Wednesday, May 10, 2017

√ Langgar Kamera Zenfone 3 Max Vs Redmi Note 4, Bagusan Mana?

Adu Kamera Zenfone 3 Max vs Redmi Note 4, Bagusan Mana? – ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL dengan Xiaomi Redmi Note 4 merupakan dua pilihan smartphone terbaik yang bisa kau beli di rentang harga 3 juta. Bahkan, Xiaomi yang memang sudah dikenal sebagai produk murah dengan spek tinggi, membanderol perangkatnya tersebut dengan harga dibawah 3 juta.


 merupakan dua pilihan smartphone terbaik yang bisa kau beli di rentang harga  √ Adu Kamera Zenfone 3 Max vs Redmi Note 4, Bagusan Mana?Dan syukurlah, mimin berkesempatan untuk melaksanakan uji perbandingan antara kedua smartphone ini (meskipun, salah satu unit hapenya itu boleh minjem sih 😛 ), yang alhasil nanti bakal mimin posting di blog Techijau.com ini. Rencananya sih, nanti mimin bakal menciptakan dua ulasan berbeda yaa, dimana pada posting ini, mimin bakal berfokus untuk membahas soal perbandingan kamera diantara keduanya.


Oiya, sebelum mimin mulai menawarkan evaluasi pribadi, mimin sudah mengajak followers Instagram mimin (@masbocah) untuk ikut menawarkan evaluasi melalui voting “buta”, tanpa memberitahukan identitas dari masing-masing foto sampai waktu yang ditentukan.


Dan berdasarkan hasil vote tersebut, ternyata hasil kamera dari ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL lebih disukai dengan skor telak, dibandingkan dengan hasil dari kamera Xiaomi Redmi Note 4, dengan rincian:



  • Zenfone 3 Max 22 vs 5 Redmi Note 4 (Warna & detail dari foto bunga, sinar matahari tertutup awan)

  • Zenfone 3 Max 6 vs 12 Redmi Note 4 (Outdoor, dibawah bayangan)

  • Zenfone 3 Max 14 vs 9 Redmi Note 4 (Outdoor, dibawah sinar matahari tertutup awan)

  • Zenfone 3 Max 5 vs 13 Redmi Note 4 (Warna, dibawah sinar matahari tertutup awan, area yang lebih gelap)

  • Zenfone 3 Max 12 vs 10 Redmi Note 4 (HDR Mode)

  • Zenfone 3 Max 17 vs 3 Redmi Note 4 (Indoor)












Secara keseluruhan, mimin oke dengan hasil tersebut, akan tetapi… Bukan berarti kamera dari Xiaomi Redmi Note 4 ini buruk banget loh yaa. Sama sekali nggak.


Sebenernya, kamera dari kedua hape ini memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang membuatnya menghasilkan foto anggun di keadaan tertentu, tapi juga bisa buruk di keadaan lainnya. Nah, disinilah mimin akan coba ulas berdasarkan apa yang mimin lihat.


Detail Gambar Dan Warna





A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on





Sebelumnya perlu kau tau, bahwa pengujian diluar ruangan yang mimin lakukan ini dalam keadaan cuaca agak mendung. Dalam keadaan tersebut, gambar yang dihasilkan oleh Zenfone 3 Max (gambar B) mimin rasa agak terlalu “cold”, sementara Redmi Note 4 (gambar A) menghasilkan gambar dengan white balance yang lebih mendekati aslinya (lebih “warm”).


Sama-sama agak kacau sih sebenernya, meskipun jikalau dilihat sepintas, berdasarkan mimin gambar milik Redmi Note 4 lebih baik. Tapiii, beda dongeng ketika kita coba untuk melihat lebih detail. Perhatikan gambar dibawah ini.







Foto milik Zenfone 3 Max nampak lebih terlihat jauh lebih anggun untuk detailnya. Resolusi kamera yang lebih besar dibandingkan Redmi Note 4 (16MP vs 13MP) sedikit banyak menghipnotis untuk urusan ini.



BACA JUGA : Apa Itu Megapixel Pada Kamera?



Tak hanya itu, dari segi warna pun, kali ini foto dari Zenfone 3 Max nampak lebih natural ketimbang warna yang dihasilkan oleh kamera Redmi Note 4, yang berdasarkan mimin nampak agak pudar serta sedikit terlalu kekuningan. Sehingga, mimin putuskan bahwa Zenfone 3 Max ialah pemenang untuk sesi ini.


Outdoor, Dibawah Bayangan





A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on





Ini maksudnya bukan dibawah bayang-bayang mantan loh yaa. Ehehe. Kaprikornus posisinya tuh, matahari ada disono, terus ketutupan bangunan gede, nah kita ada dibawah bayangan dari bangunan tadi. Dari gambar diatas, terlihat bahwa hasil kamera dari Redmi Note 4 (gambar B) nampak mempunyai warna yang lebih mendekati aslinya.


Sementara itu, hasil foto Zenfone 3 Max (gambar A) nampak agak kacau white balance nya, terlalu cold, sehingga warna nya pun jadi tidak natural. Dan iya, Redmi Note 4 menang untuk sesi ini.


Outdoor, Dibawah Sinar Matahari (Sedikit Tertutup Awan)





A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on





Saat mentari mulai menampakkan cahayanya sedikit lebih cerah, mimin kembali menguji coba kamera dari keduanya. Hasilnya? Kamera dari Redmi Note 4 (gambar B) menghasilkan gambar yang sedikit terlalu terang alias over exposure. Akibatnya, gambar jadi kehilangan detail, warna dari dedaunan pun nampak jadi lebih pudar dan tidak alami.


Sementara itu, kecerahan yang dihasilkan oleh Zenfone 3 Max (gambar A) nampak lebih pas. Meskipun, berdasarkan mimin warna dari dedaunannya pun juga masih belum mendekati aslinya alias tidak alami alasannya terlalu cold.


Meski demikian, ketika memasuki proses pengeditan, gambar dari Zenfone 3 Max seharusnya masih bisa diselamatkan. Sementara untuk Redmi Note 4, agaknya akan sedikit lebih sulit untuk diselamatkan alasannya warna dan detailnya sudah sedikit hilang akhir over exposure. Kaprikornus untuk sesi ini, Zenfone 3 Max ialah pemenangnya.


Lokasi Yang Sama, Diarahkan Ke Area Yang Lebih Gelap





A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on





Kali ini, gambar dari Zenfone 3 Max (gambar B) nampak terlalu cold sehingga warna yang dihasilkan nampak tidak alami. Sementara itu Redmi Note 4 bisa menghasilkan gambar yang lebih baik di keadaan ini, dengan warna yang hampir mendekati aslinya. Ngga usah ditanya, udah terang Redmi Note 4 yang menang di sesi ini.


HDR





A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on





Gambar B, yang dihasilkan oleh Redmi Note 4 nampak mempunyai warna yang lebih mendekati aslinya. Namun, alasannya sesi ini ialah pengujian untuk HDR mode, maka Zenfone 3 Max lah yang menjadi pemenang.


Sebabnya? Coba perhatikan langit pada gambar diatas. Langit dan awan pada foto yang dihasilkan oleh Zenfone 3 Max lebih terlihat terang ketimbang milik Redmi Note 4 yang nampak masih over exposure. Yang artinya, kinerja fitur HDR terang lebih baik pada kamera Zenfone 3 Max. Meski sayangnya, white balance nya masih terkesan terlalu cold, sehingga agak sedikit mengurangi keindahannya alasannya warnanya yang nampak tidak alami.


Indoor





A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on





Dalam keadaan ini, hasil foto dari Zenfone 3 Max (gambar B) masih terlihat sedikit lebih cold, meskipun tidak separah pada ketika dipakai untuk mengambil gambar di luar ruangan. Dari sisi warna, memang, Redmi Note 4 (gambar A) bekerjsama lebih mendekati aslinya.


Namun jikalau kita perhatikan lebih lanjut, ternyata noise pada foto milik Redmi Note 4 nampak sedikit lebih banyak dan terang (perhatikan pada pecahan vas / pot bunga nya). Dan untuk detail gambarnya pun sedikit lebih pudar dibandingkan dengan foto dari Zenfone 3 Max. Sehingga, kembali, Zenfone 3 Max menang untuk sesi ini.


Low Light





A post shared by Mas Bocah (@masbocah) on





Foto diatas diambil dengan mode low light dari masing-masing perangkat. Kalau dilihat sepintas, gambar dari Redmi Note 4 dengan Zenfone 3 Max nampak tak jauh beda dari segi kecerahan, hanya nampak perbedaan temperatur warnanya saja.


Akan tetapi, warna yang lebih pudar, detail yang kurang baik, serta noise yang lebih banyak, menjadi kekurangan bagi kamera milik Redmi Note 4. Coba kita perhatikan gambar yang sudah di zoom untuk melihat detailnya dibawah ini.







See? Nampak terang bahwa kamera dari Zenfone 3 Max bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam, meski di area low light. Eits, jangan keburu menyalahkan “megapixel” yang lebih kecil di kamera Redmi Note 4 yaa. Karena kau perlu tau, bahwa ketika mode low light, kamera dari Zenfone 3 Max akan diturunkan resolusinya jadi 1/4 dari total resolusi yang ada (jadi 4 megapixel saja).


Sebenarnya mimin juga sudah melaksanakan uji coba kedua kamera hape ini di keadaan yang sama dengan mode auto. Akan tetapi, ternyata foto mode auto yang ditangkap oleh Redmi Note 4 ternyata tidak tersimpan. Kaprikornus yaaa nggak jadi deh..


Bonus: Kemampuan Fokus Objek Kecil Jarak Dekat


 merupakan dua pilihan smartphone terbaik yang bisa kau beli di rentang harga  √ Adu Kamera Zenfone 3 Max vs Redmi Note 4, Bagusan Mana?Mimin sempat iseng untuk mengambil foto objek kecil dengan Redmi Note 4. Tapi ternyata, kameranya ini tampak kesulitan untuk fokus ke area yang diinginkan, dan sama sekali tak berhasil meski sudah berkali-kali mimin coba. Mimin sudah mencoba untuk menjauhkan dan mendekatkan kameranya ke objek, namun alhasil tetap sama.


Dan alasannya penasaran, mimin pun coba melaksanakan hal yang sama dengan Zenfone 3 Max. Hasilnya? Dalam 3 atau 4 kali percobaan saja, kameranya sudah berhasil fokus ke area atau objek yang diinginkan tersebut. Dan berikut ialah hasil perbandingannya (atas Redmi Note 4, bawah Zenfone 3 Max).


 merupakan dua pilihan smartphone terbaik yang bisa kau beli di rentang harga  √ Adu Kamera Zenfone 3 Max vs Redmi Note 4, Bagusan Mana?Kesimpulan


Berdasarkan hasil dari perbandingan diatas, tentu kita jadi tau bahwa kamera dari masing-masing perangkat ini punya poin plus dan minus yang saling bertolak belakang. Zenfone 3 Max cenderung menghasilkan gambar dengan temperatur lebih dingin, sementara Redmi Note 4 lebih hangat.












Sayangnya, setting otomatis dari white balance yang cenderung lebih cold pada Zenfone 3 Max tersebut seringkali menciptakan gambar yang dihasilkan jadi nampak sedikit absurd dari sisi pewarnaan, khususnya dalam keadaan pencahayaan tertentu (outdoor, namun agak gelap) ibarat yang sudah kita bahas diatas.


Disinilah kamera Redmi Note 4 jadi terlihat lebih bagus. Pun demikian dengan kamera Redmi Note 4 yang terlihat kurang menarik dari segi detail, plus, munculnya noise yang lebih banyak ketika dipakai dalam keadaan low light, menciptakan kamera dari Zenfone 3 Max jadi terlihat lebih menarik.



Jadi, lebih anggun yang mana nih, Min?



Pilihan sulit sebenarnya. Tapi jikalau harus memilih, mimin akan lebih menentukan Zenfone 3 Max sebagai pemenang, karena:



1. Detail gambar. Akan lebih gampang untuk “menyelamatkan” foto dari Zenfone 3 Max dalam proses pengeditan. Karena detail gambar ialah salah satu hal yang paling sulit diselamatkan ketika kita mengedit foto.


2. Punya mode manual dengan pilihan yang lebih kaya. Mode manual memungkinkan kita untuk mengutak atik settingan kamera menjadi sesuai dengan cita-cita kita. Pilihan settingan ISO dan Shutter speed (yang tak dimiliki oleh Redmi Note 4) membuatnya sangat memungkinkan untuk menghasilkan gambar yang lebih menarik, khususnya ketika mengambil gambar dalam keadaan low light.


3. Setting white balance masih bisa diperbaiki dengan mode manual. Yaps, kekurangan dari kamera Zenfone 3 Max yang cenderung lebih cold alias kebiruan, masih bisa diakali dan diperbaiki dengan setting white balance yang bisa kita atur sendiri ketika memakai mode manual.



Nah, itulah ulasan perbandingan kamera milik Xiaomi Redmi Note 4 dengan ASUS Zenfone 3 Max. Kalau seandainya ASUS mau atau bisa memperbaiki duduk kasus white balance pada kamera dari Zenfone 3 Max ini, tentu alhasil akan jauh lebih baik.


BACA JUGA :




Kamu bisa membeli atau sekedar melihat harga dari ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL di halaman ini, atau Xiaomi Redmi Note 4 di halaman ini.



Oke, sekian dulu ya untuk bahasan kali ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapat informasi menarik lainnya. Kamu boleh kok follow akun Instagram mimin @Masbocah jikalau kau suka dengan pengujian ini. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com