Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013
Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 ini merupakan buku revisi tahun 2016 atau revisi termutakhir yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Dengan demikian, ia menjadi rujukan terkini untuk mata pelajaran Fikih untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas 9/IX.
Berikut yakni kutipan dari Dirjen Pendis mengenai rilis Buku Siswa dan Guru Fikih Kelas 9/IX MTs K13 dalam kata pengantarnya.
Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” bersiklus dan strategis mendekati tujuan mencetak generasi yang tidak saja cerdas intelektual namun shalih dan shalihah. Salah satu upaya membumikan isi K-13 yakni dengan menyediakan sumber mencar ilmu yakni Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013.
Berikut yakni tautan Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013:
Berikut yakni kutipan dari Buku Siswa dan Guru Fikih Kelas 9/IX MTs K13 tersebut:
Petunjuk Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013
Dalam rangka untuk mengoptimalkan penggunaan Buku Siswa dan Guru Fikih Kelas 9/IX MTs K13 ini, perhatikan tahapan-tahapan berikut.
1. Pertama, bacalah penggalan pendahuluan untuk memahami konsep utuh pendidikan Agama Islam serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam rangka kurikulum 2013
2. Setiap penggalan berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, dan Interaksi Guru dengan orang tua
3. Pad sub penggalan tertentu, penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi Dasar.
4. Guru perlu mendorong penerima didik untuk memperhatikan tema-tema yang terdapat dalam buku teks pelajaran sehingga menjadi fokus perhatian penerima didik. Tema-tema tersebut yakni sebagai berikut.
a. Peta Konsep, yakni suatu ilustrasi grafis yang konkrit yang sanggup memperlihatkan bagaimana sautu konsep berafiliasi atau terkait dengan konsep-konsep lain yang termasuk kategori yang sama. Peta konsep ini membantu siswa untuk menyusun dan menghindari miskonsepsi.
b. Amati dan Perhatikan, berisi gambar yang berafiliasi dengan bahan yang akan diajarkan. Tuajuannya yakni merangsang rasa ingin tahu penerima didik terhadap bahan yang akan dipelajari. (mengamati)
c. Tanggapan dan pertanyaan, guru merangsang biar muncul pertanyaan-pertanyaan kreatif dari ilustrasi gambar tersebut. (menanya)
d. Buka cakrawalamu, berisi bahan inti pelajaran. (mengumpulkan informasi)
e. Kembangkan wawasanmu, berisi masalah-masalah untuk memperluas wawasan yang berkaitan dengan bahan inti. Untuk mengembangakan wawasan tersebut dilakukan dengan jalan diskusi. (mengasosiasi)
f. Praktik. Aktifitas yang harus dilakukan siswa dalam rangka menyebarkan kecerdasan
psikomotorik dan memperkuat pemahaman terkait bahan inti. (mengomunikasikan)
g. Tugas, disajikan sebagai perjuangan menyebarkan kemampuan siswa dalam mencapai hasil pembelajaran dan sebagai perjuangan implementasi (praktik) dari bahan inti.
h. Cerita nasihat disajikan untuk memperlihatkan pesan adab atau motivasi.
i. Rangkuman, berisi kesimpulan-kesimpulan dari bahan inti.
Berikut yakni kompetensi dasar dan kompetensi inti Mapel Fikih Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013:
KELAS IX SEMESTER GANJIL | |
---|---|
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1. Menghayati nilai-nilai dari ketentuan menyembelih binatang1.2. Meyakini perintah berkurban dan akikah1.3. Menghayati ketentuan jual beli dan qirad1.4. Menyadari manfaat dan nasihat larangan riba dalam jual beli |
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. Membiasakan sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan menyembelih hewan berdasarkan syariat Islam.2.2. Membiasakan sikap bahagia memberi sebagai implementasi dari pemahaman perihal kurban dan akikah2.3. Membiasakan sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan jual-beli dan qirad2.4. Membiasakan sikap tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman perihal praktik riba |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1. Memahami ketentuan menyembelih binatang3.2. Memahami ketentuan kurban dan akikah3.3. Memahami ketentuan jual beli dan qirad3.4. Menganalisis larangan riba |
4. Mengolah,menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. Mendemonstrasikan tata cara menyembelih binatang4.2. Menyajikan pola tata cara pelaksanaan kurban dan akikah4.3. Mempraktikkan pelaksanaan jual beli danqirad4.4. Mensimulasikan tata cara menghidari riba |
KELAS IX SEMESTER GENAP | |
---|---|
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya | 1.1. Menghayati nasihat ketentuan pinjam meminjam1.2. Menghayati nasihat ketentuan utang-piutang1.3. Menghayati nasihat ketentuan gadai1.4. Menyadari pentingnya dukungan upah1.5. Menghayati nasihat ketentuan perawatan jenazah1.6. Meyakini nilai keadilan dalam waris |
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1. Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan pinjam meminjam,2.2. Membiasakan sikap tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan utang piutang2.3. Membiasakan sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan gadai2.4. Membiasakan sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan upah2.5. Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman perihal pengurusan jenazah2.6. Membiasakan sikap adil terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan waris |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | 3.1. Memahami ketentuan pinjam meminjam3.2. Memahami ketentuan utang piutang3.3. Menganalisis ketentuan gadai3.4. Menjelaskan ketentuan upah3.5. Memahami ketentuan pengurusan jenazah, (memandikan, mengkafani, menyalati, menguburkan)3.6. Memahami ketentuan waris |
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yangdipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1. Mendemonstrasikan pelaksanaan pinjam-meminjam4.2. Mendemonstrasikan tata cara pelaksanaan utang piutang4.3. Mensimulasikan tata cara gadai4.4. Mensimulasikan tata cara pelaksanaan dukungan upah4.5. Mendemonstrasikan tata cara merawat jenazah4.6. Mensimulasikan tata cara pembagian waris |
Demikian goresan pena perihal