Download Contoh Soal Penilaian Harian/ Ulangan Harian 1 Semester II (Dua) Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017 File Pdf
Penilaian harian/ Ulangan harian merupakan bab dari penilaian yang merupakan suatu proses dimana meliputi pengukuran dan testing, berisi pengambilan keputusan wacana nilai. Ulangan harian/ Penilaian harian merupakan penilaian pembelajaran yang pertama untuk siswa pada awal semester baik 1 maupun semester 2. Karena sifatnya yang merupakan materi penilaian pembelajaran, maka idealnya setiap siswa harus menjalani dan menyambut datangnya Penilaian Harian (PH)/ Ulangan Harian (UH) tersebut dengan antusias.
Dengan pelaksanaan PH/ UH ini akan terlihat seberapa dalam materi yang berhasil diserap oleh siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Terlebih hasil UH ini merupakan salah satu komponen penilaian yang digunakan dalam merumuskan nilai total pada rapor sesudah digabung dengan hasil ujian lain semacam PTS, PAS dan kiprah lainnya.
Sebenarnya banyak sekali manfaat dari adanya ujian bagi siswa, akan tetapi hanya 4 poin saja yang kami tulis untuk Anda, antara lain:
1.Memahami arti pentingnya belajar, melalui ulangan, jikalau siswa berharap mendapatkan nilai yang memuaskan maka mencar ilmu menjadi jawabannya.
2.Memiliki rasa tanggungjawab, melalui ujian siswa harus menjadi pribadi yang bertanggungjawab, mencar ilmu menjadi kunci utama jikalau ingin menjadi yang terbaik.
3.Menghargai hasil usaha, apapun hasil ujiannya maka siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi itu merupakan hasil perjuangan sesudah belajar.
4.Mengetahui cara meraih prestasi, melalui ulangan siswa sanggup memahami langkah-langkah untuk meraih prestasi terbaik dalam hal perolehan nilai terbaik.
Setekah goresan pena pembuka di atas, sekarang saatnya kami membuatkan dengan adik-adik kelas 5 SD/ MI perihal contoh soal siap PH/ UH 1 semester II/ 2 tema 6 wacana Panas dan Perpindahannya sesuai revisi 2017 terbaru. Kami harap materi yang kami susun ini memberi manfaat bagi adik-adik kelas 5 SD yang sebentar lagi akan menjalani UH 1 semester 2 khususnya untuk tema 6 revisi 2017.
Berikut yakni link d0wnl0ad Soal Siap PH/ UH 1 semester II Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017 File Pdf:
Selanjutnya kami petikkan sebagian contoh Soal PH/ UH 1 Tematik Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017 File Pdf:
Soal PH/ UH 1 Semester II/ 2 Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
1.Besaran yang mengatakan derajat panas suatu benda disebut ....
2.Alat yang dipergunakan untuk mengukur suhu disebut ....
3.Energi panas yang dimiliki oleh suatu zat disebut dengan ....
4.Untuk mendeteksi adanya kalor yang dimiliki oleh suatu benda tertentu maka dilakukan dengan cara mengukur .... benda tersebut.
5.Mengapa baju yang lembap apabila dijemur di bawah sinar matahari yang terik sanggup kering?
6.Sebutkan proses yang terjadi pada air yang direbus di atas tungku panas di dalam panci?
Sumber Energi Panas
Benda yang sanggup menghasilkan energi panas disebut sumber energi
panas. Sumber energi panas sanggup kita jumpai di alam, salah satunya
yakni matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar.
Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas
matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang
disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil
fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk
manusia.
Energi panas matahari sanggup menerangi bumi sehingga udara
di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas
matahari dimanfaatkan dalam banyak sekali acara manusia. Misalnya,
panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi sesudah dipanen,
mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk
mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kau gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!
Apa yang kau rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik!
Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kau rasakan?
Setelah kau melaksanakan dua acara tersebut, apakah kau merasakan
panas? Energi panas sanggup dihasilkan ketika terjadi ukiran antara dua
benda. Pada acara di atas, ukiran antara kedua telapak tanganmu
dan ukiran antara mistar dan kain, sanggup menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan ukiran antara dua benda, energi panas juga
sanggup diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api
dengan cara menggosokkan dua buah watu yang kering hingga keluar
percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu memakai kayu
kering kemudian digosok-gosokkan dengan tanah yang kering hingga keluar
api. Ternyata ukiran dua benda antara dua watu kering, dan gesekan
antara dua kayu kering sanggup menghasilkan energi panas berupa api.
Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
Pertanyaan nomer 7 hingga 13 menurut teks di atas!
7.Sebutkan paling sedikit dua sumber
energi panas yang kau ketahui!
8.Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
9.Tunjukkanlah cara sederhana untuk mengambarkan adanya energi panas di sekitarmu!
10.Apakah yang dimaksud dengan sumber energi panas?
11.Manfaat apa saja yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
12.Bagaimana cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
13.Judul yang sempurna pada bacaan di atas yakni ....
14.Apa yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di atas? Tuliskan secara ringkas dan jelas!
15.Ketika ibu menytrika baju sekolahmu, maka sumber energi panas yang digunakan yakni ....
16.Ibu menanak nasi memakai panci dan kompor, sumber energi panas yang digunakan yakni ....
Di kelas Siti sedang diadakan percobaan untuk mengetahui mana es yang akan lebih cepat mencair dengan perlakuan tertentu. Ada 3 percobaan yang dilakukan yakni:
A.3 balok es diletakkan pada wadah kemudian ditaruh di luar ruangan pribadi di bawah sinar matahari
B.3 balok es diletakkan pada wadah kemudian ditaruh di atas meja dalam ruangan kelas
B.3 balok es diletakkan pada wadah kemudian ditaruh di dalam lemari dalam ruangan kelas dan terlindung dari sinar matahari
17.Menurut kamu, es mana pada percobaan di atas yang akan meleleh/ mencair pertama kali lebih cepat?
18.Jelaskan alasan jawabanmu pada soal nomer 17 di atas!
19.Apakah kalian tahu yang dimaksud dengan panas? Jelaskan apa maksud dari panas ....
Perbedaan Suhu dan Panas
Indra peraba, menyerupai telapak tangan tidak sanggup menentukan
secara sempurna derajat panas dan cuek suatu benda. Tangan hanya dapat
memperkirakan panas dan cuek suatu benda. Tangan tidak dapat
menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.
Pernahkah kau pergi berkemah ke tempat pegunungan? Ketika malam
hari dikala kau berkemah di tempat pegunungan, kau akan merasakan
bahwa cuaca di sekitarmu terasa cuek sehingga kau memerlukan jaket
tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk
yang tinggal di dataran tinggi menyerupai tempat pegunungan. Mereka tidak
terlalu mencicipi hawa cuek alasannya yakni mereka sudah terbiasa dengan
hawa cuek di pegunungan.
Hal tersebut, mengambarkan bahwa indra peraba tidak sanggup digunakan
untuk mengukur derajat panas suatu benda alasannya yakni setiap orang memiliki
perbedaan dalam mencicipi suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu
pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu
keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
Panas (kalor) dan suhu yakni dua hal yang berbeda. Energi panas
merupakan salah satu energi yang sanggup diterima dan dilepaskan oleh
suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang
logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas
menciptakan batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam
tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin,
suhunya menurun. Suhu yakni besaran yang menyatakan derajat panas
suatu benda. Suhu suatu benda mengatakan tingkat energi panas
benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia yakni derajat
Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas
dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)
20.Sebutkan judul bacaan di atas ....
21.Apa yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di atas?
22.Sebutkan perbedaan antara panas dan suhu yang kau ketahui!
23.Siapa nama ilmuwan penemu termometer?
24.Panas sanggup berpindah melalui tiga cara, sebutkan ....
25.Menurutmu, sumber panas apakah yang digunakan untuk memasak?
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan semoga mendapatkan file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul: