Friday, June 2, 2017

√ Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Hard Disk yang Tidak Terbaca √ Cara Memperbaiki Hard Disk yang Tidak Terbaca

Hard disk yang rusak akan menjadikan seseorang menjadi pusing 7 keliling dan ditambah lagi tidak punya uang untuk membeli hard disk yang baru. Sebenarnya hal menyerupai ini tidak harus diambil pusing, masih ada cara untuk memperbaikinya tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Diperbaiki terlebih dahulu merupakan solusi awalnya, jangan terlalu gegabah untuk membeli hard disk baru, lantaran akan membuang-buang uang saja.

Kerusakan pada hard disk ada aneka macam macamnya, beberapa misalnya adalah:
  • Hard disk bad sector.
  • Hard disk tidak terbaca.

Kedua kerusakan di atas merupakan kerusakan yang paling sering terjadi pada hard disk dan biasanya kerusakan tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang dianggap sepele yang kesudahannya menjadikan hard disk tersebut menjadi rusak parah dan tidak sanggup digunakan lagi.

Oleh lantaran itu, sebagai pengguna yang baik, ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:
  • Jangan hingga tegangan listrik yang digunakan naik turun (tidak stabil).
  • Jangan terlalu sering merestart komputer.
  • Jangan hingga hard disk over.
  • Jangan lupa defragment hard disk beberapa bulan sekali (opsional).
  • Jangan lupa bersihkan (clean disk) biar file yang tidak mempunyai kegunaan hilang.

Itu merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memakai komputer yang baik dan benar. Terkadang seseorang mengabaikan hal-hal di atas, mereka menganggap bahwa hal itu tidak terlalu penting. Justru sebagai pengguna yang baik, Anda harus memperhatikan dari hal yang terkecil hingga hal yang terbesar.

Ada baiknya kalau komputer Anda memakai stavol atau alat untuk menstabilkan tegangan listrik. Listrik yang tidak stabil juga akan kuat terhadap performa hard disk.

Apabila hard disk Anda mengalami kerusakan dan di dalam hard disk tersebut ada banyak data-data yang penting, terus apa yang harus dilakukan? Pertanyaaan menyerupai ini sering sekali muncul. Tentu saja jawabannya yaitu memperbaikinya. Untuk memperbaiki duduk kasus hard disk yang sudah sangat berat tidak sembarang orang sanggup menyelesaikannya. Hanya orang yang mahir di bidang hard disk inilah yang sanggup memperbaikinya dan untuk biayanya niscaya akan sangat mahal.

Maka dari itu rawatlah dan jagalah hard disk yang Anda miliki. Perhatikan hal-hal kecil dan akan lebih baik kalau membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak

Ada aneka macam kerusakan yang terjadi pada hard disk. Kali ini kami akan membagikan beberapa duduk kasus yang umum terjadi pada hard disk dan bagaimana cara mengatasinya. Mungkin saja cara ini akan berhasil dan sanggup juga gagal.


Hard Disk Terdeteksi di BIOS Tetapi Tidak Bisa Digunakan

Biasanya hal ini terjadi lantaran Firmware hard disk yang bermasalah dan biasanya terjadi pada hard disk abal-abal. Untuk memangatasi duduk kasus menyerupai ini, Anda sanggup terlebih dahulu mend0wnl0ad Firmware hard disk tersebut diwebsite resmi brand hardisk yang Anda gunakan.


Hardisk Tidak Terdeteksi di BIOS

Ini merupakan kerusakan pada hard disk yang paling fatal atau sangat parah lantaran kerusakannya yaitu pada fisiknya (Hardware). Coba lakukan beberapa hal berikut ini:
  • Periksa kabel power hard disk.
  • Lepaskan hard disk dan coba pasang ke komputer atau laptop yang lain.
  • Jika masih belum berhasil, maka solusi terakhir membawanya ke daerah servis hard disk. Ada cara yang paling gila dan termasuk cara paling ampuh untuk mengatasi duduk kasus ini, yaitu Canibal (mengambil komponen hardisk yang lain).

Memperbaiki Hard Disk yang Tidak Terbaca

Masalah pada hard disk yang tidak terbaca sebetulnya ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Penyebab yang paling parah yaitu terjadi kerusakan pada komponen hard disk dan duduk kasus ini harus dibawa ke daerah servis hard disk yang terpercaya.

Jika hard disk komputer Anda tidak terbaca, coba lakukan terlebih dahulu hal berikut ini.
1. Cek kabel power hard disk.
2. Cek kabel data hard disk.
3. Masuk ke BIOS dan cek apakah hard disk terbaca di BIOS atau tidak. Kalau hard disk tidak terbaca di BIOS maka duduk kasus besar telah terjadi. Solusinya bawa ke daerah servis hard disk.

Permasalahan hard disk tidak terbaca biasanya disebabkan oleh hard disk yang bad sector dan untuk mengatasinya ada beberapa cara dan variasi percobaan yang harus diubahsuaikan dengan brand hard disk.
  • Untuk penangan awal sanggup gunakan perintah format C: (sesuaikan dengan drive yang akan diformat).
  • Cara Kedua sanggup dengan memakai kegiatan Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat hard disk.
  • Jika belum berhasil, sanggup mencoba memakai software HDDREG.
  • Jika masih gagal coba lagi cara Low Level Format Zero File.
  • Jika masih nihil, sanggup dengan  melaksanakan pemotongan sector hardisk yang rusak dengan cara membaginya dan tidak memakai sector yang rusak 

    Jika dengan cara di atas masih tidak bisa, maka langkah terakhir yaitu membawa ke daerah servis hard disk. Tidak usah khawatir, data akan tetap kondusif kok. Hanya saja biaya untuk backup data ini yang mahal sanggup mencapai 1-2 juta tergantung kapasitas hard disk.

    Sekian artikel mengenai cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca. semoga sanggup bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan teman-teman semua.
    Sumber http://www.gudangilmukomputer.com