Saturday, April 22, 2017

Pengertian Fauna Neartik – Tempat Persebaran – Rujukan Fauna

Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Planet Bumi. Kekayaan alam tersebut tidak hanya dalam bentuk hasil tambang saja, namun bisa juga berasal dari keanekaragaman hayati baik berupa binatang maupun tumbuhan. Setiap belahan bumi niscaya mempunyai keanekaragaman hayati yang berbeda – beda, hal ini disebabkan oleh letak geografis dan juga letak astronomis daerah tersebut. Sehingga mensugesti ciri serta bentuk morfologi dari setiap binatang dan flora yang ada.


Sebagai teladan tumbuhan yang hidup di daerah tundra atau sanggup hidup di tempat dengan suhu sangat rendah atau masbodoh tidak akan bisa bertahan hidup kalau ditanam di tempat yang mempunyai suhu tinggi ibarat yang ada terdapat di gurun. Struktur morfologi dari tumbuhan yang hidup di daerah gurun sudah tentu mempunyai bentuk yang berbeda dengan tumbuhan yang hidup di daerah bersuhu sangat masbodoh ibarat di daerah kutub, begitu pun yang terjadi dengan hewan. Hewan – binatang pun juga mengalami adaptasi dengan kondisi alam tempat tinggal mereka. Hal ini bertujuan supaya mereka sanggup terus bertahan hidup demi kelangsungan populasinya.


Sama ibarat tumbuhan, binatang atau fauna mempunyai ciri dan bentuk morfologi yang berbeda – beda di setiap tempat di dunia. Jumlah dari fauna yang ada tentu sangatlah banyak dan untuk mempermudah dalam pengelompokkannya perlu dilakukan pengelompokan menurut persebarannya. Persebaran fauna yang ada di Planet Bumi ini pertama kali dilakukan oleh Sclater di tahun 1858 untuk lalu disempurnakan lagi oleh Alfred Russel Wallace pada tahun 1876. Wallace mengelompokan persebaran fauna yang ada di dunia menjadi 6 wilayah di dalam garis Wallace dan salah satunya yakni wilayah neartik. Mungkin beberapa dari kita masih terdengar gila dengan istilah tersebut. Tidak perlu khawatir, pada klarifikasi kali ini akan dijelaskan apa itu fauna neartik hingga teladan dari binatang atau fauna neartik itu sendiri. Mari disimak!


Pengertian dan Daerah Persebaran Fauna Neartik


Untuk Benua Amerika, penggolongan fauna terbagi menjadi 2 menurut pola persebarannya dan salah satunya yakni fauna neartik. Neartik sendiri merupakan wilayah fauna yang berada di belahan bumi cuilan utara atau tepatnya berada di daerah Benua Amerika cuilan utara termasuk seluruh daerah Greenland. Wilayah neartik termasuk wilayah yang mempunyai banyak sekali macam bioma mendominasi di kawasannya, bioma tersebut antara lain:



  1. Amerika Utara di cuilan utara, sebagian besar wilayah didominasi oleh bioma taiga dengan hutan konifer yang sangat luas.

  2. Amerika Utara di cuilan tengah, sebagian besar wilayah termasuk ke dalam bioma padang rumput.

  3. Amerika Utara di cuilan timur, wilayah ini banyak ditumbuhi dengan vegetasi atau tumbuhan hutan gugur.

  4. Lingkungan fisik Greenland yang sebagian besar daratannya ditutupi oleh salju dengan ketebalan yang bervariasi dan juga sulit untuk ditentukan.


Beberapa Contoh Fauna Neartik



  1. Prairie dog (tupai dari Amerika Utara)


Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Pla Pengertian Fauna Neartik – Daerah Persebaran – Contoh FaunaSekilas binatang ini ibarat dengan bajing namun lebih bersahabat dengan keluarga kelinci dan setidaknya terbagai menjadi lima spesies. Mereka hidup pada sebuah kelompok kecil dan ditemukan hidup di dalam lubang – lubang tanah.


Prairie dog termasuk binatang mamalia pemakan tumbuh – tumbuhan, tidak heran kalau mereka banyak ditemukan keluar dari lubang persembunyiannya untuk mencari makan di siang hari ibarat rumput, akar dan juga biji – bijian. Prairie dog sangat gampang ditemukan di sekitar Amerika Serikat, Kanada hingga Meksiko.



  1. Kalkun


Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Pla Pengertian Fauna Neartik – Daerah Persebaran – Contoh FaunaHewan yang masuk ke dalam kelompok aves ini sanggup digolongan sebagai jenis burung besar. Tidak sulit untuk membedakan antara kalkun jantan dan kalkun betina. Untuk kalkun jantan mempunyai ukuran badan yang besar serta warna bulu yang berwarna – warni sedangkan kalkun betina mempunyai ukuran badan kecil dengan warna bulu tidak seindah kalkun jantan.


Yang unik dari kalkun yakni kemampuan reproduksinya dilakukan secara asecual, meskipun tidak ada kalkun jantan, kalkun betina masih sanggup menghasilkan telur fertil. Saat ini sudah kalkun sudah banyak dibudidayakan untuk dikonsumsi, terutama bagi masyarakat Amerika Serikat. Biasanya menyantap kalkun dilakukan di hari – hari tertentu saja ibarat perayaan hari Thanksgiving dan Natal.



  1. Rakun


Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Pla Pengertian Fauna Neartik – Daerah Persebaran – Contoh FaunaRakun termasuk mamalia yang mempunyai ukuran badan sedang yang banyak ditemukan di Amerika Utara. Tubuhnya ditumbuhi oleh rambut berwarna bubuk – bubuk yang cukup tebal yang berfungsi sebagai mantel alami di cuaca dingin. Ciri khas yang dimiliki rakun yakni adanya corak hitam di sekitar matanya, seolah – olah sedang memakai topeng.


Selain itu, rakun termasuk binatang pemakan segala atau omnivora tidak heran kalau mereka gemar sekali memakan invertebrata atau serangga, beberapa jenis flora dan juga binatang lainnya. Tidak hanya itu saja, rakun termasuk binatang yang cukup berakal dan sebuah studi menyampaikan kalau rakun sanggup mengingat solusi permasalahan hingga dengan 3 tahun lamanya.



  1. Salamander


Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Pla Pengertian Fauna Neartik – Daerah Persebaran – Contoh FaunaSalamander masuk ke dalam keluarga reptil dan juga spesies binatang amfibi yang artinya sanggup hidup di dua lingkungan tempat. Bentuk badan dari salamander ibarat dengan kadal, bertubuh ramping dengan ekor panjang.


Kulit badan mereka cukup lembab sehingga tidak heran kalau salamander lebih banyak ditemukan di tempat lembab dan juga bersahabat dengan air. Salamender punggung merah merupakan salamender hutan kecil yang tinggal di lereng hutan Amerika Utara cuilan timur. Salamender termasuk reptil yang gampang untuk dikenali lantaran mempunyai warna badan yang terang dan juga kontras dengan lingkungan di sekitarnya.



  1. Domba Gunung


Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Pla Pengertian Fauna Neartik – Daerah Persebaran – Contoh FaunaBerbeda dengan jenis domba pada umumnya, domba gunung termasuk binatang yang sangat hebat dalam mendaki tebing curam di Pegunungan Rocky, Amerika Serikat.


Mempunyai bentuk kaki dengan kuku terbelah serta dua jari kaki yang sanggup melebar membantunya supaya sanggup menjaga keseimbangan ketika mendaki lereng gunung. Selain itu, domba gunung mempunyai warna bulu putih ibarat salju yang tebal membantu mereka supaya tidak gampang kedinginan dan juga menjadi kamuflasi terbaik untuk menghindari predator.



  1. Mockingbird


Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Pla Pengertian Fauna Neartik – Daerah Persebaran – Contoh FaunaJenis burung mockingbird yang hanya ada di Amerika Utara yakni Northern mockingbird. Kemampuan burung ini tidak perlu diragukan lagi, yakni sanggup menjiplak banyak sekali macam suara. Northern mockingbird populer mempunyai kecerdasan yang tinggi yakni sanggup mengenali setiap individu manusia, terutama insan yang menjadi bahaya bagi mereka.


Dalam mencari masakan burung ini akan melebarkan sayapnya dan hingga sekarang kebiasannya tersebut masih menjadi tanda tanya, ada kemungkinan hal tersebut mereka lakukan untuk menakut – nakuti serangga supaya memudahkan mockingbird dalam memakannya.


Itulah klarifikasi lengkap mengenai fauna neartik. Semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com