Win!”
Santi : “ Harga yang naik bukan buku saja, Win! Harga apa saja kini sudah mahal!
Betul kan, Bu?”
Ibu : “ Ya, betul. Makanya kalian jangan boros! Gunakan uang sesuai kebutuhan.”
Topik percakapan di atas yakni ....
A. Harga buku yang mahal.
B. Hemat uang sebab harga buku sudah mahal.
C. Harga barang-barang sudah mahal.
D. Hemat uang sebab harga barang-barang sudah mahal.
33. Perhatikan petunjuk acak cara menciptakan jus jambu biji berikut !
(1) Siapkan blender.
(2) Masukkan steker pada stopkontak
(3) Masukkan jambu biji, gula pasir, dan air ke dalam tabung blender.
(4) Siapkan jambu biji, kupas kulitnya kemudian dibelah.
(5) Tekan tombol kecepatan yang dikehendaki
(6) Setelah halus, tuang jus ke dalam gelas.
Urutan yang sempurna cara menciptakan jus apel yakni . . . .
A. (4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(5)
B. (1)-(4)-(5)-(3)-(2)-(6)
C. (4)-(1)-(5)-(3)-(2)-(6)
D. (4)-(1)-(3)-(2)-(5)-(6)
40. Bacalah percakapan berikut!
Nadia : “ Selamat siang, Dok!”
Dokter : “ Selamat siang. Ada yang sanggup Ibu bantu?”
Nadia : “ Begini, Dok! Kami mendapat kiprah untuk mewawancarai Dokter.”
Dokter : “ .............................”
Nadia : “ Masalah penyakit polio.”
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi percakapan di atas yakni ....
A. Masalah apa yang ingin diketahui?
B. Apa yang ingin ditanyakan?
C. Tentang apa, Nad? .
D. Apa saja yang ingin ditanyakan?
49. Suatu hari Pak Ahmad sakit. Sakitnya semakin parah . . . Melihat Pak Ahmad yang keras
kepala itu, sahabatnya merasa kasihan. Dengan banyak sekali cara, ia membujuk Pak Ahmad agar
mau berobat. Pak Ahmad karenanya mau berobat ke dokter.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi kisah tersebut yakni ....
A. Sakit Pak Ahmad bertambah parah.
B. Sahabatnya membujuk semoga Pak Ahmad berobat ke dokter.
C. Meskipun demikian, Pak Ahmad tetap tidak mau ke dokter.
D. Pak Ibrahim bertingkah ibarat anak kecil.
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan semoga mendapat isi file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!Berikut yakni kisi-kisi mapel USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2017/2018
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
---|---|---|---|---|
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca | |
Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menentukan• Memaknai | Peserta didik dapat:menentukan makna kata/istilah pada teksmenentukan antonim/sinonim menggali informasi tersurat teksmenentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Peserta didik dapat: menentukan informasi tersurat pada karya sastramenentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, budpekerti tokoh) memilih makna kata/simbol/kias | Peserta didik sanggup melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Peserta didik dapat:menunjukkan kesalahan penggunaan ejaanmenunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca |
• Menyimpulkan• Menggunakan konsep/prinsip | menentukan inspirasi pokok teksmenggali informasi tersirat teksmenentukan pernyataan sesuai isi teksmengidentifikasi jenis teks | menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai pecahan teks ) memilih unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)menyusun banyak sekali teks(deskripsi, narasi)? melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan | menggunakan ejaan? menggunaan tanda baca |
Penalaran• Mengevaluasi• Membandingkan pola(menganalisis)• Menanggapi | Peserta didik dapat:memprediksikejadian menurut isi teksmembandingkan isi teksmelengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks | Peserta didik dapat: memprediksikejadian menurut isi kisah memilih nilai- nilai cerita? memilih keteladanan tokoh cerita | Peserta didik dapat:memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/katamemperbaiki tata kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat:memperbaiki kesalahan penggunaan ejaanmemperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tandabaca |
Sumber http://www.informasiguru.com