Sunday, April 23, 2017

√ (Rumor) Snapdragon 670 Bakal Gunakan Core Kryo Generasi Ke-6

(Rumor) Snapdragon 670 Bakal Gunakan Core Kryo Generasi ke-6 – Rasanya, gres aja beberapa bulan kemudian Qualcomm meresmikan kehadiran chipset powerful kelas menengah andalannya ialah Snapdragon 660, eh kini ada kabar lagi mengenai calon generasi penerusnya.


Iya, ini masih status calon yaa, belum diresmikan, belum tuker cincin, apalagi nentuin mahar #EhGimana. Kenapa ini menjadi menarik? Karena konon, kabarnya chip yang diperkirakan akan resmi hadir pada tahun 2018 tersebut bakal menjadi seri chipset kelas menengah pertama (dari Qualcomm) yang bakal mengusung teknologi fabrikasi 10nm.


Buat yang belum tau, ketika ini, chipset kelas menengah andalan Qualcomm “masih” memakai teknologi fabrikasi 14nm, yang mana berkat penerapan teknologi tersebut, performa dari chip sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya (yang masih memakai teknologi fabrikasi 28nm), sekaligus juga lebih efisien dalam penggunaan daya.


Artinya, diatas kertas, Snapdragon 670 seharusnya bakal mempunyai peningkatan peforma yang cukup signifikan dibandingkan dengan generasi chipset kelas menengah ketika ini.


Yang lebih menarik, Snapdragon 670 juga akan memakai arsitektur Kryo (custom core ARM) dengan total 8 core prosesor – 2 core performa tinggi (Kryo 360) dan 6 core ekonomis daya.


BACA JUGA : Bagus Mana, Prosesor Octa-core, Hexa-core, atau Deca-core?


Perlu kau tau bahwa Kryo 360 merupakan generasi ketiga dari Kryo, yang mana chipset smartphone paling kencang dari Qualcomm (Snapdragon 835) saja masih memakai generasi kedua.


Prosesor ini juga akan menerapkan teknologi DynamIQ tech dari ARM, yang menciptakan penerapan dan pemanfaatan core big.LITTLE (core performa tinggi dan ekonomis daya) menjadi lebih fleksibel. Lebih lanjut, GPU yang dipakai oleh chipset masa mendatang ini juga bakal memakai generasi terbaru (Adreno seri 6xx).


Sekali lagi, perlu diingat bahwa kabar ini masih berstatus rumor yaa! Kaprikornus masih ada kemungkinan bahwa warta tersebut kurang akurat. Dan selama belum diresmikan, masih ada kesempatan bagi kalian buat nikung si ia #IniApaSih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com