Komputer ialah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan gosip hampir pribadi berafiliasi dengan persoalan aritmatika, tetapi komputer modern digunakan untuk banyak kiprah yang tidak berafiliasi dengan matematika.
Dalam arti ibarat itu terdapat alat ibarat slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, hingga semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas ibarat "komputer" ialah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut kini disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja perempuan Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, aneka macam alat mesin sederhana ibarat slide rule juga sudah sanggup dikatakan sebagai komputer.
Sistem Kerja Komputer
Saat teknologi yang digunakan pada komputer digital sudah berganti secara dramatis semenjak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bab utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori ialah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk menyampaikan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diharapkan komputer untuk melaksanakan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang kini menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan aneka macam bentuk gosip sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah isyarat yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan aneka macam macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori sanggup diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang sanggup ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak sanggup dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara mahir dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara mahir - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, hingga matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemprosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan isyarat yang saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), ialah alat yang melaksanakan pelaksanaan dasar ibarat pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah ketika ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali gosip (dari memori) yang diharapkan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan isyarat aktivitas komputer.
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapat gosip dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, sanggup berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada aneka macam macam alat I/O, dari yang bersahabat keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa ibarat webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) gosip dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam gosip yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital ialah pola sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah ibarat bahasa manusiawi. Komputer hanya memiliki perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan kawasan tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan kawasan akhir di sel 013", dan "jika isi sel 999 ialah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi menggunakan bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh aktivitas komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berafiliasi erat dengan bahasa mesin, ibarat assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa ibarat Prolog didasarkan pada prinsip ajaib yang jauh dari detail pelaksanaan bahwasanya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer ialah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka memiliki beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang digunakan sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip bahwasanya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang hingga komputer dimatikan.
Program
Program komputer ialah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak aktivitas komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melaksanakan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melaksanakan perintah kompleks. Tetapi, mereka melaksanakan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram."Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melaksanakan kiprah biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan kemudian menciptakan set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain". Sekarang ini, kebanyakan komputer sanggup melaksanakan beberapa aktivitas sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, UPS melaksanakan perintah dari satu program, kemudian sehabis beberapa saat, UPS beralih ke aktivitas kedua dan melaksanakan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menjadikan khayal aktivitas lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan menawarkan waktu UPS di antara program. Ini ibarat bagaimana film ialah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi ialah aktivitas yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi ialah semacam adonan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer sanggup digunakan secara bersama oleh beraneka-ragam aktivitas komputer, sehabis bertahun-tahun, pemrogram (programmer) kesannya memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, memilih aktivitas mana yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga menawarkan layanan (service) kepada aktivitas lain, ibarat kode yang membolehkan pemrogram untuk menulis aktivitas untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada komputer.
Sumber : id.wikipedia.org
Sekian artikel mengenai pengertian dan sistem kerja komputer. Semoga sanggup menawarkan banyak pelajaran dan sanggup menambah wawasan teman-teman semuanya. Sumber http://www.gudangilmukomputer.com