Sunday, May 14, 2017

√ Materi Pakan Ternak, Ransum, Dan Konsentrat


 segala sesuatu yang sanggup diberikan kepada ternak  √ Bahan Pakan Ternak, Ransum, dan Konsentrat
Bahan Pakan Ternak, Ransum, dan Konsentrat - Bahan pakan (bahan masakan ternak) adalah segala sesuatu yang sanggup diberikan kepada ternak (baik berupa materi organik maupun anorganik) yang sebagian atau seluruhnya sanggup dicerna tanpa mengganggu kesehatan ternak. Pada umumnya pengertian pakan (feed) dipakai untuk binatang yang mencakup kuantitatif, kualitatif, kontinuitas serta keseimbangan zat pakan yang terkandung di dalamnya.

Ransum yaitu pakan jadi yang siap diberikan pada ternak yang disusun dari banyak sekali jenis materi pakan yang sudah dihitung (dikalkulasi) sebelumnya menurut kebutuhan industri dan energi yang diperlukan. Ransum harus sanggup memenuhi zat-zat masakan yang dibutuhkan seekor ternak untuk banyak sekali fungsi tubuhnya, ibarat hidup pokok, produksi, maupun reproduksi.

Ransum yaitu pakan yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan ternak selama 24 jam. Ransum ternak unggas dan ruminansia sangat berbeda, disebabkan lantaran perbedaan dalam sistem pencernaannya.

Konsentrat yaitu campuran dari beberapa materi pakan untuk melengkapi kekurangan gizi dari hijauan masakan ternak. Terdiri dari materi pakan dengan kandungan serat berangasan rendah dan gampang dicerna berasal dari biji-bijian, hasil ikutan/limbah pertanian dari pabrik pengolahan hasil pertanian dan materi berasal dari binatang ibarat tepung ikan, tepung darah dan lain-lain. 

Konsentrat merupakan masakan ternak penguat yang kaya karbohidrat dan protein ibarat jagung, bekatul, dan bungkil-bungkilan. Pakan konsentrat sanggup dibeli dalam bentuk materi masakan contohnya dedak, bekatul, jagung, dll. Konsentrat dipakai terutama pada dikala pertumbuhan, pada masa kebuntingan maupun dikala menyusui induknya.


Sumber http://kutukuliah.blogspot.com