Saturday, May 13, 2017

√ Feed Suplement Ternak Unggas


Feed Suplement Ternak Unggas - Feed suplement yaitu tambahan pakan yang berasal dari zat gizi menyerupai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, asam amino, enzim hormon dan lain-lain.

Feed suplemen adalah masakan pemanis untuk pakan unggas semoga lebih baik kwalitas maupun gizinya. Feed suplemen ini biasa disebut premix . Premix biasanya terdiri dari vitamin asam amino ,mineral, anti biotik atau keempatnya.
 
Feed suplement yang sanggup membantu meningkatkan konsumsi pakan

Peningkatan konsumsi sanggup dilakukan dengan memperbaiki tekstur pakan (pellet binders atau perekat pellet). Tekstur masakan untuk unggas yang paling baik yaitu apabila berbentuk pellet. Pellet sanggup meminimalisir kekurangan bentuk pakan yang lain. Bentuk amba (bulky) menyebabkan pakan sulit dikonsumsi dan cepat mengenyangkan. Bentuk mash (halus) menyebabkan pakan sulit dikonsumsi dan berdebu. Supaya penggunaan pakan tersebut sanggup dimaksimalkan, tekstur masakan tersebut perlu dirubah menjadi tekstur yang lebih berangasan guna menyesuaikan dengan bentuk paruh unggas, salah satunya dalam bentuk pellet.

Feed suplement yang membantu pencernaan
Pencernaan sanggup dioptimalkan dengan cara menunjukkan enzim. Pemberian enzim protease umpamanya akan meningkatkan kecernaan protein. Pemberian enzim lipase akan meningkatkan kecernaan lemak dan kontribusi enzim karbohidrase akan meningkatkan kecernaan karbohidrat.

Feed suplement untuk meningkatkan sisi komersial produk ternak.
Salah satu pola yang terkenal yaitu penggunaan karotenoid. Karetenoid yaitu pigmen berwarna kuning. Karotenoid sanggup dipakai untuk pigmentasi ayam broiler dan kualitas kuning telur. Konsumen umumnya menyukai ayam broiler yang kulitnya berwarna kuning sehingga terlihat segar dan menarik perhatian. Beberapa pola produk karotenoid yaitu karotenoid sintesis, carophy yellow dan jagung kuning.

Feed suplement untuk meningkatkan metabolisme
Salah satu feed supelement yang umum dipakai untuk meningkatkan metabolisme yaitu estrogen. Estrogen menyebakan penimbunan lemak lebih banyak dan karkas yang diperoleh lebih empuk. Feed suplement lainnya yaitu kasein dan yodium yang sanggup mempercepat pertumbuhan bulu dan menurunkan kadar lemak. Hormon sanggup mengatur siklus bertelur dan molting. Senyawa arsen sanggup menstimulasi pertumbuhan.

Bahan Bacaan :

BAHAN PAKAN UNGGAS NON KONVENSIONAL. OLEH: DR. IR. WAHYU WIDODO

Sumber http://kutukuliah.blogspot.com