Wednesday, May 31, 2017

√ Tips Semoga Baterai Laptop Tidak Cepat Bocor Dan Lebih Awet

Tips Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Bocor Dan Lebih Awet - Baterai merupakan sebuah komponen yang sangat penting di laptop. Baterai merupakan sumber energi laptop. Kelebihan laptop yaitu sanggup dibawa kemana-mana. Berkat adanya baterai pada laptop, makanya laptop sanggup dibawa kemana-mana. Laptop tidak selalu membutuhkan listrik dalam setiap penggunaanya, alasannya yaitu dengan adanya baterai pada laptop, maka arus listrik tersebut akan tersimpan pada baterai.

Dapat teman-teman ketahui juga bahwa sebuah baterai yang terpasang pada laptop ada banyak sekali jenisnya. Biasanya setiap brand laptop yang berbeda akan membuka bentuk baterai yang berbeda pula. Sedangkan untuk kapasitas baterai ada banyak sekali macam variasi, bisanya sebuah baterai laptop mempunyai daya tampung atau mempunyai kapasitas penyimpanan 4000mAh bahkan ada yang lebih.

Dalam memakai laptop sebaiknya kita juga memperhatikan penggunaan baterai. Baterai yang sering di charger juga biasanya akan cepat mengalami kerusakan. Dan apabila anda mengisi daya daya baterai laptop sebaiknya juga diperhatikan, apabila lampu indikator baterai telah berwarna biru, berarti baterai telah terisi penuh, dan apabila baterai telah terisi penuh sebaiknya lepaskan kabel chargernya jangan biarkan baterai yang sudah penuh tetap dicharger dalam waktu yang lama, alasannya yaitu inin juga akan mempercepat terjadinya kerusakan pada baterai.

Chargerlah baterai laptop anda dengan bijak, ikuti mekanisme dan baca buku petunjuk terlebih dahulu. Dan satu lagi, sebaiknya matikan (shutdown) laptop, kalau baterai masih diisi. Itu merupakan sebuah proposal yang wajib untuk di taati.

Kerusakan yang sering terjadi pada baterai laptop yaitu baterai yang bocor. Ada banyak hal yang menyebabkan duduk kasus ini terjadi. Apabila baterai laptop telah mengalami kerusakan, maka solusinya yaitu membeli baterai yang baru. Dan untuk harganya ada banyak sekali variasi tergantung kualitasnya. Biasanya harga baterai laptop yang original sanggup mencapai 700-800 ribu. Sebaiknya jaga, rawat dan gunakanlah baterai laptop anda dengan bijaksana.

Pengalaman saya dalam memakai baterai laptop hanya sanggup bertahan 4 tahun saja. Setelah 4 tahun pemakaian, baterai laptop mulai mengalami masalah, dan masalahnya itu yaitu baterai yang bocor. Dalam pengisian baterainya tidak mengecewakan usang dan pada ketika charger di lepas baterai hanya sanggup bertahan sekitar 15-30 menit. Itulah salah satu duduk kasus yeng terjadi pada baterai laptop.

Tips Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Bocor Dan Lebih Awet √ Tips Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Bocor Dan Lebih Awet

Nah, kini guilko akan memperlihatkan beberapa tips biar baterai laptop anda sanggup bertahan dengan usang dan tidak cepat bocor. Berikut beberapa tips nya :
  • Jangan main laptop disopa atau dikasur
Dilarang keras memainkan laptop disopa dan dikasur. Kenapa ? alasannya yaitu disopa dan dikasur merupakan daerah yang hampa sirkulasi. Biasanya apabila laptop diletakkan di kasur, maka pembuangan angin dari kipas prosessor akan terhambat. Dan biasanya apabila anda meletakkan laptop dikasur sambil memainkannya, maka laptop tersebut akan cepat panas alasannya yaitu sirkulasi udara yang terhambat. Dan apabila ini sering dilakukan, maka akan sanggup merusak komponen laptop, termasuk baterai juga.
  • Lepaskan baterai dari laptop
Apabila laptop anda tidak dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskanlah baterainya dan simpan baterai tersebut di daerah yang lebih sejuk.
  • Hentikan pemakaian laptop kalau baterai di bawah 10%
Jangan terlalu sering memakai laptop kalau baterainya hanya 10%. Dan jangan samoai membiarkan laptop mati sendiri dengan kondisi baterai yang habis. Karena apa ? alasannya yaitu apabila hal menyerupai ini sering terjadi, maka komponen power yang ada di dalam baterai tersebut akan cepat lemah dan usang kelamaan akan mengalami kerusakan.
  • Bantu dengan power management
Pengguna windows sangat dianjurkan untuk memahi dalam memakai fitur yang satu ini. Dengan adanya fitur ini, kita sanggup memilih kerja baterai laptop dengan bijak.

Buka terlebih dahulu Control Panel > System and Security > Power Options > Change Plan Settings


Kita sanggup mengatur kerja baterai pada fitur ini. Dengan adanya fitur ini akan menciptakan user sedikit terbantu dalam memanage penggunaan baterai laptopnya.
  • Lepas baterai kalau telah memakai power
Jika laptop anda sudah memakai kabel power sebagai sumber daya, sebaiknya baterai laptop anda dilepas saja. Karena kalau tetap dibiarkan akan terjadi konflik arus listrik yang menyebabkan baterai kerja dua kali lebih besar.
  • Selalu Gunakan Baterai dan Charger/Adapter Original
Menggunakan komponen yang original merupakan harga mati, hehe. Dengan memakai komponen yang original, berarti kita juga menghargai karya orang lain walaupun dngan harga yang agak lebih mahal. Dan kalau anda memakai komponen yang bajakan, maka jangan berharap untuk sanggup menghasilkan performa yang maksimal.
  • Jangan berlebihan
Maksudnya jangan berlebihan yaitu jangan terlalu memaksakan membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan, terutama game-game yang berat menyerupai PES, FIFA dan yang lainnya. Apabila memakai baterai sebagai sumber dayanya, maka daya baterai tersebut akan cepat habis karna terkuras oleh kerja yang berat.

Sekian artikel mengenai tips biar baterai laptop tidak cepat bocor dan lebih awet. Semoga dengan adanya artikel ini sedikit sanggup membantu teman-teman semuanya. Jadilah pengguna (user) yang bijak, alasannya yaitu itu merupakan harga mati yang tidak sanggup ditawar-tawar lagi.


Sumber http://www.gudangilmukomputer.com