Tuesday, May 23, 2017

√ 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018

Biaya pendidikan itu jauh dari murah. Makanya, orang renta menabung dan berinvestasi untuk itu. Salah satunya menggunakan Tabungan Pendidikan Anak Syariah. Kami mengevaluasi 6Tabungan Pendidikan Anak Syariah terbaik di 2018.


Saya pernah menghitung berapa kebutuhan biaya pendidikan anak dari SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Universitas. Jumlahnya fantastis.


Biaya tersebut hanya sanggup dikejar dengan orang renta menabung atau berinvestasi. Jika mengandalkan gaji, dikala nanti anak masuk sekolah, keuangan keluarga sudah niscaya akan goyah.


Salah satu yang sanggup dilakukan ialah menabung di Tabungan Pendidikan Anak.


Sekarang sejumlah bank syariah sudah meluncurkan jenis tabungan pendidikan yang berakad syariah. Sehingga orang renta tidak perlu lagi kuatir jikalau ingin mempersiapkan dana pendidikan lewat instrumen tabungan yang sesuai keyakinan agama.


Apa saja produknya di 2018 dan mana yang terbaik ?


Tabungan Pendidikan Anak Syariah 2018


Tipikal tabungan pendidikan ialah orang renta menabung secara rutin dengan kesepakatan jangka waktu tertentu (makanya disebut tabungan berjangka atau berencana) dimana dalam masa tersebut tabungan dihentikan ditarik dan jikalau orang renta meninggal dunia maka asuransi akan melanjutkan menabung hingga jangka waktu selesai.


Tabungan pendidikan anak syariah di 2018 memperlihatkan kesepakatan yang sesuai syariah. Karena banyak orang renta yang membutuhkan produk yang sesuai doktrin agama.


#1 Bank Muamalat


 orang renta menabung dan berinvestasi untuk itu √ 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018


Tabungan pendidikan syariah muamalat ialah Tabungan iB Muamalat Rencana yang mengatakan solusi perencanaan keuangan untuk mewujudkan impian di masa depan sesuai prinsip syariah. Adanya tabungan ini merupakan keunggulan bank muamalat dibanding bank syariah lainnya.


Jenis kesepakatan ialah Mudharabah Muthlaqah dengan setoran minimum Rp 100.000. Orang renta harus punya komitmen menjalankan tabungan ini dalam jangka waktu tertentu, yaitu minimum 3 bulan dan maksimum 20 tahun.


Usia dikala pembukaan rekening minimal 17 tahun, maksimal 60 tahun Usia pada dikala tabungan Muamalat Rencana iB jatuh tempo maksimal 65 tahun.


Untuk penyetoran produk bank muamalat ini, nasabah wajib mempunyai rekening Tabungan Muamalat iB sebagai rekening sumber dana nasabah. Bank akan melaksanakan pendebetan dari rekening ini untuk disetorkan ke tabungan pendidikan.


Dalam hal penutupan Rekening ialah jikalau telah jatuh tempo, apabila gagal debet setoran selama 3 bulan berturut-turut, atas undangan Nasabah atau apabila saldo hasil klaim nasabah telah dikreditkan ke rekening sumber dana nasabah


#2 Bank Syariah Mandiri


 orang renta menabung dan berinvestasi untuk itu √ 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018


Tabungan anak berdikari syariah ialah tabungan berjangka yang mengatakan nisbah bagi hasil berjenjang serta kepastian pencapaian sasaran dana yang telah ditetapkan.


Sebagai salah satu jenis tabungan berdikari syariah, Tabungan berjangka ini sanggup dipakai untuk membantu perencanaan keuangan dalam jangka panjang. Tabungan dijalankan menurut prinsip syariah mudharabah muthlaqah dengan bagi hasil yang kompetitif.


Periode tabungan mulai dari 1 tahun sd 10 tahun. Usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun dikala jatuh tempo.


Bank ini memutuskan setoran bulanan minimal Rp100 ribu. Terkait setoran berlaku ketentuan bahwa jumlah setoran bulanan dan periode tabungan tidak sanggup diubah. Tidak sanggup pula mendapatkan setoran diluar setoran bulanan


Saldo tabungan tidak sanggup ditarik, dan bila ditutup sebelum jatuh tempo (akhir biaya masa kontrak) akan dikenakan administrasi. Tujuannya ialah memperoleh jaminan pencapaian sasaran dana.


Bagaimana jikalau orang renta kena petaka ?


Tabungan berjangka berdikari syariah ini menyediakan derma asuransi secara gratis dan otomatis, tanpa investigasi kesehatan. Manfaat asuransi ialah sebesar kekurangan sasaran dana dari setoran bulanan yang telah dibayarkan, sehingga manfaat asuransi dihitung dengan cara sbb.:


Manfaat asuransi = Target dana – Jumlah pembayaran setoran bulanan pada dikala klaim jumlah pembayaran setoran bulanan.


#3 BNI Syariah


 orang renta menabung dan berinvestasi untuk itu √ 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018


Tabungan pendidikan bni syariah ialah BNI Tapenas iB Hasanah. Ini ialah tabungan berjangka dengan kesepakatan Mudharabah untuk perencanaan masa depan yang dikelola menurut prinsip syariah dengan sistem setoran bulanan.


Manfaat tabungan anak bni syariah ialah bagi hasil lebih tinggi dengan setoran kecil mulai dari setoran tetap bulanan minimal Rp.100.000,- s/d Rp. 5.000.000,-.


Proses penyetoran mudah, yaitu Autodebet untuk setoran bulanan dari rekening Tabungan iB Hasanah/Bisnis Hasanah/Prima Hasanah.


Pilihan jangka waktu minimal 1 tahun hingga 18 tahun.


Jika orang renta kena musibah, tabungan pendidikan BNI syariah mengatakan manfaat derma asuransi jiwa hingga senilai Rp. 1.000.000.000,-. Adanya perlindungan asuransi ini menjamin dana tabungan pendidikan anak tetap aman.


Jangan khawatir soal premi asuransi. Karena asuransi ini otomatis bebas premi.


Persyaratan dan Tata Cara pembukaan produk bni syariah ini adalah: Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor), setoran awal minimal Rp. 100.000,- dan mempunyai Rekening Afiliasi di Bank BNI Syariah.


#4 BCA Syariah


 orang renta menabung dan berinvestasi untuk itu √ 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018


Tahapan Rencana iB ialah tabungan pendidikan anak syariah dari BCA Syariah. Tabungan investasi ini menurut prinsip mudharabah yang membantu perencanaan keuangan nasabah.


Sejumlah manfaat yang ditawarkan ialah alternatif investasi bagi nasabah untuk jangka pendek dan menengah, memperoleh kepastian pencapaian dana untuk perencanaan keuangan dan memperoleh manfaat ganda yaitu bagi hasil yang lebih kompetitif sekaligus manfaat perlindungan asuransi jiwa.


Manfaat Proteksi Asuransi Jiwa adalah: (1) lantaran sakit maka asuransi akan membayarkan sisa setoran yang belum dibayarkan oleh nasabah secara lumpsump/sekaligus kepada hebat waris melalui Bank BCA Syariah; (2) lantaran kecelakaan: asuransi akan membayarkan sisa setoran yang belum dibayarkan oleh nasabah secara lumpsump/sekaligus kepada hebat waris melalui Bank BCA Syariah dengan ketentuan santunan sedih 40x setoran bulanan


Persyaratan ialah mempunyai Tahapan iB atau Giro iB sebagai rekening induk dengan usia Nasabah 17 s/d 55 tahun pada dikala pembukaan rekening serta usia Nasabah maksimal 65 tahun pada dikala jatuh tempo rekening.


#5 CIMB Niaga Syariah


 orang renta menabung dan berinvestasi untuk itu √ 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018


Tabungan iB Pendidikan ialah tabungan rutin bulanan untuk mempersiapkan dana pendidikan dengan jangka waktu sesuai dengan tujuan pendidikan. Tabungan iB Pendidikan menggunakan prinsip Mudharabah Muthlaqah untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan si kecil sedini mungkin untuk mewujudkan cita-citanya kelak


Keuntungannya ialah fleksibel dalam menentukan jangka waktu tabungan dan memutuskan jumlah setoran rutin bulanan, minimal IDR 100.000,- Diperbolehkan menambah dana diluar setoran rutin bulanan dengan melaksanakan penyetoran eksklusif ke rekening Tabungan iB Pendidikan.


Selain itu, CIMB Niaga Syariah memperbolehkan nasabah memutuskan tanggal setoran rutin bulanan dan melaksanakan perubahan dalam hal meningkatkan jumlah setoran rutin bulanan dan tabungan yang menjadi sumber dana.


Hasil Investasi yang tinggi dengan nisbah bagi hasil yang kompetitif. Ditambah manfaat asuransi berupa derma asuransi jiwa tanpa investigasi kesehatan.


Untuk pembukaan nominal setoran awal tidak ada. Tetapi berikutnya harus melaksanakan setoran bulanan Rp 100 ribu dengan jangka waktu minimum 6 bulan.


Jika nasabah mengalami musibah, asuransi akan mengatakan derma dalam bentuk setoran rutin bulanan akan di lanjutkan hingga dengan jatuh tempo sebesar max. IDR 5.000.000 perbulan per nasabah.


Tetapi, Niaga Syariah memutuskan ketentuan untuk sanggup diproteksi asuransi, yaitu (1) Min. Usia penabung 18 tahun dan max. 60 tahun dikala jatuh tempo; (2) Min. Tenor tabungan 2 tahun, max. 20 tahun.


Imbal Hasil yang diterima nasabah ialah Tabungan iB Pendidikan jangka waktu 1 s.d < 3 tahun dengan nisbah bagi hasil 43% dan tabungan iB Pendidikan jangka waktu 1 s.d > 3 tahun dengan nisbah bagi hasil 45%


#6 BRI Syariah


 orang renta menabung dan berinvestasi untuk itu √ 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik 2018


Tabungan anak bri syariah ialah jenis tabungan berencana bri syariah. Produk simpanan berjangka dari BRI Syariah untuk nasabah perorangan yang dirancang untuk mewujudkan impian nasabahnya (kurban, pendidikan, liburan, belanja) dengan terpola menggunakan prosedur autodebet setoran rutin bulanan.


Akad ialah Mudharabah Muthlaqah dengan setoran cukup rendah, yaitu setoran awal minimum Rp 50 ribu dengan setoran rutin bulanan minimum : Rp 50.000,- dan kelipatannya.


Periode jangka waktu tabungan pendidikan anak ialah jangka waktu 12 – 240 bulan (kelipatan 12 bulanan) atau hingga usia Penabung dikala jatuh tempo maks. 65 tahun


Syarat dan Ketentuan ialah melampirkan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan mempunyai produk Tabungan Faedah BRISyariah iB sebagai rekening induk.


Dana hanya sanggup ditarik pada dikala jatuh tempo melalui rekening induk. Dapat dilakukan pemotongan zakat secara otomatis dari bagi hasil yang Anda dapatkan.

Yang penting diperhatikan, tidak sanggup dilakukan perubahan jangka waktu, setoran rutin bulanan, rekening induk


Jika terjadi musibah, BRI Syariah mengatakan perlindungan asuransi secara gratis. Manfaat Asuransi ialah sebagai berikut: Jumlah manfaat asuransi yang diberikan secara sekaligus sebesar akumulasi sisa setoran rutin bulanan yang belum dibayarkan hingga jatuh tempo, maksimum Rp 750.000.000,-/Nasabah.


Simak Artikel soal Asuransi Syariah: Menawarkan Keuntungan Lebih Baik dari Konvensional


Perbandingan Produk


Produk tabungan pendidikan anak syariah secara umum tidak jauh berbeda antara satu bank syariah dengan bank syariah lainnya. Fitur produk hampir identik.


Namun jikalau diperhatikan lebih detil, terdapat perbedaan – perbedaan, yaitu:



  • Minimum setoran bulanan dan jangka waktu. Ada yang paling kecil mulai dari Rp 50,000 sebulan dan jangka waktu paling cepat 3 bulan

  • Fleksibilitas. Ada yang memperbolehkan perubahan jumlah setoran namun ada tidak sanggup dirubah sama sekali

  • Proteksi Asuransi. Penggantian petaka yang diganti oleh asuransi berbeda – beda terutama soal jumlah maksimum yang sanggup diganti.

  • Imbal Hasil. Ini memperlihatkan berapa laba yang diterima. Sayangnya, tidak semua bank syariah menampilkan isu ini di situs mereka.


Kemudahan seharusnya menjadi faktor utama dalam menentukan tabungan pendidikan anak syariah. Berikut ini perbandingan antara tabungan pendidikan anak syariah:


























FiturMuamalatSyariah MandiriBNI SyariahBRI SyariahNIaga SyariahBCA Syariah
AkadMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah MuthlaqahMudharabah Muthlaqah


Setoran Minimum
Rp 100,000100,000100,00050,000100,000250,000


Jangka Waktu Minimum
3 bulan1 tahun1 tahun1 tahun6 bulan1 tahun
Proteksi AsuransiLump-sum dibayar sisa setoran bulanan hingga jatuh tempo + 20x setoran bulanan. Manfaat max Rp 1 M / nasabah.Sebesar kekurangan sasaran dana dari setoran bulanan yang telah dibayarkanMax rp 1 M per nasabahLump-sum dibayar akumulasi sisa setoran bulanan hingga jatuh tempo, max Rp 750 juta/nasabahSetoran bulanan di lanjutkan hingga jatuh tempo sebesar max. Rp 5 juta per bulan / nasabahLump-sum dibayar max 40x setoran bulanan.
Imbal HasilTidak Ada InfoTidak Ada InfoTidak Ada InfoTidak Ada Info43%30%


Kesimpulan


Tabungan pendidikan anak syariah sanggup menjadi solusi bagi orang renta dalam mempersiapkan dana biaya sekolah anak. Biaya sekolah jadi hal yang membutuhkan persiapan sedini mungkin.


Kami mengevaluasi 6 tabungan pendidikan syariah. Secara umum fitur produk tabungan anak syariah tidak berbeda secara signifikan antara bank syariah.


Tetapi, jikalau diperhatikan lebih cermat, fitur antara tabungan pendidikan syariah berbeda-beda. Ini yang perlu jadi perhatian dikala memutuskan untuk mengambil.



Sumber https://duwitmu.com