Tuesday, January 8, 2019

√ Download Buku Siswa Dan Guru Ski Kelas 9/Ix Mts K13

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam  √ Download Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 9/IX MTs K13

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013







Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 merupakan acuan atau pola terkini untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTS).

Kementerian Agama telah melaksanakan revisi atas kebutuhan terkini mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan cita-cita ia bisa menjadi pedoman yang senantiasa mutakhir sesuai dengan tuntutan kurikulum.

Berikut yaitu pernyataan dari Direktur Jenderal terhadap Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 tersebut:

Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 terus mengalami perbaikan baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi. Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 9/IX MTs K13 yaitu edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah (MI, MTs dan MA).

Berikut yaitu tautan Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013:





Berikut yaitu kutipan dari Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 9/IX MTs K13 tersebut:



Tujuan Kelompok Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah wacana asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan atau peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam pada masa lampau, mulai dari sejarah perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad saw. dan Khulafaur Rasyidin, Umawiyah, Abbasiyah, Ayyubiyah hingga perkembangan Islam di Indonesia.

Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam mempunyai bantuan dalam menunjukkan motivasi kepada akseptor didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang sanggup dipakai untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian akseptor didik.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah bertujuan supaya akseptor didik mempunyai kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

a) Membangun kesadaran akseptor didik wacana pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

b) Membangun kesadaran akseptor didik wacana pentingnya waktu dan daerah yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

c) Melatih daya kritis akseptor didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

d) Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan akseptor didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

e) Mengembangkan kemampuan akseptor didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa- insiden bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Ruang Lingkup Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) meliputi:

a) Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
b) Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
c) Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
d) Perkembangan masyarakat Islam pada masa Umawiyah.
e) Perkembangan masyarakat Islam pada masa Abbasiyah.
f) Perkembangan masyarakat Islam pada masa Ayyubiyah.
g) Memahami perkembangan Islam di Indonesia.

Berikut yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX MTs:

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya. 1.1. Menghargai nilai-nilai usaha Walisongo dalam mensyiarkan Islam.1.2. Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Abdul Ra’uf as-Singkili, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan dalam beramar ma’ruf nahi munkar.1.3. Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam berguru dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 1.1. Menghargai sikap cendekia dan bijaksana sebagaimana sikap yang dimiliki para penyebar agama Islam di Indonesia.1.2. Menghargai keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia.1.3. Menghargai keteladanan semangat usaha para penyebar agama Islam yang nrimo dan tidak kenal lelah serta penuh kesabaran.1.4. Menghargai peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak menodai usaha mereka ke arah anarkis (mengandung kekerasan).
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata. 3.1. Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.3.2. Memahami bukti masuknya Islam di Nusantara kala ke-7, ke-11 dan ke-13.3.3. Memahami faktor penyebab mudahnya perkembangan Islam di Nusantara.3.4. Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.3.5. Memahami para tokoh beserta kiprahnya dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Syaikh Abdur Ra’uf as-Singkili, Syaikh Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan).3.6. Memahami tugas para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Syaikh Abdur Ra’uf as-Singkili, Syaikh Muhammad Arsyad al- Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan).3.7. Menerapkan semangat usaha Walisongo dalam membuatkan agama Islam di Indonesia.3.8. Memahami semangat usaha Abdur Ra’uf as- Singkili, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan dalam membuatkan agama Islam di Indonesia.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1. Menceritakan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.4.2. Menceritakan usaha Walisongo dalam membuatkan agama Islam di Indonesia.4.3. Menceritakan kisah usaha Walisongo dalam membuatkan agama Islam di Indonesia.4.4. Menceritakan biografi Abdur Ra’uf as-Singkili, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan dalam membuatkan agama Islam di Indonesia.


KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya. "1.1. Menghargai tradisi dan budaya Islam merupakan cuilan dari hasil kebudayaan umat Islam di Indonesia.
1.2. Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya yang Islami."
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. "2.1. Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara.
2.2. Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura)."
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata. "1.1 Memahami bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal sebagai cuilan dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura).
1.2 Menerapkan seni budaya lokal sebagai cuilan dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura)."
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. "1.1 Menunjukkan contoh bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura.
1.2 Mensimulasikan bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura."

Demikian goresan pena wacana

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://www.informasiguru.com