Monday, May 1, 2017

Negara Yordania: Profil, Sejarah, 15 Fakta Menarik

Profil Negara Yordania


Salah satu negara yang berada di tempat Timur Tengah  Negara Yordania: Profil, Sejarah, 15 Fakta MenarikSalah satu negara yang berada di tempat Timur Tengah Benua Asia dan bersahabat dengan negara Arab Saudi yaitu Yordania. Negara Yordania atau Jordania mempunyai nama resmi yaitu Kerajaan Hasyimiyah Yordania juga mempunyai nama lain dalam bahasa arab yaitu Al – Mamlaka al – Urduniyyah al – Hashemiyya atau sanggup diartikan sebagai sebuah kerajaan yang berada di tepi barat sungai Yordan. Yordania termasuk negara Monarki Konstitusional yang merupakan suatu sistem pemerintahan di mana kepala negara dipimpin oleh Raja dan kepala pemerintahan dikepalai oleh Perdana Menteri. Rakyat Yordania juga melakukan pemilihan umum legislatif setiap 4 tahun sekali untuk menentukan anggota dewan legislatif yang nantinya akan menjadi Dewan Perwakilan Rakyat Yordania atau Majlis al-Nuwaab.


Secara geografis, negara Yordania berbatasan dengan negara Arab Saudi di sebelah timur dan tenggara, negara Irak pada belahan timur laut, di sebelah utara dan tepi barat ialah negara Suriah dan Israel berada di sebelah barat dan juga menyebarkan kekuasaan atas Laut Mati. Negara Yordania mempunyai ibu kota sekaligus sebagai sentra pemerintahan yaitu Kota Amman. Luas negara ini yaitu sekitar 89.342 km persegi dengan jumlah populasi sebanyak lebih dari 10 juta jiwa. Sebagian besar atau sekitar 98% penduduk merupakan keturunan Arab dan lebih banyak didominasi beragama Islam terutama Islam Sunni serta sudah tentu memakai bahasa Arab untuk sehari – harinya.


Sejarah Negara Yordania


Zaman dahulu kala, Yordania merupakan pusatnya peradaban kuno. Hal ini didukung oleh letak geografis yang berada di tempat berjulukan Bulan Sabit Subur yang terdiri atas Kanaan dan Babilonia. Secara perlahan, Yordania menjadi rumah bagi beberapa kerajaan kuno ibarat Kerajaan Edom, Kerajaan Ammon, Kerajaan Moab dan juga Kerajaan Nabath (Petra). Kerajaan Edom berada di dataran belahan selatan dan tenggara dari Laut Mati serta berdekatan dengan Israel di belahan timur dan selatan. Kerajaan Moab berada di daerah pegunungan timur dan tengga dari Laut Mati. Sedangkan Kerajaan Nabath menguasai hampir separuh wilayah Yordania dan diperkirakan merupakan cikal bakal kaum Nabi Shaleh yaitu Tsamud yang mempunyai keahlian dalam hal memahat dan mengukir kerikil keras untuk diubah menjadi rumah sampai istana berukuran besar.


Seiring berjalannya waktu dan dikuasai oleh beberapa kerajaan yang berbeda – beda, sebagian dari wilayah Yordania berada di bawah kekuasaan negara tetangga ibarat Mesir Kuno ketika peperangan Hittit dan Babilonia. Selain itu, Yordania juga sempat dikuasai oleh kekaisaran kuno ibarat Yunani, Romawi, Persia sampai Bizantium. Perebutan wilayah kekuasaan di Yordania terus berlanjut sampai pada masa ke 11, ketika itu Yordania menjadi sentra terjadinya Perang Salib sampai berujung kekalahan Dinasti Ayyubiyah. Tidak hanya itu saja, Yordania juga diserang oleh Mongol yang dihalangi oleh Mamluk (budak belian kasta kesatria yang dimiliki oleh khalifah Islam). Hingga karenanya menjadi negara merdeka pada tanggal 25 Mei 1946 sehabis dijajah oleh Kerajaan Inggris.


Politik Negara Yordania


Di bidang politik negara Yordania telah menyetujui perdagangan bebas dengan Amerika Serikat yang sudah berlaku pada semenjak bulan Desember 2001. Isi dari perjanjian tersebut yaitu menghapus segala macam pungutan untuk semua komoditas di antara kedua negara. Selain itu juga, Yordania telah menjadi negara maju atau terdepan di Uni Eropa semenjak bulan Desember 2010 serta menjadi anggota perdagangan bebas Eropa – Timur Tengah.


Tidak hanya itu saja, Yordania juga menjadi negara Pro – Barat dan menjalin kolaborasi antara Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris serta menjadi sekutu utama (bukan anggota NATO) Amerika Serikat semenjak tahun 1996. Yordania juga menjadi salah satu pendiri Liga Arab, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), anggota Perdagangan Dunia (WTO) dan masih banyak lagi.


Perekonomian Negara Yordania


Negara Yordania termasuk negara dengan tingkat ekonomi terendah di kawasa Timur Tengah. Berbeda dengan negara – negara di Timur Tengah lainnya, Yordania tidak mempunyai sumber daya alam yang cukup untuk membangun perekonomian. Sehingga Yordania memperoleh pendapatan negara yang berasal dari sektor pariwisata, teknologi dan informasi, pupuk, pakaian, pengolahan minyak dan semen, sektor pertanian ibarat stroberi, jeruk, zaitun, daging domba sampai susu.


Fakta – Fakta Unik Negara Yordania



  1. Salah satu negara yang berada di tempat Timur Tengah  Negara Yordania: Profil, Sejarah, 15 Fakta MenarikTerdapat saksi kekayaan Kerajaan Nabath berupa situs terbesar yaitu Kota Petra yang masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia Baru dan telah terdaftar di UNESCO. Nama Petra berasal dari bahasa Yunani yang artinya batu. Petra dikenal sebab mempunyai setidaknya 800 patung individu termasuk makam, bangunan, kuil, jalanan dan lain sebagainya.

  2. Untuk membangun seluruh bangunan yang terdapat di Kota Petra, kerikil – kerikil tersebut dilunakan memakai garam yang berasal dari Laut Mati.

  3. Dahulu Kota Petra mempunyai persediaan air yang cukup untuk dipakai oleh penduduknya sebanyak 30.000 jiwa.

  4. Selain Petra, terdapat pula bekas peradaban lain ibarat Hellenistik dan Romawi yang menyisakan reruntuhan kota – kota Dekapolis (Umm Qais, Amman, Jerash, Kapitolias, Pella, Rafana, Irbid dan situs Bizantium Umm ar-Rasas.

  5. Terdapat sisa kerajaan gurun ibarat Qasr al Hallabat, Qasr Mshatta, Qasr Amra dan semunya sudah terdaftar sebagai situs warisan dunia.

  6. Sebagian besar wilayah yang berada di Yordania modern digolongkan sebagai negara dengan tingkat pembangunan insan tinggi menurut Laporan Pembangunan Manusia pada tahun 2010.

  7. Rakyat Yordania terdiri atas etnik Arab, Kirkasia dan Armenia.

  8. Terdapat makam Nabi Musa di Gunung Nebo

  9. Merupakan tempat Laut Mati berada.

  10. Terdapat sebuah situs pembabtisan di Sungai Yordan menurut salah satu inovasi arkeologi bibel modern. Situs tersebut dipercaya sebagai tempat pembabtisan Yesus Kristus.

  11. Ibu Kota Yordania, Amman merupakan kota yang melintasi tujuh bukit atau Jabal. Sekarang ini kota Amman telah meliputi 19 bukit dan tidak mempunyai sisi barat maupun sisi timur.

  12. Salah satu negara yang berada di tempat Timur Tengah  Negara Yordania: Profil, Sejarah, 15 Fakta MenarikSeluruh bangunan yang terdapat di Kota Amman berasal dari kerikil atau beton bertingkat, tidak mempunyai ruang kosong dan rata – rata bentuk bangunan sama.

  13. Rakyat Yordania sangat menyayangi rajanya. Tidak heran jikalau foto Raja akan gampang ditemukan di segala macam tempat.

  14. Bangsa Yordania sangat ramah dengan tamu, tidak haran mereka juga akan menyajikan segelas cangkir kopi untuk para turis dan orang asing.

  15. Yordania mempunyai bunga nasional yang berjulukan Irish Hitam. Bunga ini termasuk bunga langka dan hanya tumbuh di Wadi Rum di ekspresi dominan semi.


Demikian klarifikasi mengenai negara Yordania. Semoga sanggup menambah pengetahuan kalian.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com