Monday, May 22, 2017

√ Unsur - Unsur Kalimat Yang Ada Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian unsur kalimat adalah bab - bab kalimat yang penting untuk membantu dalam menganalisis sebuah kalimat. Umumnya unsur kalimat itu ada lima, dan kelima unsur tersebut berfungsi sebagai penyusun sebuah kalimat supaya sanggup dengan gampang untuk di pahami. Berikut yaitu kelima unsur kalimat tersebut :


 bab kalimat yang penting untuk membantu dalam menganalisis sebuah kalimat √ Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia


#1. Subjek

Subjek yaitu unsur kalimat yang menyatakan suatu hal yang akan di nyatakan oleh penulis. Subjek biasanya terletak di awal atau di final kalimat, tergantung pola kalimat yang di gunakan. Subjek sanggup berupa kata kerja, frasa kata benda, dan kata benda atau nama. Untuk lebih memahaminya, berikut yaitu penggunaan subjek dalam sebuah kalimat:

Pacar malik sangat anggun (frasa kata benda)
Tidur hobinya malik (kata kerja) 
Malik sedang tidur (kata benda / nama


#2. Predikat

Predikan yaitu unsur kalimat yang menyatakan suatu hal yang akan di nyatakan oleh penulis perihal subjek. Dalam bahasa indonesia, predikat menjelaskan subjek atau predikat jatuh sehabis subjek. Predikat itu sendiri umumnya berupa frasa kata sifat, frasa preposisi (kata depan), frasa kata benda, kata benda, kata kerja, frasa kata kerja, frasa numeral (bilangan), dan kata sifat. Berikut yaitu pola penggunaan predikat dalam sebuah kalimat.

Pipit sedang tidur (frasa kata kerja)
Adik pipit satu orang (frasa numeral)
Pipit mahasiswi (kata benda)
Pipit mahasiswi berprestasi (frasa kata benda)
Pipit ke kampus (frasa preposisi)
Pipit sabar sekali (frasa kata sifat)
Pipit tidur (kata kerja)


#3. Objek

Objek yaitu unsur kalimat yang melengkapi unsur - unsur kalimat yang lain. atau dengan kata lain, objek merupakan unsur kalimat yang menjadi penjelas dari predikat. Dalam bahasa indonesia, umumnya objek jatuh sehabis predikat. Objek sendiri sanggup berupa kata benda atau frasa kata benda. Untuk memahaminya, silahkan pahami pola penggunaan objek dalam suatu kalimat menyerupai di bawah ini.

Miza menyayangi rudi. (Kata benda)
Pipit menawarkan topi barunya kepadaku. (frasa kata benda)
Puspita memerankan sang putri. (frasa kata benda)

#4. Pelengkap
Pelengkap yaitu unsur kalimat yang mengikuti predikat (bukan objek). Sering kita salah dalam memahami antara objek dan pelengkap. Pelengkap sangat berbeda dengan objek, hal tersebut di karenakan perhiasan tidak sanggup menjadi subjek bila suatu kalimat di pasifkan. Pelengkap dipakai dikala jatuh sehabis predikat yang berimbuhan ber-, ter-, ber-an, ber-kan, dan kata-kata khusus (merupakan, berdasarkan, dan menjadi). Untuk memahaminya, silahkan perhatikan pola di bawah ini.

Pipit bertubuh secy.
Linda tersandung meja.
Ruangan pipit berhiaskan wallpaper indah.
Pipit merupakan warga negara indonesia.
Roni bercucuran keringat.
Pipit menjadi kepala pondok.
Keputusan pipit menurut musyawarah.


#5. Keterangan

Keterangan yaitu unsur kalimat yang berfungsi untuk membatasi makna dari subjek dan predikat. Dalam bahasa indonesia, posisi dari keterangan sanggup terletak di awal, di tengah, dan di akhir, tergantung dengan pola kalimat yang digunakan. Keterangan dalam unsur kalimat terbagi menjadi dua, yaitu keterangan kawasan dan keterangan waktu. Untuk memahaminya, silahkan perhatikan pola - pola kalimat berikut.

Pipit tinggal di pontang
Setiap hari minggu pipit pergi ke rumahku

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur dan sumber bacaan online. Semoga bermanfaat bagi kiprah makalah unsur kalimat anda. Terima kasih telah berkunjung di blog kami.
Sumber http://www.galinesia.com