Friday, May 5, 2017

√ Pengertian, Ciri-Ciri Dan Struktur Teks Ulasan

Pengertian, Ciri-Ciri dan Struktur Teks Ulasan – Teks Ulasan sering kali kita menjumpai bermacam-macam teks ulasan yang mengulas mengenai buku, film , lagu maupun karya sastra lainnya dikala kita membaca surat kabar, majalah atau membaca di internet.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014), mendefinisikan bahwa teks ulasan merupakan sebuah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap banyak sekali hal.


Analisis tersebut sanggup berbentuk buku, novel, berita, laporan, maupun dongeng, dimana teks tersebut memperlihatkan analisis atau jawaban yang bekerjasama dengan latar, waktu, tempat, dan aksara yang ada di dalam teks tersebut.


Artikel terkait: Kalimat pribadi dan tidak langsung


 Teks Ulasan sering kali kita menjumpai bermacam-macam teks ulasan yang mengulas mengenai buku √ Pengertian, Ciri-Ciri dan Struktur Teks Ulasan


Pengertian, Ciri-Ciri dan Struktur Teks Ulasan


A. Pengertian Teks Ulasan


Teks ulasan ialah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian ataupun review terhadap suatu karya ibarat buku, film, lagu dan sebagainya . Dalam mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis semoga hasil ulasannya tersebut sanggup memperlihatkan donasi bagi kemajuan karya tersebut.


Teks ulasan disusun menurut tafsiran atau pemahaman terhadap isi buku yang telah dibaca. Teks ulasan tersebut mempunyai kegunaan untuk memperlihatkan informasi kepada khalayak ramai bagaimana suatu standar kelayakan dan kepatutan dari suatu karya.


Artikel terkait: Contoh pengumuman tak resmi


Para pembaca sanggup lebih memahami serta mendapat pengetahuan mengenai citra serta kritikan pada karya tertentu. Ulasan juga sanggup memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari suatu karya tertentu.


B. Ciri-ciri Teks Ulasan


Teks ulasan mempunyai ciri atau karakteristik yang membedakan dengan teks dongeng sejarah maupun teks lainnya. Adapun ciri a tau karakteristik teks ulasan dalam Bahasa Indonesia tersebut ialah sebagai berikut.



  • Menggunakan konjungsi penerang. Seperti bahwa, yakni, yaitu.

  • Menggunakan konjungsi temporal. Seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.

  • Menggunakan konjungsi penyebab. Seperti karena, sebab.

  • Menggunakan pernyataan-pernyataan berupa saran atau rekomendasi pada penggalan final teks yang ditandai dengan kata jangan, harus, hendaknya.

  • Menggunakan kata sifat sikap. Seperti lembut, nakal, antagonis, teladan, eksotis.

  • Menggunakan kata benda yaitu kata yang mengacu pada manusia, binatang, benda dan konsep atau pengertian.

  • Menggunakan kata kerja yaitu kata yang mempunyai makna perbuatan (aksi), proses, atau keadaan yang bukan merupakan sifat.

  • Menggunakan metafora yaitu pemakaian kata penggunaan kata atau kelompok kata bukan dalam arti yang sebenarnya, akan tetapi sebagai lukisan yang menurut persamaan dan perbandingan.

  • Menggunakan kata referensi yang merujuk pada partisipan tertentu.

  • Menggunakan kalimat majemuk, yakni baik itu kalimat beragam setara ataupun kalimat beragam bertingkat.


C. Struktur Teks Ulasan


Struktur teks ulasan merupakan struktur yang membangun sebuah teks ulasan sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Adapan struktur teks ulasan dalam Bahasa Indonesia ialah sebagai berikut.



  • Identitas karya. Identitas karya mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

  • Orientasi. Orientasi merupakan penggalan yang berisi wacana pembahasan mengenai citra umum suatu karya yang akan diulas ibarat nama, kegunaan, dan sebagainya.

  • Sinopsis. Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya yang diulas.

  • Analisis. Analisis berupa pembagian terstruktur mengenai keberadaan unsur-unsur dongeng ibarat tema, penokohan, dan alur.

  • Evaluasi. Evaluasi berupa pembagian terstruktur mengenai wacana kelebihan dan kekurangan suatu karya. Pada penggalan ini, pengulas mengevaluasi atau mengungkapkan pandangannya terhadap hasil karya yang diulas. Pengulas mengevaluasi penggalan yang mempunyai nilai dan penggalan yang kurang.

  • Rekomendasi. Rekomendasi berisi saran-saran kepada pembaca.


Demikian uraian wacana pengertian, ciri-ciri dan struktur teks ulasan. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.



Sumber https://www.siswapedia.com