Tuesday, May 23, 2017

√ Mantra Dan Syair : Pengertian, Ciri, Jenis Dan Contoh

Mantra dan Syair : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh – Puisi merupakan salah satu karya sastra tertua di Indonesia, terutama pada puisi lama. Apa itu puisi lama? Puisi usang merupakan salah satu karya sastra prosa yang dibentuk dengan kalimat indah dengan hukum pembuatan yang masih ketat, baik dari unsur pembentukan rima, persajakan, maupun bait tiap barisnya.


Puisi usang mempunyai bermacam-macam jenis, salah satu jenis puisi usang yaitu mantra. Puisi jenis matra dulu digunakan oleh orang-orang budbahasa untuk mengusir roh jahat, membuang sial, sampai upacara yang berkaitan dengan pengungkapan rasa syukur.


Ciri-Ciri Puisi Mantra


Mantra mempunyai beberapa ciri-ciri khusus. Untuk membedakan antara mantra dengan beberapa jenis puisi usang lainnya. Kalian perlu mengetahui beberapa ciri-ciri mantra sebagai berikut.


Baca juga: Pengertian Novel, Ciri-Ciri Novel dan Jenis-Jenis Novel


Pertama, mempunyai kekuatan magis. Ciri-ciri mantra paling gampang dikenali yaitu mempunyai kekuatan magis. Sebab kalimat-kalimat yang dituangkan pada puisi mantra dulunya digunakan untuk upacara ritual beberapa kepercayaan tertentu, Ada beberapa kalimat-kalimat tertentu yang menyebut kata Tuhan. Sebagai misal Sang Hiyang Widi, Gusti Pangeran, Kuasa Jagat, dlsb.


 Puisi merupakan salah satu karya sastra tertua di Indonesia √ Mantra dan Syair : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh


Kedua, kalimat-kalimat pada mantra berisi harapan. Baik keinginan yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan, kelancaran rezeki, dlsb. Pengharapan ini ditujukan untuk Tuhan dalam kepercayaan tradisi mereka.


Ketiga, mantra umumnya terdiri atas 100 kata. Jika ditulis dalam kertas A4, maka satu buah kalimat mantra akan memakan kertas A4 sebanyak sepertiganya.


Contoh Mantra


Untuk mengetahui menyerupai apa citra mantra itu. Berikut ini kami berikan salah satu pola mantra.


Assalamulaikum putri si anak besar


Yang beralunkan semilir semayam


Mari kecil, kemarilah


Aku menyanggul rambutmu


Aku membawa sadap gading penuh keyakinan


Akan membasuh mukamu penuh dengan kasih sayang


Semoga engkau senang di alam sana


Nah, gres saja kita sudah mempelajari mengenai mantra. Berikutnya kita mempelajari jenis puisi usang yang lain, yaitu syair.


Apa sih Pengertian Dari Syair ?


Syair merupakan salah satu jenis puisi usang yang berasal dari bahasa Arab “syu’ur” yang bila diartikan berarti penasaran. Maksud perasaan disini yaitu sebuah ungkapan perasaan yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Makara jelasnya, syair merupakan salah satu jenis puisi usang yang masih terikat dengan beberapa hukum ketat.


Baca juga: Pengertian Cerpen, Unsur Pembangun Cerpen, Unsur Intrinsik Cerpen


Apa Sih Ciri-Ciri Dari Syair ?


Ada beberapa ciri-ciri yang dapat kalian temui pada sebuah syair. Berikut beberapa ciri-ciri yang dapat ditemui pada sebuah syair.


-Syair mempunyai pola persajakan a-a-a-a


-Bahasa yang digunakan dalam syair yaitu bahasa yang sifatnya kiasan


-Syair biasanya berisi perihal petuah-petuah untuk seseorang


– Setiap bait pada satu syair terdiri atas minimal 4 baris


Jenis-Jenis Syair yang Bisa Kita Temui


Syair mempunyai bermacam-macam jenis. Jenis syair ini dibagi menurut isinya. Berikut beberapa jenis-jenis syair.


Pertama, syair agama: yaitu salah satu jenis syair yang didalamnya membicarakan tema-tema seputar keagamaan. Mulai dari cerita-cerita perihal kehidupan sufi, syariat agama, akhlak, sampai kisah-kisah seputar nabi.


Kedua, syair kiasan: yaitu salah satu jenis syair yang dibentuk menurut imajinasi saja. Artinya, syair itu tidak menceritakan pengalaman sehari-hari si pembuat syair tersebut.


Baca juga: Pengertian Pantun, Ciri-Ciri Pantun dan Jenis-Jenis Pantun


Ketiga, syair romantis: yaitu salah satu jenis syair yang didalamnya berisi ungkapan-ungkapan penuh dengan keromantisan, kisah cinta, patah hati, dan kasih sayang. Syair jenis ini dulu digunakan oleh para raja-raja untuk menggaet calon permaisuri.


Keempat, syair sejarah: syair sejarah merupakan salah satu jenis syair yang mengungkapkan tema-tema seputar sejarah kejadian suatu peristiwa. Syair sejarah disusun secara runut, mengikuti alur kronologi terjadinya insiden besar di masa kemudian melalui syair.


Nah, kini kalian sudah paham kan apa dan bagaimana itu mantra dan syair? Sekarang cobalah kalian mulai berlatih menciptakan mantra dan syair memakai beberapa kaidah yang sudah dijelaskan dalam artikel ini.


Bila ada pertanyaan tentang Mantra dan Syair : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh dapat ditulis di kotak komentar.



Sumber https://www.siswapedia.com