Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan cita-cita bahwa ia sanggup menjadi sarana berguru yang sanggup mendapatkan amanah oleh para siswa SMP/MTs Kelas 8 yang hendak menempuh UAS/PAS/UKK Semester 2 untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Desain soal mengacu kepada pendekatan kurikulum 2013 yang telah direvisi. Contoh soal bersifat empirik atau telah teruji dan terbukti sebagai soal yang pernah diujikan. Dengan demikian, validitas empirik dari contoh soal yang disajikan sanggup digolongkan memiliki tingkat validitas yang tinggi. Validitas yang tinggi pada kesannya dibutuhkan bisa memiliki daya prediktibilitas yang baik.
Berdasarkan aspek validitas dan prediktabilitas tersebut, maka Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini dibutuhkan sanggup menjadi pedoman atau sarana berguru yang berkualitas baik.
Berikut yakni tautan Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019:
Baca Juga
- Soal Siap UAS/PAS/UKK SMP-MTs Semester 2 Kelas 8 Bahasa Jawa K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II IPA SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris K13 Tahun 2019
- Soal UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Kelas 8 SMP-MTs Seni Budaya K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Prakarya K13 Tahun 2019
Berikut yakni kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019 tersebut:
5. Perturnbuhan ekonornl suatu negam sanqat dipengaruhi oleh ketersediaan surnber day a alarnnya. Pernyataan tersebut menqandunq maksud... .
A. neqara-noqara yang daerahnya sernprt akan terhambat pernbenounan ekonominya.
B. neqara-noqara yang perturnbuhan penduduknya cepat akan terharnbat pernbanqunan ekonorninya.
C. negara-negara yang miskin sumber daya a lam akan terhambat pembanqunan ekonominya.
D . negara-nogara yang sumber daya rnanuslanya rendah akan terharnbat pembangunan ekonominya
6. Pertanian menjadi salah satu unsur yang mernpenqaruhi perturnbuhan dan penopanq pendapatan neqara Indonesia. Berdasarkan hal tersebut kiprah SDA hayati terhadap pernbanqunan ekonomi yakni ....
A. menaikkan Produk Dornestik Bruto (PDB)
B. penyedia pangan masyarakat
C. menjadi basis pertumbuhan ekonomi
D. penyedia lapanqan pekerjaan
1-1. Panas bumi sebaqai salah satu altarantlt sumber energi di Indonesia rnernpunyai keunqqulan yaitu ....
A. sangat murah dan msrupakan sumber energi tidak terbarukan _ 8. rarnah terhadap lingkungan dc111 ketersediaannya sanqat rnelimpah
C. rarnah lingkungan can merupakan sumber energi tldak terbarukan
D. ketersediaannya sangat meltmpah dan merupakan surnber energi tidal< terbarukan
12. Jenis-jenis sumber daya alarn yang mernpunyai kornparasi dengan negara lain:
1) nikel 5) aspal
2) perak 6) tembaga
3) welirang 7) minyak burni
4) fosfat 8) . marmer
Yang terrnasuk sumbsr daya a!am nonlogam dltunlukkan pada nomor ....
A. 1, 3, 5, 6 C.. 2, 5, 6, 8
B 2,4,5,7 D. 3,4;5,8
13. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 2 rnenqamanatkan kepada pemerintah 11ntu1< menqelola cabanq-cabanq produksi dan sumber kekayaan alam yang bertujuan untuk ....
A. pengeiolaan maupun pernantaatan cabanq -cabang produksi sanggup diatur olfih 11egara sehingga sanggup dinikmati rakyat secara merata.
B.
C. sumber kekayaan alam sanggup ai membayar dukungan pemerintah helola oleh negnra untuk memupuk pendapatan kepada Juar negeri n9gRrn.
D. supayn rnampu mensejajmkar. diri clengan negara lain
14. Prinsip optimal dalarn pengelolactn surnoer daya alarn yakni ....
A. mengarnbi! kekayaan alarn secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan kini clengan rnencan keuntunqan sebanyak-banyaknya
B. mengambi! kekayaan alam secara rnenyeluruh untuk memenuhi kebutuhan rnasa rnendatanq.
C. mengambil kekayaan alarn secara rnenysluruh untukmemenuhl kebutuhan kini dan kebutuhan qenerasi mendatanq, . .
D. rnengambil kekayaan alam secara rnenyeluruh untuk memaksima!kan laba denganeksploitasi secara besar-besaran.
15. Usaha peiestarian lingkungan hidup sanggup dilakukan melalui:
1) penyaringan lerhadap pembuangan gas dari pabrik,
2) oernbuatan lubang biopori
]) oenanarnan pohon-pohon parnnatas jalan raya
4) uji emisi buanqan gas terhadap kendaraan bermotor
5) rnernbuat istalasl pengolahan lirnbah
Upaya pelestarian lingkungan untuk menjaqa kelestarian udara ditunjukkan pada nomor ..
A 1,3,cian4 C. 2,3,dan4
B. 1, 2, dan 3 D. 3, 4, dan 5
16. Salah satu kiprah BUMN dalarn pengelolaa.n sumber daya alarn yakni ...
A. meningkatkan daya beli masvatakat
B. menambah kas pribarii pernerinteh
C. rnencegah tirnbu'nya monopoli asing
D. rnenyediakan la pang an pekerjan bagi masyarakat
7 Berikut ini yang merupakan peranan dari BUMS yakni ....
.A... rnenqernbanpkan modal dan mernperluas usaha
B. mewujudkc.n dan rnenqombanqkan perekonornian nasiorial
C. melayani dan mernenuhi kebuluhan masyarakatuntuk rnenlnqkatkan kesejahteraan
D. membantu pemerintah dalarn perjuangan rneninqkatkan devisa non migas
1 iJ. Lernbaqa operator ysng dirniliki dan cioperaslkan cleh beberapa orang kegiata11nya memenuhi kepentingan anggotanya yakni ..
A. BUMN C. Koperasi
B. BUMS D. BUMD
19. Perhatikan data berikut'
1) Mengeluarkan \JU t&ntang Porkoperasian
2) Mendirikan Badan Usaha Milik Daorah
3) Msrnbuat kP.bijakan dalarn cunta usaha
4) Mengeluarkan dana untuk bslania rutln
5) Membuat kebijakan Kegiatan ekspor impor
G) Membuat peraturan daerah
Dari data tersebut yang meruoakan kiprah pemerintah sentra sebaqal lambaqa regulator ditunjukkan pada nomor ....
A. i 1 3, 5
B. 2, 4, 5
Perhatikan data berikut!
C. 3, 4, 6
D. 4, 5, 6
1) Membuat kebllakan dan peraturan dunla usaha
2) MengawRsi pengeloalaan SDA aqar sesuai dengan UUU •i 945
a) MengevBluasi ;)engeloiaan .SD,c\ unruk rnenmqkatkan kinerja
4) fvl,::,mbantu rneninqkatican penr-:hs.silar: masyarakat
5) Mernberikan hukuman kspada pelanqqar peraturan
6) Menqontrol penqelolaan SDA aqar sesual denqan asas !Jerkelanjutan
Dari data terssbut yang rnerupakan poran 1ernbaga konlrol dalam menqelola sumbor daya alarn ditunjukkan pada namer...
A. 1, 2, 3,5 C. 2, 3, 5,G
8. 1, z, 4,5 D. 3, 4, 5,6
Berikut kami kutipkan pula wacana Penilaian Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013:
Penilaian Pembelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
1. Proses Penilaian dalam Pembelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
Penilaian dilakukan dengan cara menganalisis dan menafsirkan data hasil pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi isu yang bermakna dalam pengambilan menekankan pembelajaran berbasis acara yang bertujuan memfasilitasi siswa memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal ini berimplikasi pada evaluasi yang harus meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan baik selama.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, menafsirkan, baik proses maupun hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Informasi tersebut sanggup dimanfaatkan untuk memilih tingkat keberhasilan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan, keberhasilan proses pembelajaran, tingkat kesulitan berguru penerima didik, memilih tindak lanjut pembelajaran, laporan hasil berguru penerima didik, dan pertanggung tanggapan (accountability terhadaS SihaN SihaN \ang EerNeSentingan. Penilaian proses pembelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI memakai pendekatan evaluasi autentik (authentic assesment \ang menilai NesiaSan Seserta didiN Sroses dan hasil Eelajar seFara utuh.
.eterSaduan Senilaian Netiga NomSonen terseEut aNan menggamEarNan NaSasitas gaya, dan perolehan berguru penerima didik atau bahkan bisa menghasilkan dampak instruksional (instructional effect dan dampak pengiring (nurturant effect dari pembelajaran. Hasil evaluasi autentik sanggup dipakai oleh guru untuk merencanakan Srogram SerEaiNan remedial Senga\aan enrichment atau la\anan Nonseling. Selain itu, hasil evaluasi autentik sanggup dipakai sebagai materi untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan ketika proses pembelajaran dengan memakai instrumen
\ang EeruSa angNet oEserYasi Fatatan aneNdot dan reÀeNsi.
Berikut yakni beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan
Senilaian
a. Penilaian diarahNan untuN menguNur SenFaSaian .omSetensi 'asar .' Sada
.omSetensi Inti .I 1 .I .I dan .I .
b. Penilaian memakai pola kriteria, yaitu evaluasi yang dilakukan dengan membandingkan capaian siswa dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil evaluasi baik yang formatif maupun sumatif seorang siswa tidak dibandingkan dengan skor siswa lainnya, tetapi dengan penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan
c. Penilaian dilakukan secara terpola dan berkelanjutan. Artinya, semua indikator diuNur Nemudian hasiln\a dianalisis untuN menentuNan NomSetensi dasar .' yang telah dikuasai dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan berguru siswa.
d. Hasil evaluasi dianalisis untuk memilih tindak lanjut, berupa agenda peningkatan kualitas pembelajaran, agenda remedial bagi siswa yang pencapaian NomSetensin\a di EaZah .%0 ..0 dan Srogram Senga\aan Eagi sisZa \ang telah memenuhi .%0 ..0. +asil Senilaian juga digunaNan seEagai umSan EaliN Eagi orang renta Zali sisZa dalam rangNa meningNatNan NomSetensi sisZa.
%eEeraSa NaraNteristiN Senilaian IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI yakni
a. Penilaian SemEelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI mengaFu Sada Netuntasan .'
'alam SemEelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI Netuntasan Senilaiann\a dilaNuNan sehabis terFaSain\a satu tema. Satu tema Eisa terdiri atas EeEeraSa .'. SetiaS .' dalam satu tema tidaN selalu memuat seluruh indiNator artin\a satu .' Earu tuntas sehabis beberapa tema dipelajari. Oleh alasannya yakni itu, evaluasi seharusnya dilakukan di setiaS .' namun SelaNsanaan SemEelajarann\a Eisa EerdasarNan tema.
b. Penilaian dikembangkan secara terpadu.
1 PengemEangan instrumen Senilaian untuN SemEelajaran IPS SMP/MTS KELAS 8/VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI seFara terSadu meliputi aspek afektif, kognitif dan skill NeteramSilan. %erEagai jenis teknik, dan bentuk evaluasi yang variatif dipakai semoga diperoleh isu pencapaian kompetensi penerima didik yang objektif dan komprehensif.
0enurut PermendiNEud 1o. tahun 1 SendeNatan Senilaian \ang dipakai yakni evaluasi autentik. Penilaian autentik yakni bentuk evaluasi yang menghendaki penerima didik menampilkan perilaku serta memakai pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melaksanakan kiprah pada situasi yang sesungguhnya.
Demikian goresan pena wacana