Thursday, June 1, 2017

√ 7 Cara Investasi Reksadana Saham Terbaik Gampang Dan Murah 2019

Cara investasi reksadana saham patut diperhatikan alasannya ialah jenis investasi yang menguntungkan ketika ini. Saya ingin menjelaskan cara investasi reksadana saham yang gampang dan murah dengan modal kecil-kecilan mulai dari 100 ribu sd 500 ribu per bulan.


Masalah keuangan yang kerap kita hadapi ialah bagaimana mempersiapkan dana pendidikan dan dana pensiun.


Kita ingin anak sanggup sekolah di daerah terbaik. Kita ingin masa pensiun hening dan nyaman.


Salah satu cara mewujudkannya ialah berinvestasi Reksadana Saham alasannya ialah untungnya paling besar dalam periode menengah dan panjang.


Hanya, banyak orang masih bingung, bertanya bagaimana secara teknis, step by step, cara berinvestasi reksadana saham tersebut.


Pengertian Reksadana Saham


Sebelum membahas cara berinvestasi, saya mau kembali menjelaskan pengertian Reksadana Saham. Karena salah satu kunci keberhasilan investasi ialah pemahaman yang cukup soal instrumen investasi yang kita gunakan.


Reksadana Saham ialah jenis Reksadana yang menempatkan investasi ke pembelian saham – saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hasil keuntungan diperoleh dari kenaikkan harga saham yang dibeli di bursa.


Contoh Reksadana saham terbaik 2017 ialah antara lain: Schroders Dana Prestasi Plus, BNP Paribas Ekuitas, Manulife Dana Saham. Sementara itu, saya pernah menulis daftar Manajer Investasi terbaik yang sanggup ikut dibaca sebagai referensi.


Manfaat Reksadana saham ialah berikut ini:



  • Mendapatkan laba optimal. Return sanggup mencapai 15% setahun atau bahkan mencapai 20% setahun

  • Diversifikasi investasi alasannya ialah portfolio akan disebar ke banyak sekali saham sehingga resiko sanggup dikelola dengan lebih baik

  • Mudahnya pencairan. Cukup dilakukan via online (tanpa perlu tiba ke kantor) dan dalam 3 sd 4 hari kerja (paling lambat) dana sudah masuk ke rekening investor

  • Dikelola oleh Manajer Investasi professional dengan pengalaman puluhan tahun dalam mengelola portfolio saham.


Cara Investasi Reksadana Saham


Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan siapkan.


#1 Pilih Platform


Saya menyarankan memakai platform reksadana online. Karena murah, dan mudah.


Pilih platform reksadana online yang menjual reksadana dari semua manajer investasi. Kaprikornus beliau tidak menjual satu manajer investasi saja, tetapi banyak, sehingga Anda punya variasi pilihan.


Sekarang sudah banyak platform Online, antara lain ipot indopremier, berdikari investasi, Bareksa dan sebagainya.


Untuk goresan pena ini, saya memakai ipot alasannya ialah sudah terbiasa dan caranya cukup simpel. Saya sudah memakai ipot selama 3 tahun.


#2 Daftar Anggota


Salah satu keunggulan ipot ialah Anda tidak perlu hadir ke kantor mereka. Pihak ipot yang akan jemput bola menemui Anda.


Pengalaman saya, sesudah selesai mengisi formulir anggota secara online, saya buat komitmen secara Online juga soal kapan, jam dan dimana untuk bertemu petugas yang tiba meminta tanda tangan berair saya.


Ini pengalaman saya 3 tahun lalu. Sekarang mungkin berbeda.


Karena saya pernah membaca bahwa pembukaan rekening reksadana di Mandiri Sekuritas sanggup memakai sarana video call sebagai ganti tatap muka.


Kembali soal pembukaan rekening, yang penting diperhatikan ialah info rekening tabungan harus sudah dipastikan benar alasannya ialah pencairan uang dari reksadana akan dilakukan ke rekening tersebut.


#3 Deposit Dana


Setelah terdaftar sebagai anggota, Anda pribadi sanggup masuk ke aplikasi reksadana.


Untuk melaksanakan investasi, pertama tama Anda harus deposit dana di rekening yang terdaftar di ipot. Setelah transfer, Anda sanggup pribadi mengecek di aplikasi apakah uang sudah efektif masuk rekening.


Setelah dana efektif, Anda siap melaksanakan investasi. Tapi sebelum itu, pilih dahulu reksadana saham yang akan diinvestasikan sesuai tujuan keuangan Anda.


Pemilihan ini merupakan proses kritikal alasannya ialah salah pilih Reksadana akan mengakibatkan kegagalan mencapai tujuan keuangan yang hendak dicapai dengan membeli instrumen investasi.


#4 Memilih Reksadana Saham


Anda lihat reksadana saham apa yang tersedia di platform online yang anda gunakan. Dalam hal saya, maka saya akan cek daftar reksadana saham yang tersedia di ipot.


Karena sebagus apapun suatu reksadana saham, tetapi kalau beliau tidak terdaftar di platform yang Anda gunakan, Anda tidak sanggup membelinya.


Saat ini, IPOT berhubungan dengan 31 Manajer Investasi dengan 181 Reksadana. Cukup tidak mengecewakan pilihannya.


Setelah melihat daftar reksadana saham yang tersedia, Anda kini sanggup melaksanakan pemilihan.


Pilihan sanggup dilakukan menurut kriteria sbb:



  • Reksadana Saham Terbaik. Sejumlah media secara rutin memperlihatkan penghargaan ini. Silahkan dilihat apakah ada Reksadana saham terbaik, yang dijual di platform; atau

  • Return Tertinggi. Pilih menurut return tertinggi yang angkanya sanggup dilihat di platform. Tetapi perlu diingat, cara ini ada resikonya alasannya ialah return tinggi resiko ikut tinggi; atau

  • Dana Kelolaan. Pilih menurut dana kelolaan yang angkanya juga tersedia di platform. Dana kelolaan memperlihatkan seberapa besar uang yang sudah diinvestasikan di Reksadana tersebut. Secara tidak pribadi merefleksikan kepercayaan investor atas kinerja manajer investasi dan reksadana.


Jika ingin mempelajari lebih jauh, platform menyediakan banyak isu lain soal legalitas, kinerja dan manajer investasi. Silahkan Anda baca dan pelajari.


#5 Membeli Reksadana Saham


ara investasi reksadana saham patut diperhatikan alasannya ialah jenis investasi yang menguntungkan √ 7 Cara Investasi Reksadana Saham Terbaik Praktis dan Murah 2019


Setelah menentukan pilihan, Anda sanggup melaksanakan pembelian. Berikut ini proses pembelian di ipot, yang mana sanggup berbeda dengan platform Online yang lain, meskipun prinsip nya sama.


Pertama tama Anda perlu menentukan jenis reksadana saham supaya platform hanya menampilkan daftar jenis ini saja. Jadi, Anda sanggup lebih fokus memilihnya.


Setelah itu, dari daftar tersebut, Anda tinggal menentukan reksadana saham yang akan diinvestasikan. Di setiap reksadana disediakan tombol ‘buy’ dan ‘sell’, yang terletak di ujung kanan .


Klik pilihan ‘buy’, kemudian kemudian muncul form yang meminta Anda mengisi jumlah investasi yang akan dilakukan. Dalam form tersebut ditampilkan juga jumlah dana yang tersedia di rekening Anda untuk sanggup melaksanakan investasi.


Catatan: Anda tidak sanggup melaksanakan investasi lebih besar dari dana yang tersedia di rekening.


Setelah mengisi jumlah investasi, Anda harus klik ‘confirm’ yang tersedia di cuilan bahwa Form. Setelah itu, investasi reksadana saham efektif diproses oleh platform.


Proses pembelian reksadana membutuhkan waktu 3 atau 4 hari semenjak order dimasukkan. Jadi, investasi tidak hari itu juga efektif.


#6 Memonitor


Dalam investasi, salah satu hal penting ialah cara mengevaluasi kinerja reksadana. Hal tersebut menuntut monitoring perkembangan kinerja Reksadana secara efektif dan akurat.


Anda perlu tahu bagaimana kinerja dari investasi yang sudah dilakukan. Berapa nilai investasi Reksadana, kemudian berapa potensi laba atau kerugian. Itu hal dasar yang perlu di monitoring.


Di IPOT, isu dan cara mengevaluasi kinerja reksadana tersedia gratis dan lengkap, yang menampilkan metrik penting, yaitu:



  • Nilai Investasi menurut harga pasar terakhir.

  • Berapa potensi keuntungan/kerugian secara nominal menurut harga pasar (market value) terakhir

  • Potensi keuntungan/kerugian secara prosentase.


Setiap hari, laporan kinerja diperbaharui otomatis sesuai perkembangan harga terakhir, sehingga investor sanggup selalu tahu nilai investasi di Reksadana yang terkini.


#7 Menjual


ara investasi reksadana saham patut diperhatikan alasannya ialah jenis investasi yang menguntungkan √ 7 Cara Investasi Reksadana Saham Terbaik Praktis dan Murah 2019


Cara menjual atau me-redeem Reksadana cukup mudah. Salah satu manfaat reksadana saham ialah fasilitas dalam pencairan.


Saat masuk ke dalam aplikasi, Anda mendapat daftar portfolio Reksadana yang Anda miliki ketika ini dan di dalam nya Anda tinggal menentukan tombol ‘Sell’.


Ada dua pilihan cara menjual, yaitu menurut jumlah unit Reksadana atau nilai uang yang ingin dicairkan. Silahkan isi dalam kolom yang sudah disediakan.


Selain itu, Anda diminta menentukan ke rekening mana dana hasil pencairan Reksadana akan ditransfer. Bisa rekening bank di platform IPOT (supaya sanggup dipakai untuk investasi kembali) atau transfer ke rekening milik Anda sendiri supaya sanggup ditarik dananya.


Kesimpulan


Kali ini, saya menjelaskan teknis beli dan jual cara investasi Reksadana Saham dengan modal kecil mulai 100 ribu per bulan. Semoga dengan klarifikasi dalam bentuk langkah – langkah ini yang lebih rinci membantu para pembaca.


Intinya, caranya jauh dari sulit. Anda sanggup melaksanakan sendiri dan dengan hadirnya platform Reksadana online menciptakan prosesnya semakin mudah.



Sumber https://duwitmu.com