Download Contoh Soal Penilaian Tengah Semester II (Dua) Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017 File Pdf
Seperti yang kita ketahui, kurikulum 2013 dirancang untuk membuatkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan perilaku secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Peran guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan.
Di sekolah, guru dan siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah aktivitas sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk menawarkan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan perilaku yang dikembangkan. Di rumah, orang renta bersama siswa sanggup membuatkan dan/atau menambah aktivitas sesuai kondisi dan kemampuan orang renta dan siswa.
Terkait dengan hal yang kami tulis di atas, maka kami hadir dengan menyajikan contoh soal siap PTS/ UTS semester 2/ II kelas 5 SD/ MI tema 6 perihal panas dan perpindahannya sesuai revisi 2017 terbaru. Dengan bahan contoh soal Perguruan Tinggi Swasta II ini, kami berharap adik-adik siswa kelas 5 SD/ MI semakin memahami pengetahuan yang telah dipelajari selama di sekolah khususnya mengenai tema 6 perihal panas dan perpindahannya revisi 2017.
Berikut kami sajikan link d0wnl0ad Soal Siap PTS/ UTS semester II Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017, dipersilahkan:
Baca Juga
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 8 Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 6 Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 5 Kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 8 Kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 6 Kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 5 Kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 8 Kelas 2 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 2 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 6 Kelas 2 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 5 Kelas 2 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 8 Kelas 1 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 1 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 6 Kelas 1 SD/ MI Kurikulum 2013
- Soal Siap PTS/ UTS II Tema 5 Kelas 1 SD/ MI Kurikulum 2013
Berikut yakni petikan contoh Soal Siap PTS/ UTS semester II Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017, dipersilahkan:
Soal PTS/ UTS Semester II/ 2 Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
15.Ketika ibu menyetrika baju sekolahmu, maka sumber energi panas yang dipakai yakni ....
16.Ibu menanak nasi memakai panci dan kompor, sumber energi panas yang dipakai yakni ....
Di kelas Siti sedang diadakan percobaan untuk mengetahui mana es yang akan lebih cepat mencair dengan perlakuan tertentu. Ada 3 percobaan yang dilakukan yakni:
A.3 balok es diletakkan pada wadah kemudian ditaruh di luar ruangan pribadi di bawah sinar matahari
B.3 balok es diletakkan pada wadah kemudian ditaruh di atas meja dalam ruangan kelas
B.3 balok es diletakkan pada wadah kemudian ditaruh di dalam lemari dalam ruangan kelas dan terlindung dari sinar matahari
17.Menurut kamu, es mana pada percobaan di atas yang akan meleleh/ mencair pertama kali lebih cepat?
18.Jelaskan alasan jawabanmu pada soal nomer 17 di atas!
19.Apakah kalian tahu yang dimaksud dengan panas? Jelaskan apa maksud dari panas ....
Perbedaan Suhu dan Panas
Indra peraba, ibarat telapak tangan tidak sanggup menentukan
secara sempurna derajat panas dan hambar suatu benda. Tangan hanya dapat
memperkirakan panas dan hambar suatu benda. Tangan tidak dapat
menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.
Pernahkah kau pergi berkemah ke tempat pegunungan? Ketika malam
hari ketika kau berkemah di tempat pegunungan, kau akan merasakan
bahwa cuaca di sekitarmu terasa hambar sehingga kau memerlukan jaket
tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk
yang tinggal di dataran tinggi ibarat tempat pegunungan. Mereka tidak
terlalu mencicipi hawa hambar alasannya yakni mereka sudah terbiasa dengan
hawa hambar di pegunungan.
Hal tersebut, menunjukan bahwa indra peraba tidak sanggup digunakan
untuk mengukur derajat panas suatu benda alasannya yakni setiap orang memiliki
perbedaan dalam mencicipi suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu
pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu
keadaan dipakai suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
Panas (kalor) dan suhu yakni dua hal yang berbeda. Energi panas
merupakan salah satu energi yang sanggup diterima dan dilepaskan oleh
suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang
logam tersebut mendapat energi panas dari api. Energi panas
menciptakan batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam
tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin,
suhunya menurun. Suhu yakni besaran yang menyatakan derajat panas
suatu benda. Suhu suatu benda memperlihatkan tingkat energi panas
benda tersebut. Satuan suhu yang dipakai di Indonesia yakni derajat
Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas
dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)
20.Sebutkan judul bacaan di atas ....
21.Apa yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di atas?
22.Sebutkan perbedaan antara panas dan suhu yang kau ketahui!
23.Siapa nama ilmuwan penemu termometer?
24.Panas sanggup berpindah melalui tiga cara, sebutkan ....
25.Menurutmu, sumber panas apakah yang dipakai untuk memasak?
26.Cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat mediator disebut ...
27.Apa yang dimaksud dengan cara perpindahan panas konduksi?
28.Sebutkan pola perpindahan panas secara konduksi!
Perpindahan Kalor Secara Konduksi
Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor
secara hantaran, yaitu perpindahan kalor tanpa memindahkan zat
perantaranya. Pada kejadian perpindahan kalor secara konduksi, yang
berpindah hanya energi kalornya saja. Umumnya, perpindahan kalor
secara konduksi terjadi pada zat padat. Agar kau lebih gampang memahami kejadian konduksi, mari kita
lakukan aktivitas ini. Peristiwa konduksi sanggup diumpamakan dengan
aktivitas memindahkan buku secara estafet yang dilakukan oleh kamu
dan teman-temanmu. Buku yang dipindahkan secara estafet kita
upamakan sebagai kalor dan orang yang memindahkannya sebagai zat
perantaranya. Ketika kau dan teman-temanmu memindahkan buku
secara estafet, yang berpindah hanya buku itu saja. Sedangkan kamu
dan temanmu sebagai mediator tetap membisu di tempat, tidak berpindah.
Begitu pula dengan kejadian konduksi. Hanya kalor yang berpindah, zat
perantaranya tetap. Saat kau menciptakan teh dan memegang salah satu ujung sendok yang
dimasukkan ke dalam air panas apa yang terjadi? Lama-kelamaan ujung
sendok yang kau pegang juga akan terasa panas. Peristiwa tersebut
merupakan salah satu pola perpindahan kalor secara konduksi. Pada
perpindahan kalor secara konduksi, kalor akan berpindah dari benda
bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah.
Peristiwa konduksi juga sanggup kau jumpai pada ketika kau memasak.
Pada ketika kau menggoreng, ujung spatula yang kau pegang akan
terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api kompor.
Setrika listrik merupakan alat yang cara kerjanya menggunakan
prinsip perpindahan panas secara konduksi. Ketika setrika dihubungkan
dengan arus listrik maka arus listrik akan mengalir melalui elemen
pemanas. Panas dari elemen akan berpindah kebagian bantalan besi setrika
yang tebal.
(Sumber : IPA BSE Kelas 7, Pusbuk 2010 dengan penyesuaian)
29.Tuliskan cara perpindahan panas secara konduksi berdasarkan pemahamanmu berdasarkan keterangan pada bacaan di atas.
30.Tuliskanlah beberapa pola kejadian perpindahan panas secara konduksi berdasarkan bacaan di atas!
31.Sebutkan bebera[ kejadian perpindahan panas secara konduksi dalam kehidupan kau sehari-hari!
32.Masukkan sendok ke dalam gelas yang berisi air panas, beberapa ketika kemudian sendok juga akan terasa panas. Hal ini memperlihatkan adanya perpindahan panas secara ....
33.Mengapa ujung sendok yang kau pegang terasa panas?
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul: